Selasa, 09 Mei 2023

PREDIKSI AM PPKn MADRASAH IBTIDAIYAH 2023

 

LOGO

MADRASAH

 

 

 


ASESMEN MADRASAH

MADRASAH IBTIDAIYAH …………………….

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran

Jenjang

Hari/Tanggal  

Waktu                        

: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

: Madrasah Ibtidaiyah

: ……………………..

: 90 Menit

 

PETUNJUK UMUM

1.    Berdo’alah kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal

2.    Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah dengan menggunakan pensil 2B.

3.    Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah.

4.    Isikan jawaban soal ke dalam LJUM sesuai petunjuk LJUM

5.    Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan soal.

6.    Jumlah soal sebanyak 22 butir soal Pilihan Ganda, 8 Pilihan Ganda Komplek, 5 Benar/Salah, dan 5 Menjodohkan.

7.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.

8.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.

9.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

 

PETUNJUK KHUSUS

 

I.     Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia!

 

Makna dari simbol sila Pancasila seperti gambar di samping adalah ….

1.       

 

 


 

A.    Cahaya kerohanian bagi setiap manusia

B.     Menyelesaikan masalah dengan musyawarah

C.     Hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu

D.    Pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat  Indonesia

2.      Perhatikan pernyataan dari tabel berikut!

No.

Pernyataan

1

Menikmati lingkungan bersih

2

Menjaga kebersihan ruang kelas

3

Mendapatkan pengajaran

4

Mematuhi tata tertib di madrasah

 

 

Pernyataan yang termasuk kewajiban seorang siswa ditunjukkan nomor ….

A.      (1) dan (2)

B.      (1) dan (3)

C.      (2) dan (4)

D.      (3) dan (4)

3.      Pada saat musyawarah, Bintang tidak marah meskipun pendapatnya di kritik oleh Akbar. Sikap bintang tersebut menunjukkan nilai ….

A.      persatuan

B.      keadilan

C.      kemanusiaan

D.      demokratis

4.      Di madrasah ada siswa baru yang berasal dari daerah lain. Ia berbeda suku dan agama dengan teman-teman di kelasnya. Saat jam istirahat tiba, ia duduk sendirian karena belum punya teman.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, sikap yang tidak mau menghargai keragaman Bangsa Indonesia di bawah ini adalah kecuali ....

A.    Menjauhinya karena berbeda suku.

B.     Mengajak anak baru tersebut bermain bersama.

C.     Membiarkannya tetap sendirian.

D.    Menjahilinya bersama teman-teman.

5.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai-nilai Pancasila yang dapat kita ambil dari peristiwa di atas  adalah ….

A.    ketuhanan

B.     gotong royong

C.     persatuan

D.    kemanusiaan

6.      Salah satu hak siswa di madrasah adalah meminjam buku di perpustakaan. Setelah mendapatkan haknya tersebut, maka kewajiban siswa terhadap buku yang dipinjam adalah ….

A.    mengembalikan

B.     membeli

C.     menata

D.    menyampul

7.      Perhatikan pernyataan dari tabel berikut!

No.

Pernyataan

1

Menikmati suasana belajar yang nyaman

2

Menikmati lingkungan bersih

3

Mendapatkan kasih sayang dari orang tua

4

Mendapatkan perlindungan hukum

5

Mendapatkan perawatan ketika sakit

Pernyataan yang termasuk hak seorang anak di rumah ditunjukkan nomor ….

A.      1 dan 3

B.      2 dan 4

C.      3 dan 5

D.      4 dan 5

8.      Perhatikan pernyataan di bawah ini!

(1)   Menonton pentas seni daerah.

(2)   Menonjolkan suku dan budaya sendiri.

(3)   Ikut serta dalam kegiatan pawai budaya dan sebagainya.

(4)   Bersikap positif terhadap keragaman budaya.

(5)   Tidak mau mengembangkan budaya daerah.

Pernyataan yang termasuk cara mencintai budaya daerah lain ditunjukkan oleh nomor ….

A.    (1), (2), dan (3)

B.     (1), (3), dan (4)

C.     (2), (3), dan (4)

D.    (2), (3), dan (5)

9.      Indonesia memiliki banyak keragaman, diantara keragaman tersebut adalah keragaman budaya. Perilaku yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan terhadap keragaman budaya adalah kecuali ….

A.    Acuh tak acuh terhadap budaya lain.

B.     Menghargai budaya lain.

C.     Bangga terhadap keragaman budaya.

D.    Mempelajari budaya lain.

10.  Koko adalah siswa kelas VI di sebuah madrasah di Desa Semangka. Kemarin, Desa Semangka tempat Koko tinggal dilanda banjir bandang. Banyak warga yang kehilangan harta benda mereka, termasuk Koko. Semua buku, pakaian, dan persediaan makan Koko habis dibawa banjir. Eko yang merupakan teman dekat Koko berusaha membantu Koko dengan sekuat tenaga. Ia memberitahu kawan-kawanya di kelas VI untuk mengumpulkan sumbangan bagi Koko yang menjadi korban banjir.

Sikap Eko merupakan pencerminan nilai Pancasila, khususnya sila ke- ....

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

11.  Tiara telah ditetapkan menjadi ketua kelas 6. Hal ini adalah keputusan bersama murid kelas 6. Pada saat pemilihan, Rio tidak memilih Tiara. Sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh Rio adalah ....

A.    Menerima Tiara  sebagai ketua dengan tetap mengacuhkannya dan biasa saja.

B.     Mengacuhkan Tiara, sebab Tiara dianggap tidak dapat menjadi ketua yang baik.

C.     Menerima Tiara sebagai ketua dengan rendah hati dan rasa tanggung jawab.

D.    Terpaksa menerima Tiara daripada dibenci oleh teman-teman sekelas.

12.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Menghormati perbedaan agama teman.

(2)   Rela berkorban demi bangsa dan negara.

(3)   Berdiskusi menentukan ketua kelas.

(4)   Membantu korban bencana alam.

Pernyataan di atas yang merupakan pengamalan Pancasila khususnya sila ke-2 ditunjukkan pada nomor ….

A.     4

B.     3

C.     2

D.     1

13. 

 

 

 

 

 

Berdasarkan gambar di atas, dampak positif yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut  adalah....

A.    Terciptanya kesejahteraan sosial.

B.     Terjalinnya kerukunan hidup dalam masyarakat.

C.     Pekerjaan terasa berat.

D.    Memupuk rasa individualisme.

14.  Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan dan telah diatur dalam UUD 1945. Salah satu kewajiban sebagai warga negara untuk memperlancar program pembangunan nasional adalah ….

A.    Menjaga lingkungan

B.     Melaksanakan piket

C.     Membayar pajak

D.    Mendapatkan pendidikan

15.  Apabila kita melihat lingkungan di sekitar kita yang tidak sehat, kotor, penuh sampah, bau yang tidak sedap dan sangat menyengat, banyak lalat, air limbah menggenang, maka  kewajiban kita sebagai warga masyarakat adalah membersihkan lingkungan tersebut.

Apabila kewajiban tersebut tidak dilaksanakan, maka dampak negatif yang akan timbul adalah ….

A.    Lingkungan menjadi bersih.

B.     Lingkungan menjadi asri.

C.     Menimbulkan rasa nyaman.

D.    Menimbulkan banyak penyakit.

16.  Perhatikan tabel tentang pasal UUD 1945 yang mengatur hak warga negara Indonesia!

No.

Ketentuan dalam UUD 1945

1

Pasal 27 ayat (1)

2

Pasal 27 ayat (2)

3

Pasal 29 ayat (2)

4

Pasal 30 ayat (1)

5

Pasal 31 ayat (1)

Berdasarkan tabel tersebut, hak warga negara untuk mendapatkan penghidupan yang layak dan mendapatkan pendidikan diatur dalam UUD 1945 yaitu ….

A.    Pasal 27 ayat (1) dan Pasal 29 ayat (2).

B.     Pasal 27 ayat (2) dan Pasal 31 ayat (1).

C.     Pasal 29 ayat (2) dan Pasal 30 ayat (1).

D.    Pasal 29 ayat (2) dan Pasal 31 ayat (1).

17.  Indonesia mempunyai budaya yang beragam, setiap daerah memiliki budaya masing-masing. Kita harus melestarikan budaya daerah kita.

Salah satu manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia adalah ….

A.      menambah aset budaya bangsa

B.      membuka lapangan pekerjaan

C.      meningkatkan timbulnya konflik

D.      menimbulkan perpecahan antar suku bangsa

 

 

18.   


 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, tarian tersebut berasal dari daerah ….

A.    Banten

B.     Papua

C.     Aceh

D.    Bali

19.  Keberagaman sosial budaya dalam bidang pariwisata akan mendatangkan wisatawan asing dan domestik. Apabila dikelola dengan baik obyek pariwisata akan menambah devisa negara. Hal ini juga akan berpengaruh di bidang ekonomi, di antaranya ….

A.      Mempererat tali persaudaraan.

B.      Dijadikan sebagai media hiburan.

C.      Menciptakan lapangan pekerjaan.

D.      Menambah pengetahuan.

20.  Perumusan Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai juang yang perlu ditiru dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai juang para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang sebaiknya diteladani oleh seorang pelajar adalah ….

A.      Mempertahankan pendapat pribadi

B.      Menerima keputusan dengan terpaksa

C.      Bersikap keras kepala

D.      Semangat persatuan dan kesatuan

21.  Negara-negara anggota ASEAN melakukan berbagai bentuk kerja sama. Salah satunya adalah Indonesia mengirim duta besar dan konsul ke Malaisia.

Bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua negara tersebut adalah kerja sama ….

A.      bilateral

B.      multilateral

C.      regional

D.     fungsional

22.  Persatuan dan kesatuan dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diataranya adalah bersama-sama membersihkan ruangan kelas yang kotor. Manfaat dari kegiatan tersebut adalah ….

A.    Pekerjaan akan terbengkalai.

B.     Tumbuhnya jiwa individualisme.

C.     Menimbulkan kekacauan.

D.    Pekerjaan akan cepat selesai.

 

23.  Perhatikan pernyataan dari tabel berikut!

 

No.

Pernyataan

1

Ari berambut kriting, sedangkan Untung berambut lurus..

2

Paulus beragaman Kristen, sedangkan Ahmad beragama Islam.

3

Lia senang membaca, sedangkan adiknya senang menggambar.

4

Selina berkulit putih, sedangkan Dania berkulit sawo matang.

Pernyataan tersebut yang menunjukkan keragaman ciri fisik antara lain ditunjukkan oleh nomor ….

o  1

o  2

o  3

o  4

24.  Udin dan Edo merupakan siswa kelas VI MI Al-Kautsar.  Meskipun mereka berbeda suku dan budaya, akan tetapi mereka selalu hidup rukun dan mengerjakan piket kelas bersama-sama.

Berdasarkan ilustrasi di atas, pilihlah 2 dari 4 pernyataan di bawah ini yang menunjukkan sikap tidak menghargai keragaman bangsa Indonesia!

o  Menghormati suku dan budaya daerah.

o  Memilih-milih teman dalam pergaulan.

o  Tidak mau mengerjakan piket kelas karena beda suku.

o  Membangun budaya toleransi.

25.  Jalan raya merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh negara. Mentaati rambu- rambu lalu lintas adalah kewajiban pengguna jalan. Dampak negatif yang ditimbulkan apabila tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas diantaranya adalah ….

o  Menjadi teladan bagi pengendara lain.

o  Angka kecelakaan meningkat.

o  Perjalanan menjadi nyaman.

o  Menyebabkan kemacetan.

26.  Keberagaman di Indonesia kadang menimbulkan masalah. Masalah yang timbul sering melibatkan antar suku dan antar golongan masyarakat. Berbagai masalah tersebut timbul karena lunturnya persatuan dan kesatuan. Diantara masalah yang ditimbulkan adalah ….

o  Mudah menyelesaikan masalah.

o  Kehidupan menjadi aman.

o  Perilaku toleransi jarang tercipta.

o  Akan muncul banyak konflik.

27.  Ibu Aura sedang mendapatkan giliran untuk pengadaan konsumsi dalam kegiatan pengajian akbar di mushola. Dengan rela ibu warga sekitar membantu ibu Aura dengan tulus tanpa imbalan apapun.

Tindakan ibu-ibu tetangga Aura mencerminkan sikap ….

o  Egois

o  Hidup rukun

o  Mengutamakan kepentingan umum

o  Mendapatkan pujian

28. 

 

 

 

 

Contoh sikap-sikap penerapan sila Pancasila sesuai simbol di atas adalah ….

o  Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah.

o  Menjenguk teman yang sedang sakit.

o  Mengikuti kegiatan gotong royong.

o  Membantu korban bencana alam.

29.  Perhatikan pernyataan berikut!

1.    Membuang sampah pada tempatnya.

2.    Tidak merokok di fasilitas umum.

3.    Mumbuang bungkus makanan di selokan.

4.    Membendung air selokan supaya tidak dapat mengalir.

Pilihlah 2 dari 4 Pernyataan di atas, yang merupakan sikap tanggung jawab di lingkungan masyarakat!

o  4

o  3

o  2

o  1

30.  Perhatikan pernyataan berikut!

1.   Perbedaan kondisi alam.

2.   Perbedaan bahasa daerah.

3.   Keragaman agama.

4.   Keadaan transportasi dan komunikasi.

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan penyebab keragaman ekonomi di Indonesia ditunjukkan oleh nomor ….

o  1

o  2

o  3

o  4

31.  Setiap anak memiliki hak dan kewajiban yang sama. Seorang anak tidak boleh hanya menuntut hak, tetapi juga harus melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Setiap anak yang tidak melaksanakan kewajiban di madrasah akan mendapat sanksi.

Centanglah benar atau salah tentang pernyataan kewajiban anak di madrasah!

Pernyataan

Benar

Salah

Mengumpulkan tugas tepat waktu

V

 

Menggunakan fasilitas di madrasah

 

V

Mengikuti kegiatan upacara bendera

V

 

32.  Keberagaman budaya Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam menjaga keberagaman budaya tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam maupun dari luar.

Centanglah benar atau salah tentang pernyataan faktor-faktor yang dapat memengaruhi keberagaman budaya!

Pernyataan

Benar

Salah

Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

V

 

Letak strategis wilayah Indonesia

V

 

Pengaruh kebudayaan luar

V

 

33.  Randu dan Putu berasal dari daerah yang berbeda. Keduanya memiliki banyak perbedaan, mulai dari suku, budaya, dan agama. Pada hari Minggu mereka akan mengerjakan tugas kelompok. Akan tetapi, Putu ternyata memiliki acara keagamaan yang harus diikutinya saat Minggu pagi.

Centanglah benar atau salah pernyataan tentang bentuk sikap toleransi!

Pernyataan

Benar

Salah

Mengizinkan Putu untuk mengikuti kegiatan keagamaan tersebut

V

 

Mengeluarkan Putu dari kelompok

 

V

Memaksa Putu untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu

 

V

34.  Hak setiap warga negara Indonesia telah diatur dalam UUD 1945. Diantara hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, ikut serta dalam usaha pertahahan, dan mendapatkan pendidikan.

Centanglah benar atau salah pernyataan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang hak warga negara Indonesia!

Pernyataan

Benar

Salah

Pasal 27 ayat (2)

V

 

Pasal 30 ayat (1)

V

 

Pasal 31 ayat (2)

 

V

35.  Dalam kehidupan masyarakat semangat persatuan dan kesatuan harus dimiliki seluruh anggota masyarakat, karena masyarakat yang bersatu akan lebih mudah menyelesaikan masalah di sekitarnya sehingga tercapai masyarakat yang aman, tenteram, dan damai.

Centanglah benar atau salah pernyataan tentang sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di masyarakat!

Pernyataan

Benar

salah

Membeli produk dalam negeri

 

V

Gotong royong menjaga kebersihan lingkungan

V

 

Berani membela kebenaran dan keadilan

 

V

36.  Mengimani adanya Tuhan Yang Maha Esa serta mengakui persamaan hak, kewajiban, dan kedudukan semua orang sama di mata hukum, agama, sosial, dan lainnya merupakan penerapan sila-sila dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pasangan bunyi Pancasila dengan simbol dari sila Pancasila yang tepat adalah ….

 

Sila Pancasila

Simbol

A.      Ketuhanan yang Maha Esa - 3

B.       Kemanusiaan yang adil dan beradab -1

1.     RANTAI

 

 

 

 

2.     POHON BERINGIN

 

 

 

 

3.     BINTANG

 

 

 

 

 

 

37.  Jalan menuju tempat musibah bencana alam terjadi kemacetan karena pohon banyak yang roboh. Dengan semangatnya para warga sekitarnya bergotong royong menyingkirkan batang pohon hingga jalan bisa lancar digunakan untuk menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam tersebut.

Pasangan yang tepat antara pernyataan tentang sikap pengamalan Pancasila dengan sila Pancasila adalah ….

Pernyataan Pengamalan Pancasila

Sila Pancasila

A.       Membantu korban bencana alam -2

B.       Gotong royong menyingkirkan pohon roboh-3

1.      Sila kesatu

2.      Sila kedua

3.      Sila kelima

38.  Berdasarkan hasil musyawarah, Pak Mahfud dengan penuh rasa tanggung jawab mengikuti kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak. Tak ketinggalan pula, warga yang lain juga ikut bersama-sama mengerjakannya hingga selesai.

Pasangan yang tepat antara pernyataan dengan hasil yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut adalah ….

Pernyataan

Hasil

A.      Pak Mahfud dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan hasil musyawarah  -2

B.       Gotong royong kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak -1

1.      Pekerjaan cepat selesai

2.      Pengamalan Pancasila khususnya sila keempat

3.      Mengembangkan sikap tenggang rasa

39.  Pada hari Senin Siska waktunya piket kebersihan. Dia datang lebih pagi dari teman-temannya, sehingga ketika teman-temannya datang, keadaan kelas sudah tampak bersih.

Pasangan yang tepat antara pernyataan dengan hak dan kewajiban adalah ….

Hak dan kewajiban

Pernyataan

A.      Kewajiban Siska -3

B.       Hak teman Siska -1

1.      Menikmati lingkungan bersih

2.      Hidup tenang dan damai

3.      Melaksanakan piket tepat waktu

40.  Keragaman sosial dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, persatuan di dalam masyarakat yang beragam memiliki arti yang sangat penting.

Pasangan yang tepat antara kegiatan dengan manfaat dari kegiatan tersebut adalah ….

Kegiatan

Manfaat

A.      

 UPACARA ADAT

 

 

 

 

B.      

 KERJA BAKTI GOTONG ROYONG

 

 

 

 

1.     Menghambat perkembangan budaya dunia

2.     Memperkuat jati diri bangsa Indonesia -A

3.     Terjalinnya tali persaudaraan dalam masyarakat -B

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...