LOGO MADRASAH
ASESMEN MADRASAH
MADRASAH
IBTIDAIYAH …………………….
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
LEMBAR SOAL |
|
Mata Pelajaran
Jenjang
Hari/Tanggal
Waktu
|
: Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan :
Madrasah Ibtidaiyah :
…………………….. :
90 Menit |
PETUNJUK UMUM |
1.
Berdo’alah kepada
Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal 2.
Isikan Identitas Anda
ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah dengan menggunakan pensil 2B. 3.
Kerjakan
terlebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah. 4.
Isikan jawaban soal
ke dalam LJUM
sesuai petunjuk LJUM 5.
Tersedia waktu 90 menit untuk
mengerjakan soal. 6.
Jumlah soal sebanyak 22
butir soal Pilihan Ganda, 8 Pilihan Ganda Komplek, 5 Benar/Salah,
dan 5 Menjodohkan. 7.
Periksa dan bacalah
soal-soal sebelum Anda menjawabnya. 8.
Laporkan kepada
pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau
tidak lengkap. 9.
Periksalah pekerjaan
Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. |
PETUNJUK KHUSUS
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar pada
lembar jawab yang tersedia!
|
Makna dari simbol sila Pancasila seperti gambar di
samping adalah …. |
1.
A.
Cahaya
kerohanian bagi setiap manusia
B.
Menyelesaikan masalah
dengan musyawarah
C.
Hubungan manusia
satu sama lain yang saling
membantu
D.
Pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia
2. Perhatikan pernyataan dari tabel berikut!
No. |
Pernyataan |
1 |
Menikmati lingkungan bersih |
2 |
Menjaga kebersihan ruang kelas |
3 |
Mendapatkan pengajaran |
4 |
Mematuhi tata tertib di madrasah |
Pernyataan yang termasuk kewajiban
seorang siswa ditunjukkan nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (4)
D.
(3) dan (4)
3.
Pada saat musyawarah,
Bintang tidak marah meskipun pendapatnya di kritik oleh Akbar. Sikap bintang
tersebut menunjukkan nilai ….
A. persatuan
B. keadilan
C. kemanusiaan
D. demokratis
4.
Di madrasah ada
siswa baru yang berasal dari daerah lain. Ia berbeda suku dan agama dengan
teman-teman di kelasnya. Saat jam istirahat tiba, ia duduk sendirian karena
belum punya teman.
Berdasarkan
ilustrasi tersebut, sikap yang tidak mau menghargai
keragaman Bangsa Indonesia
di bawah ini adalah kecuali ....
A.
Menjauhinya
karena berbeda suku.
B.
Mengajak
anak baru tersebut bermain bersama.
C.
Membiarkannya
tetap sendirian.
D.
Menjahilinya bersama
teman-teman.
5.
Nilai-nilai
Pancasila yang dapat kita ambil dari peristiwa di atas adalah ….
A.
ketuhanan
B.
gotong royong
C.
persatuan
D.
kemanusiaan
6. Salah satu hak siswa di madrasah adalah meminjam buku
di perpustakaan. Setelah mendapatkan haknya tersebut, maka kewajiban siswa
terhadap buku yang dipinjam adalah ….
A.
mengembalikan
B.
membeli
C.
menata
D.
menyampul
7.
Perhatikan
pernyataan dari tabel berikut!
No. |
Pernyataan |
1 |
Menikmati suasana belajar yang nyaman |
2 |
Menikmati lingkungan bersih |
3 |
Mendapatkan kasih sayang dari orang tua |
4 |
Mendapatkan perlindungan hukum |
5 |
Mendapatkan perawatan ketika sakit |
Pernyataan yang termasuk hak seorang anak di rumah ditunjukkan
nomor ….
A.
1 dan 3
B.
2 dan 4
C.
3 dan
5
D.
4 dan 5
8.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
(1)
Menonton pentas seni daerah.
(2)
Menonjolkan suku dan budaya sendiri.
(3)
Ikut serta dalam kegiatan pawai budaya dan sebagainya.
(4)
Bersikap positif terhadap keragaman budaya.
(5)
Tidak mau
mengembangkan budaya daerah.
Pernyataan
yang termasuk cara mencintai budaya daerah lain ditunjukkan oleh nomor ….
A.
(1), (2), dan
(3)
B.
(1),
(3), dan (4)
C.
(2), (3), dan
(4)
D.
(2), (3), dan
(5)
9. Indonesia memiliki banyak keragaman, diantara
keragaman tersebut adalah keragaman budaya. Perilaku yang dapat memupuk rasa
persatuan dan kesatuan terhadap keragaman budaya adalah kecuali ….
A.
Acuh
tak acuh terhadap budaya lain.
B.
Menghargai
budaya lain.
C.
Bangga terhadap
keragaman budaya.
D.
Mempelajari
budaya lain.
10. Koko
adalah siswa kelas VI di
sebuah
madrasah di Desa Semangka.
Kemarin, Desa Semangka tempat Koko tinggal dilanda banjir bandang. Banyak warga
yang kehilangan harta benda mereka, termasuk Koko. Semua buku, pakaian, dan
persediaan makan Koko habis dibawa banjir. Eko yang merupakan teman dekat Koko
berusaha membantu Koko dengan sekuat tenaga. Ia memberitahu kawan-kawanya
di kelas VI untuk mengumpulkan sumbangan bagi Koko yang menjadi korban banjir.
Sikap Eko merupakan pencerminan
nilai Pancasila, khususnya sila ke- ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
11.
Tiara telah ditetapkan
menjadi ketua kelas 6. Hal ini adalah keputusan bersama murid kelas 6. Pada
saat pemilihan, Rio tidak memilih Tiara. Sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh
Rio adalah ....
A.
Menerima Tiara sebagai ketua dengan tetap mengacuhkannya dan
biasa saja.
B.
Mengacuhkan Tiara,
sebab Tiara dianggap tidak
dapat menjadi ketua yang baik.
C.
Menerima
Tiara sebagai ketua dengan rendah hati dan rasa tanggung jawab.
D.
Terpaksa menerima Tiara
daripada dibenci oleh teman-teman sekelas.
12. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Menghormati perbedaan
agama teman.
(2) Rela berkorban demi
bangsa dan negara.
(3) Berdiskusi menentukan
ketua kelas.
(4) Membantu korban bencana
alam.
Pernyataan
di atas yang merupakan pengamalan Pancasila khususnya sila ke-2 ditunjukkan pada
nomor ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
13.
Berdasarkan gambar di atas, dampak positif yang ditimbulkan dari
kegiatan tersebut adalah....
A.
Terciptanya
kesejahteraan sosial.
B.
Terjalinnya
kerukunan hidup dalam masyarakat.
C.
Pekerjaan terasa berat.
D.
Memupuk rasa
individualisme.
14. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan atau
dilaksanakan dan telah diatur dalam UUD 1945. Salah satu kewajiban sebagai
warga negara untuk memperlancar program pembangunan nasional adalah ….
A.
Menjaga
lingkungan
B.
Melaksanakan
piket
C.
Membayar
pajak
D.
Mendapatkan pendidikan
15. Apabila kita melihat lingkungan di
sekitar kita yang tidak sehat, kotor, penuh sampah, bau yang tidak sedap dan
sangat menyengat, banyak lalat, air limbah menggenang, maka kewajiban kita
sebagai warga masyarakat adalah membersihkan lingkungan tersebut.
Apabila kewajiban tersebut tidak dilaksanakan, maka dampak
negatif yang akan timbul adalah ….
A.
Lingkungan menjadi bersih.
B.
Lingkungan menjadi asri.
C.
Menimbulkan rasa
nyaman.
D.
Menimbulkan
banyak penyakit.
16. Perhatikan tabel tentang pasal UUD 1945 yang mengatur
hak warga negara Indonesia!
No. |
Ketentuan dalam UUD 1945 |
1 |
Pasal 27 ayat (1) |
2 |
Pasal 27 ayat (2) |
3 |
Pasal 29 ayat (2) |
4 |
Pasal 30 ayat (1) |
5 |
Pasal 31 ayat (1) |
Berdasarkan tabel tersebut,
hak warga negara untuk mendapatkan penghidupan yang layak dan mendapatkan
pendidikan diatur dalam UUD 1945 yaitu ….
A.
Pasal 27 ayat (1) dan Pasal 29 ayat (2).
B.
Pasal 27 ayat
(2) dan Pasal
31 ayat (1).
C.
Pasal 29 ayat (2) dan Pasal 30 ayat (1).
D.
Pasal 29 ayat (2) dan Pasal 31 ayat (1).
17. Indonesia
mempunyai budaya yang beragam, setiap daerah memiliki budaya masing-masing.
Kita harus melestarikan budaya daerah kita.
Salah satu manfaat adanya
keberagaman budaya di Indonesia adalah
….
A.
menambah aset
budaya bangsa
B.
membuka lapangan
pekerjaan
C.
meningkatkan timbulnya
konflik
D.
menimbulkan perpecahan
antar suku bangsa
18.
Berdasarkan
gambar di atas, tarian tersebut berasal dari daerah ….
A.
Banten
B.
Papua
C.
Aceh
D.
Bali
19. Keberagaman
sosial budaya dalam bidang pariwisata akan mendatangkan wisatawan asing dan
domestik. Apabila dikelola dengan baik obyek pariwisata akan menambah devisa
negara. Hal ini juga akan berpengaruh di bidang ekonomi, di antaranya ….
A.
Mempererat tali
persaudaraan.
B.
Dijadikan sebagai media
hiburan.
C.
Menciptakan lapangan
pekerjaan.
D.
Menambah pengetahuan.
20. Perumusan Pancasila sebagai dasar negara mengandung
nilai-nilai juang yang perlu ditiru dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai juang para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
yang sebaiknya diteladani oleh seorang pelajar adalah ….
A.
Mempertahankan pendapat pribadi
B.
Menerima
keputusan dengan terpaksa
C.
Bersikap keras
kepala
D.
Semangat
persatuan dan kesatuan
21. Negara-negara
anggota ASEAN melakukan berbagai bentuk kerja sama. Salah satunya adalah Indonesia mengirim duta besar dan konsul ke
Malaisia.
Bentuk kerja
sama yang dilakukan oleh dua negara tersebut
adalah kerja sama ….
A.
bilateral
B.
multilateral
C.
regional
D.
fungsional
22. Persatuan
dan kesatuan dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diataranya adalah bersama-sama
membersihkan ruangan kelas yang kotor.
Manfaat dari kegiatan tersebut adalah ….
A.
Pekerjaan akan
terbengkalai.
B.
Tumbuhnya jiwa individualisme.
C.
Menimbulkan
kekacauan.
D.
Pekerjaan
akan cepat selesai.
23. Perhatikan pernyataan dari tabel berikut!
No. |
Pernyataan |
1 |
Ari berambut kriting, sedangkan
Untung berambut lurus.. |
2 |
Paulus beragaman Kristen, sedangkan
Ahmad beragama Islam. |
3 |
Lia senang membaca, sedangkan
adiknya senang menggambar. |
4 |
Selina berkulit putih, sedangkan
Dania berkulit sawo matang. |
Pernyataan tersebut yang
menunjukkan keragaman ciri fisik antara lain ditunjukkan oleh nomor ….
o 1
o 2
o 3
o 4
24. Udin dan Edo merupakan siswa kelas VI MI Al-Kautsar. Meskipun mereka berbeda suku dan budaya, akan
tetapi mereka selalu hidup rukun dan mengerjakan piket kelas bersama-sama.
Berdasarkan
ilustrasi di atas, pilihlah 2 dari 4 pernyataan di bawah ini yang menunjukkan sikap
tidak menghargai keragaman bangsa Indonesia!
o Menghormati suku dan budaya daerah.
o Memilih-milih teman dalam pergaulan.
o Tidak mau mengerjakan piket kelas karena
beda suku.
o Membangun budaya toleransi.
25. Jalan raya merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh negara. Mentaati rambu-
rambu lalu lintas adalah
kewajiban pengguna jalan.
Dampak negatif yang ditimbulkan apabila tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas
diantaranya adalah ….
o Menjadi teladan bagi pengendara lain.
o Angka kecelakaan meningkat.
o Perjalanan menjadi nyaman.
o Menyebabkan kemacetan.
26. Keberagaman
di Indonesia kadang menimbulkan masalah.
Masalah
yang timbul sering melibatkan antar suku dan antar golongan
masyarakat. Berbagai masalah
tersebut timbul karena lunturnya
persatuan dan kesatuan. Diantara masalah yang ditimbulkan adalah ….
o Mudah menyelesaikan masalah.
o Kehidupan menjadi aman.
o Perilaku toleransi jarang tercipta.
o Akan muncul banyak konflik.
27. Ibu
Aura sedang mendapatkan giliran untuk pengadaan konsumsi dalam kegiatan
pengajian akbar
di mushola. Dengan
rela ibu warga sekitar membantu ibu Aura dengan tulus tanpa imbalan apapun.
Tindakan ibu-ibu tetangga
Aura mencerminkan sikap ….
o Egois
o Hidup rukun
o Mengutamakan kepentingan umum
o Mendapatkan pujian
28.
Contoh
sikap-sikap penerapan sila Pancasila sesuai simbol di atas adalah ….
o Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah.
o Menjenguk teman yang sedang sakit.
o Mengikuti kegiatan gotong royong.
o Membantu korban bencana alam.
29. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Membuang sampah pada tempatnya.
2.
Tidak merokok di fasilitas umum.
3.
Mumbuang
bungkus makanan di selokan.
4.
Membendung air selokan supaya tidak dapat mengalir.
Pilihlah 2 dari 4 Pernyataan di atas, yang merupakan sikap tanggung jawab di lingkungan masyarakat!
o 4
o 3
o 2
o 1
30. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Perbedaan kondisi alam.
2.
Perbedaan bahasa daerah.
3.
Keragaman agama.
4.
Keadaan transportasi dan komunikasi.
Berdasarkan pernyataan tersebut, yang
merupakan penyebab keragaman ekonomi di Indonesia ditunjukkan oleh nomor ….
o 1
o 2
o 3
o 4
31.
Setiap anak memiliki hak dan kewajiban yang sama. Seorang anak tidak boleh
hanya menuntut hak, tetapi juga harus melaksanakan kewajiban dengan penuh
tanggung jawab. Setiap anak yang tidak melaksanakan kewajiban di madrasah akan
mendapat sanksi.
Centanglah benar atau salah tentang
pernyataan kewajiban anak di madrasah!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Mengumpulkan tugas tepat waktu |
V |
|
Menggunakan fasilitas di madrasah |
|
V |
Mengikuti kegiatan upacara bendera |
V |
|
32.
Keberagaman budaya
Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam menjaga keberagaman
budaya tersebut dipengaruhi
oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam maupun dari luar.
Centanglah benar atau salah tentang
pernyataan faktor-faktor yang dapat memengaruhi keberagaman budaya!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia |
V |
|
Letak strategis wilayah Indonesia |
V |
|
Pengaruh kebudayaan luar |
V |
|
33.
Randu dan Putu berasal dari daerah yang berbeda. Keduanya memiliki banyak
perbedaan, mulai dari suku, budaya, dan agama. Pada hari Minggu mereka akan
mengerjakan tugas kelompok. Akan tetapi, Putu ternyata memiliki acara keagamaan
yang harus diikutinya saat Minggu pagi.
Centanglah benar atau salah
pernyataan tentang bentuk sikap toleransi!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Mengizinkan Putu untuk mengikuti kegiatan keagamaan
tersebut |
V |
|
Mengeluarkan Putu dari kelompok |
|
V |
Memaksa Putu untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu |
|
V |
34.
Hak setiap warga negara Indonesia telah diatur dalam UUD 1945. Diantara
hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang
layak, ikut serta dalam usaha pertahahan, dan mendapatkan pendidikan.
Centanglah benar atau salah
pernyataan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang hak warga negara
Indonesia!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Pasal 27 ayat (2) |
V |
|
Pasal 30 ayat (1) |
V |
|
Pasal 31 ayat (2) |
|
V |
35. Dalam kehidupan masyarakat semangat persatuan dan kesatuan
harus dimiliki seluruh anggota masyarakat, karena masyarakat yang bersatu akan
lebih mudah menyelesaikan masalah di sekitarnya sehingga tercapai masyarakat
yang aman, tenteram, dan damai.
Centanglah benar atau salah
pernyataan tentang sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di
masyarakat!
Pernyataan |
Benar |
salah |
Membeli produk dalam negeri |
|
V |
Gotong royong menjaga kebersihan lingkungan |
V |
|
Berani membela kebenaran dan keadilan |
|
V |
36. Mengimani adanya Tuhan Yang Maha Esa serta mengakui persamaan
hak, kewajiban, dan kedudukan semua orang sama di mata hukum, agama, sosial,
dan lainnya merupakan penerapan sila-sila dari Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
Pasangan bunyi Pancasila dengan
simbol dari sila Pancasila yang tepat adalah ….
Sila Pancasila |
Simbol |
A.
Ketuhanan yang Maha Esa - 3 B.
Kemanusiaan yang adil dan beradab -1 |
1. RANTAI 2. POHON BERINGIN 3. BINTANG |
37.
Jalan menuju tempat musibah bencana alam terjadi kemacetan karena pohon
banyak yang roboh. Dengan
semangatnya para warga sekitarnya bergotong
royong menyingkirkan batang pohon hingga
jalan bisa lancar digunakan untuk menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam
tersebut.
Pasangan yang tepat antara pernyataan tentang sikap pengamalan
Pancasila dengan sila Pancasila adalah ….
Pernyataan Pengamalan Pancasila |
Sila Pancasila |
A.
Membantu korban bencana alam -2 B.
Gotong royong menyingkirkan pohon roboh-3 |
1.
Sila kesatu 2.
Sila kedua 3.
Sila kelima |
38.
Berdasarkan
hasil musyawarah, Pak Mahfud dengan penuh rasa tanggung jawab mengikuti kerja
bakti memperbaiki jalan yang rusak. Tak ketinggalan pula, warga yang lain juga
ikut bersama-sama mengerjakannya hingga selesai.
Pasangan yang tepat antara pernyataan
dengan hasil yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut adalah ….
Pernyataan |
Hasil |
A.
Pak Mahfud dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan
hasil musyawarah
-2 B.
Gotong royong kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak -1 |
1.
Pekerjaan cepat selesai 2.
Pengamalan Pancasila khususnya sila keempat 3.
Mengembangkan sikap tenggang rasa |
39. Pada
hari Senin Siska waktunya piket kebersihan. Dia datang lebih pagi dari
teman-temannya, sehingga ketika
teman-temannya datang, keadaan kelas sudah tampak bersih.
Pasangan yang tepat antara pernyataan dengan hak dan
kewajiban adalah ….
Hak dan kewajiban |
Pernyataan |
A.
Kewajiban Siska -3 B.
Hak teman Siska -1 |
1.
Menikmati lingkungan bersih 2.
Hidup tenang dan damai 3.
Melaksanakan piket tepat waktu |
40. Keragaman
sosial dan budaya merupakan
kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, persatuan di dalam
masyarakat yang beragam
memiliki arti yang sangat penting.
Pasangan yang tepat antara kegiatan
dengan manfaat dari kegiatan tersebut adalah ….
Kegiatan |
Manfaat |
A.
B.
|
1.
Menghambat perkembangan budaya dunia 2.
Memperkuat jati diri bangsa Indonesia -A 3.
Terjalinnya tali persaudaraan dalam masyarakat -B |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar