ASSESMEN
MADRASAH
KKG
KABUPATEN NGAWI
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
LEMBAR SOAL |
|
Mata Pelajaran Jenjang Hari/Tanggal Waktu |
: Ilmu Pengetahuan
Sosial : Madrasah Ibtidaiyah : : 90 Menit |
PETUNJUK UMUM |
Berdo’alah kepada
Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal Isikan Identitas Anda
ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah (LJUM) dengan menggunakan Bolpoint
sesuai di LJUM. Isikan jawaban soal ke dalam LJUM sesuai
petunjuk LJUM Tersedia waktu 90
menit untuk mengerjakan soal. Jumlah soal sebanyak
50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban. Periksa dan bacalah
soal-soal sebelum Anda menjawabnya. Laporkan kepada
pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau
tidak lengkap. Periksalah pekerjaan
Ananda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. |
I.
Berilah tanda
silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang benar!
Ø
Contoh
Kerja sama di bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi dalam lingkup ASEAN
bagi masyarakat Indonesia di bidang
ekonomi ditunjukan oleh nomor ….
1)
Kawasan
perdagangan bebas (AFTA)
2)
Perjanjian
ekstradisi ASEAN
3) Pembukaan pusat promosi produksi negara anggota ASEAN
4) Perjanjian kawasan bebas nuklir
A.
1 dan 3
B.
1
dan 4
C.
2
dan 4
D.
2
dan 3
Ø
Masyarakat
pesisir yang hidup di daerah pantai umumnya menggantungkan hidup pada sumber
daya kelautan, baik dari sisi perikanan, pertanian, ataupun objek wisatanya. Meskipun
tidak semua penduduk pesisir menjadi nelayan, namun kondisi alam dan iklim
daerah pantai juga berkontribusi membentuk kebudayaan masyarakat setempat.
Daerah pantai, secara definitif adalah wilayah perbatasan antara daratan dan
lautan. Sementara itu, pesisir adalah wilayah antara batas tertinggi saat air
laut pasang hingga batas terendah saat air laut surut Indonesia merupakan
negara maritim dengan garis pantai sepanjang 54.716 km. Untuk pengaturan
pantainya, terdapat UU No. 27 Tahun 2007 yang menyatakan bahwa pantai adalah
daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk dan kondisi
fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah.
Dari
pernyataan di atas masyarakat
Indonesia hidup di negara ....
A.
Agraris
B.
Maritim
C.
Sosial
D.
Eelit
Ø
Perjanjian
mengenai Kawasan Damai, Bebas, dan Netral di ASEAN adalah ….
A.
Treaty
of Amity and Cooperation in South East Asia
B.
Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
C.
Komunitas
Keamanan ASEAN
D.
Zone
of Peace, Freedom, and Neutrality (ZOPFAN)
Ø
Perhatikan
pernyataan berikut ini
1.
Perundingan Linggarjati
2.
Palagan Ambarawa
3.
Konferensi inter-lndonesia
4.
Pertempuran Surabaya
5.
Perundingan RenviIle
Bentuk
perjuangan diplomasi yang diIakukan Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan adalah....
A.
1,
2, 3
B.
1,
3, 5
C.
2,
3, 5
D.
3, 4, 5
Ø
Dari
tabel di bawah ini ,jenis pekerjaan
berdasarkan kegiatan ekonomi yang
tepat untuk masyarakat Indonesia adalah:
...
No |
Kegiatan ekonomi |
||||
|
|
||||
A |
Perdagangan |
: |
pedagang buaah |
calo |
renternir |
B |
Perikanan |
: |
Budidaya rumput laut |
Nelayan |
Pemburu |
C |
Jasa |
: |
Tukang becak |
guru |
dokter |
D |
Perindustrian |
: |
Industri kimia |
Pemasaran |
produksi |
Ø
Sebelum
merdeka, Indonesia adalah negara yang terdiri dari kerajaan-kerajaan dengan
berlatarbelakang agama dan aliran. Salah satuna Kerajaan Hindu Budha. Kerajaan
Hindu Budha di Indonesia jadi salah satu yang terkuat. Jauh sebelum Indonesia
merdeka, terdapat sejumlah kerajaan Hindu Buddha yang berada di wilayah
Nusantara. Mempelajari kerajaan Hindu Budha di Indonesia sangat penting untuk
pengetahuan sejarah masa lalu. Raja siapa saja yang berkuasa pada masa masa itu
dan apa yang dihasilkan dari kekuasaannya sangat menarik untuk diketahui.arah
nusantara pada zaman kerajaan Hindu Buddha berkembang karena adanya hubungan
dagang di wilayah Nusantara dengan sejumlah negara luar. Diantaranya India,
Tiongkok dan negara-negara di wilayah Timur Tengah. Hindu masuk ke Indonesia
pada periode tarikh Masehi yang dibawa oleh para musafir dari India yang
bernama Maha Resi Agastya. Sedangkan penyebaran Buddha di Indonesia dilakukan
oleh bangsa Indonesia yang belajar di India dan menjadi Bikhsu. Di bawah ini
nama kerajaan hindu Budha beserta raja yang memimpin pada masa itu adalah...
No |
Nama kerajaan |
|
Nama Raja |
|
|
|
|
A |
Kerajaan Majapahit |
: |
Hayam Wuruk |
B |
Kerajaan singosari |
: |
Kendedes |
C |
Kerajaan Mataram |
: |
Patih Gajah Mada |
D |
Kerjaan Kuta i |
: |
Ken Arok |
Ø
Di
sajikan tabel di bawah ini,yang dapat di
jadikan sumber energi listrik adalah ....
No |
Sumber Daya alam |
1 |
Minyak bumi |
2 |
Gas alam |
3 |
Batu bara |
4 |
Panas bumi |
5 |
Tenaga surya |
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
3
dan 4
D.
4 dan 5
Ø
Michael
Faraday Si Bapak Listrik Dunia Penemuan-penemuan tentang listrik tersebut terus berlangsung, ilmuwan listrik
asal inggris bernama Michael Faraday
ini . lahir di Newington pada 1791.
Awalnya, Faraday bekerja sebagai tukang jilid buku dan banyak membaca catatan tentang penelitian.
Atas kegigihannya di dalam dunia
kelistrikan ,maka banyak manfaat dari penemuannya sampai sekarang ini .terutama
di dalam bidang sosial budaya . Di bawah ini dampak yang telah di rasakan dari
penemuan listrik dalam bidang sosial
adalah ....
A.
Masyarakat
mudah berinteraksi dengan yang lain
B.
Dapat
meningkatkan taraf ekonomi
C.
Meningkatkan taraf pendidikan
D.
Dapat
merubah perilaku ke arah yang lebih baik
9.
Di
era globalisasi, budaya asing dapat dengan mudah masuk. Hal tersebut tidak
hanya membawa pengaruh positif, tetapi juga pengaruh negatif. Sikap kita
terhadap masuknya budaya asing adalah.…
A.
Acuh
tak acuh terhadap masuknya budaya asing
B.
Menyeleksi budaya asing yang masuk
C.
Meneraapkan
sepenuhnya tanpaa menyeleksi
D.
Mencegah masuknya budaya asing
10. Setiap harinya manusia menyalakan lampu, menanak nasi
dalam rice cooker, menyimpan makanan dalam kulkas, mencuci dengan mesin cuci,
mengisi daya baterai handphone, menggunakan komputer, dan hal-hal lainnya yang
menggunakan listrik. Namun tahukah kamu darimana listrik berasal? Listrik yang
digunakan manusia tidak muncul begitu saja, namun harus dibangkitkan melalui
generator untuk kemudian dialirkan melalui kabel listrik ke pemukiman warga. Untuk
membangkitkan listrik dibutuhkan tenaga yang besar, tenaga tersebut didapatkaln
dari sumber daya alam. Berikut sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai
pembangkit listrik untuk memutar baling-baling yang kemudian memutar generator
dan menghasilkan listrik adalah ....
A.
PLTD
B.
PLTU
C.
PLTA
D.
PLTB
11. Teks proklamasi di susun oleh beberapa tokoh golongan tua
dan muda.Tokoh-tokoh golongan tua yang ikut menyusun naskah proklamassi adalah .....
A.
Ir
sukarno,Drs Moh.Hatta,dan Sukarni
B.
Ir
sukarno,Ahmad Subarjo,dan Sukarni
C.
Drs.Moh Hatta,Sayuti Melik,BM Diah
D.
Ir
sukarno,Drs Moh.Hatta,dan Ahmad Subarjo
12. Contoh bentuk kerja sama ASEAN di bidang ekonomi adalah …
A.
Pemberantasan terorisme
B.
Penyediaan
cadangan pangan
C.
pelatihan
militer
D.
perjanjian
kawasan bebas nuklir
13. Objek Wisata Kebun Teh Jamus Kebun Teh Jamus merupakan salah
satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh
yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya
untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa
Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses
jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua
atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan
kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus
memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh
pemerintah setempat. Objek Wisata Kebun
Teh Jamus Kebun
Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten
Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung
Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus
ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya
dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan
pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung
disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar
dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata
juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.
Kondisi geografis obyek
wisata tersebut terletak di daerah ….
A. pantai
B. dataran
rendah
C. dataran
tinggi
D. sekitar
sungai
14.
Perhatikan
gambar bagan pembuatan baju berikut!
Setelah
mengamati bagan tersebut, proses pembuatan baju dimulai dari ….
A.
Memetik
bunga kapas → Menenun→ Benang Jahit → Memintal → Kain → Membuat Pola Baju →
Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.
B.
Memetik bunga kapas → Memintal → Membuat pola → Menenun → memotong
Kain Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.
C.
Memetik
bunga kapas → Memintal → Benang Jahit → Menenun → Kain → Membuat Pola Baju →
Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.
D.
Memintal
→ Benang Jahit → Menenun → Kain → Membuat Pola Baju → Memotong Baju → Menjahit
Baju → Baju.
15. Perhatikan
gambar berikut!
Peninggalan bersejarah dalam gambar
tersebut terletak di ….
A. Sleman,
Yogjakarta
B. Mojokerto,
Jawa Timur
C. Magelang,
Jawa Tengah
D. Klaten, Jawa Tengah
16. Perhatikan
teks deskripsi berikut!
Pementasan
Seni Reog Ponorogo
memiliki banyak kesenian daerah, salah satu yang terkenal adalah Reog. Seni Reog merupakan rangkaian tarian yang
terdiri dari tarian pembukaan dan tarian inti dengan penari wanita maupun
pria. Setelah tarian pembukaan selesai, baru ditampilkan adegan inti yang
isinya bergantung kondisi di mana seni reog ditampilkan. Adegan terakhir
adalah singa barong, yang mana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa
dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Namun adegan dalam seni
reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi.
Keragaman budaya sesuai teks tersebut
berasal dari provinsi ….
A. Jawa
Barat
B. Jawa
Tengah
C. Jawa Timur
D. Bali
17. Bacalah
teks narasi secara sekasama!
Cerita Dira dan Made Di
siang hari yang panas, terlihat Dira dan Made sedang duduk di taman
bermain. “Dir,
kalau panas-panas gini aku jadi kangen Bali, pengen main di pantainya deh!”
kata Made dengan wajah cemberut. “Aku juga kangen, biasanya pas libur
sekolah aku pergi ke pantai. Aku pernah ke pantai Kuta di Bali, pantai
Senggigi di Lombok, dan pantai Parangtritis di Jogja!” ucap Dira. Made
kaget mendengar ucapan Dira, “Hah? Emang Indonesia punya banyak pantai yah?
Aku kira pantai cuma ada di Bali aja?” “Ya engga dong, dari
letak geografis aja, gak mungkin Indonesia hanya punya satu pantai!” ucap
Dira sambil menggelengkan kepala. “Letak geografis? Apa itu, Dir?” tanya
Made dengan muka bingung. Dira mencoba menjelaskan ke Made, “Letak
geografis itu adalah posisi keberadaan suatu wilayah
berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.” “Nah berdasarkan
letak geografisnya, Indonesia terletak disini.” lanjut Dira. Made kaget
mendengar penjelasan Dira, “Wah, dijepit dua samudera yah! Pantesan Indonesia
jadi dikelilingi oleh laut.” “Iya, makanya
Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terus, karena secara
geografis wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau, jadi
Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan.” tambah Dira
dengan bangga. Made kembali bingung dengan ucapan Dira, “Hah? Kenapa
Indonesia disebut negara maritim dan negara kepulauan?”
Dari teks cerita tersebut, mengapa
Indonesia disebut negara Maritim? karena ….
A. Indonesia
memiliki wilayah laut yang lebih luas dibandingkan wilayah daratannya.
B. Indonesia terdiri dari banyak pulau dari Sabang sampai Merauke
C. Indonesia
terletak diantara dua benua yaitu benua Asia dan Australia
D. Indonesia
terletak diantara samudera Hindia dan Samudera Pasifik
18.
Perhatikan tabel berikut ini!
No. |
Jenis Usaha |
Sumber Daya Alam yang digunakan |
Hasil Usaha |
1. |
Pertanian |
Lahan persawahan |
Padi dan jagung |
2. |
Peternakan |
Lahan luas untuk beternak |
Sapi dan ayam |
3. |
Perikanan |
Sumber daya perairan |
Lobster dan nila |
4. |
Pertambangan |
Permukaan dan bawah permukaan bumi. |
Minyak bumi dan emas |
Berdasar
tabel tersebut kegiatan ekonomi masyarakat yang mengelola sumber daya alam non
hayati adalah ….
A.
Pertanian
B.
Peternakan
C.
Perikanan
D.
Pertambangan
Penjajahan Bangsa
Barat Bangsa Barat umumnya adalah
seseorang atau sekelompok besar rakyat yang mendiami sebagian benua Eropa
dan benua Amerika dan yang termasuk dalam suatu kebudayaan
tertentu. Bangsa Barat yang melakukan penjajahan di Indonesia adalah
bangsa Eropa. Mulai akhir abad ke 15, bangsa Eropa berusaha melakukan
penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan
penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama
kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol
yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh
bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di
Pelabuhan Banten pada tahun 1596.
Berdasarkan
teks tersebut, siapakah bangsa barat yang melakukan penjajahan pertama kali di
Indonesia?
A.
Belanda
B.
Inggris
C.
Portugis
D.
Spanyol
20.
Perhatikan Diagram Venn berikut ini!
Persamaan
karakteristik dari kedua negara tersebut adalah ….
A.
keduanya memanfaatkan anggrek sebagai
aroma terapi, selain itu dua negara ini memiliki bentuk negara yang sama yaitu
Republik, dan menurut sejarahnya sama-sama pernah dijajah.
B.
dua negara ini memiliki bentuk negara
yang sama yaitu Republik, bahasa resmi adalah bahasa Inggris, dan menurut
sejarahnya, 2 negara ini sama-sama pernah dijajah.
C.
merupakan negara tropis,
keduanya memanfaatkan anggrek sebagai bunga hiasan, negara ini memiliki bentuk
negara yang sama yaitu Republik, dan Menurut sejarahnya negara ini sama-sama pernah
dijajah.
D.
Indonesia dan singapura sama-sama
merupakan negara tropis, keduanya memanfaatkan anggrek sebagai bunga hiasan,
memiliki bentuk negara yang sama yaitu Republik, dan menurut sejarahnya, 2
negara ini sama-sama tidak pernah pernah dijajah.
21. Perhatikan
Jenis-jenis pekerjaan berikut ini!
1) Penjual
Koran
2) Penjual
Baju
3) Tukang
Becak
4) Tukang
Bangunan
Pekerjaan yang paling banyak mengalami
kerugian akibat adanya modernisasi dan globalisasi adalah ….
A. 1 dan 3
B. 2
dan 3
C. 2
dan 4
D. 3
dan 4
22. Perhatikan
tabel berikut ini!
NO. |
PERAN INDONESIA DI ASEAN |
I. |
Indonesia
negara yang mendukung penuh Masyarakat Ekonomi ASEAN atau disebut dengan MEA,
yaitu sebuah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang berada di kawasan Asia
Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas. |
II. |
Indonesia
sebagai tuan rumah pembahasan (perancangan ZOPFAN) Perjanjian ASEAN mengenai
kawasan damai, bebas, dan netral di ASEAN dalam KTT I ASEAN. |
III. |
Indonesia
punya inisiatif untuk meningkatkan promosi lembaga pendidikan, pengembangan
program studi, dan pengambilan gelar, sehingga kualitas pendidikan Indonesia
dan negara-negara ASEAN dapat bersaing di dunia internasional |
IV. |
Indonesia
berperan aktif menjalin kerja sama untuk melakukan pertukaran pelajar. Para
pelajar dari negara-negara ASEAN lainnya bisa belajar di Indonesia, begitu
juga sebaliknya para pelajar di Indonesia bisa belajar di negara-negara
ASEAN. |
V. |
Indonesia
berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Indonesia, sebagai contoh
keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Culture Heritage (ACHDA) yang
menyumbangkan artefak dan sejarah pada ACHDA. |
Pernyataan yang menunjukkan peran
Indonesia dalam bidang pendidikan di organisasi ASEAN adalah ….
A. I
dan II
B. II dan III
C. III
dan IV
D. IV
dan V
23. Perhatikan
tabel berikut!
NO. |
PERAN INDONESIA DI ASEAN |
I. |
Indonesia
punya inisiatif untuk meningkatkan promosi lembaga pendidikan, pengembangan
program studi, dan pengambilan gelar, sehingga kualitas pendidikan Indonesia
dan negara-negara ASEAN dapat bersaing di dunia internasional. |
II. |
Indonesia
sebagai tuan rumah pembahasan (perancangan ZOPFAN) Perjanjian ASEAN mengenai
kawasan damai, bebas, dan netral di ASEAN dalam KTT I ASEAN. |
III. |
Indonesia
negara yang mendukung penuh Masyarakat Ekonomi ASEAN atau disebut dengan MEA,
yaitu sebuah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang berada di kawasan Asia
Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas. |
IV. |
Indonesia
berperan aktif menjalin kerja sama untuk melakukan pertukaran pelajar. Para
pelajar dari negara-negara ASEAN lainnya bisa belajar di Indonesia, begitu
juga sebaliknya para pelajar di Indonesia bisa belajar di negara-negara
ASEAN. |
V. |
Indonesia
berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Indonesia, sebagai contoh
keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Culture Heritage (ACHDA) yang
menyumbangkan artefak dan sejarah pada ACHDA. |
Pernyataan yang menunjukkan peran
Indonesia dalam bidang politik di organisasi ASEAN adalah ….
A. I
B. II
C. III
D. IV
24. Bacalah
teks informasi berikut!
Para pemuda yang mendengar berita menyerahnya Jepang
kepada Sekutu lantas menginginkan kemerdekaan Indonesia diproklamasikan
secepatnya hingga berujung pada peristiwa Rengasdengklok.
Apa alasan para pemuda mendesak Sukarno
dan Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan secepatnya?
A. Indonesia
sudah terlalu lama dijajah oleh bangsa-bangsa asing.
B. Kemerdekaan
adalah hak segala bangsa dan dijamin dalam Atlantic Charter.
C. Bangsa Indonesia harus merebut kesempatan dan menentukan nasib
sendiri.
D. Jepang
sudah tidak mungkin menepati janji kemerdekaannya.
25. Perhatikan
gambar tokoh proklamasi berikut!
No. |
Tokoh
Proklamasi |
No. |
Peran dalam
proklamasi |
1 |
|
R |
Menyusun teks
Proklamasi dan beliau pula yang membacakan naskah proklamasi kemerdekaan
Indonesia |
2 |
|
S |
Tokoh
proklamasi yang pertama mendengar
kabar bahwa Jepang
menyerah tanpa syarat
kepada Sekutu setelah pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki. |
3 |
|
T |
Merupakan
konseptor yang menyumbangkan pikirannya dalam penyusunan naskah proklamasi
kemerdekaan. Beliau menyumbangkan kalimat pertama yang berbunyi “Kami bangsa
Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan” |
4 |
|
U |
Berperan
mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Beliau mengetik teks
proklamasi yang telah disempurnakan dari tangan Bung Karno. |
Berdasarkan tabel tersebut, tokoh
proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sesuai dengan perannya ditunjukkan oleh
nomor ….
A. 1-R dan 2-S
B. 1-U
dan 2-R
C. 2-T
dan 3-U
D. 3-S
dan 4-U
II.
Pilihlah
dua untuk jawaban yang benar!
26. Perhatikan
gambar berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan
berikut merupakan dua kegiatan yang sesuai menunjukkan modernisasi adalah ….
□ adanya
pembelajaran les privat yang dilakukan tatap muka di rumah guru
□ meningkatnya daya beli buku dan
bertambahnya pengunjung ke perpustakaan daerah
□ adanya buku panduan e-book
yang lebih praktis dan ramah lingkungan
□ Banyak bermunculan bimbingan belajar
secara online
27. Perhatikan
Diagram Venn berikut ini!
Setelah mencermati diagram Venn
tersebut, berikan tanda centang (√) dua karakteristik dari negara Indonesia
adalah ….
□ Merupakan
negara tropis, pemanfaatan anggrek dijadikan sebagai bunga hias.
□ Merupakan negara tropis, pemanfaatan
anggrek di dijadikan sebagai aroma terapi.
□ Memiliki luas wilayah kurang
lebih 1,9 juta km2, bahasa resminya bahasa Indonesia.
Potensi wisata sangat melimpah sebab
memiliki kekayaan alam dan budaya.
□ Memiliki luas wilayah kurang lebih 719
km2, bahasa resminya bahasa Inggris,
potensi wisata unggulan.
28.
Perhatikan tabel pengamatan kegiatan
interaksi masyarakat, pengaruh negatif yang terjadi dan
usaha untuk memperbaiki dengan
lingkungan berikut ini!
Bentuk
Kegiatan Interaksi |
Pengaruh
Budaya Yang Terjadi |
Usaha Untuk
Memperbaiki |
Membuang sampah di sungai |
Sungai menjadi
kotor dan banjir saat musim penghujan tiba |
Membuat bank
sampah/ tempat pembuangan akhir |
Membuang sampah sembarangan |
Lingkungan
menjadi kotor |
Menyediakan tempat sampah |
Penebangan dan pembakaran hutan secara
liar |
Hutan menjadi gundul dan daerah
resapan air akan hilang yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. |
… |
Pembuangan
limbah atau kotoran sapi ke sungai |
Air sungai
menjadi keruh dan menimbulkan bau tidak sedap |
… |
Dari tabel tersebut,
pernyataan yang sesuai untuk melengkapi tabel yang kosong adalah …
□ melakukan penanaman kembali jenis pohon yang ditebang atau
reboisasi
□ diolah menjadi pupuk kompos atau bahan dasar biogas
□
dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan secara berpindah
□
mengalirkan limbah atau kotoran sapi melalui selokan warga supaya cepat kering
29.
Perhatikan gambar berikut ini!
Objek Wisata Kebun Teh Jamus Kebun Teh Jamus merupakan salah
satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh
yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya
untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa
Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses
jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua
atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan
kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus
memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh
pemerintah setempat. Objek Wisata Kebun
Teh Jamus Kebun
Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten
Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung
Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus
ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya
dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan
pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung
disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar
dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata
juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.
Berdasarkan gambar tersebut dua kegiatan
ekonomi yang sesuai dengan kondisi geografis berdasarkan letaknya adalah ….
□ masyarakat di daerah
pegunungan bercocok tanam dengan sistem perkebunan
□ didirikan industri teh
disekitar perkebunan
□ melakukan kegiatan perdagangan dan
membangun Ritel
□ pembukaan tempat wisata, dan bumi
perkemahan
30.
Perhatikan tabel berikut dengan teliti!
No. |
Jenis Usaha |
Sumber Daya
Alam yang digunakan |
Hasil Usaha |
1. |
Pertanian |
Lahan
persawahan |
Padi dan
jagung |
2. |
Peternakan |
Lahan luas
untuk beternak |
Sapi dan ayam |
3. |
Perikanan |
Sumber daya
perairan |
Lobster dan
nila |
4. |
Pertambangan |
Permukaan dan
bawah permukaan bumi. |
Minyak bumi
dan emas |
Berdasarkan tabel
tersebut, terdapat 2 alasan yang tepat mengapa masyarakat memiliki
kegiatan ekonomi
yang cenderung beragam?
□ adanya
perbedaan kekayaan sumber daya alam yang ada.
□
perbedaan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing individu
□
persaingan dan permintaan dunia usaha
□ persamaan
program dan tujuan pada suatu daerah
III.
Menjodohkan
31. Pasangkanlah
gambar peninggalan bersejarah kerajaan Hindu-Budha berikut dengan keterangan
yang sesuai!
A. = 3
O Candi
Cetho O 1.
Candi Cetho
O 2.
Candi Borobudur
O 3.
Candi Prambanan
B. =2
32. Perhatikan
teks berikut!
Cerita
Dira dan Made Di
siang hari yang panas, terlihat Dira dan Made sedang duduk di taman
bermain. “Dir,
kalau panas-panas gini aku jadi kangen Bali, pengen main di pantainya deh!”
kata Made dengan wajah cemberut. “Aku
juga kangen, biasanya pas libur sekolah aku pergi ke pantai. Aku pernah ke
pantai Kuta di Bali, pantai Senggigi di Lombok, dan pantai Parangtritis di
Jogja!” ucap Dira. Made kaget mendengar ucapan Dira, “Hah? Emang Indonesia
punya banyak pantai yah? Aku kira pantai cuma ada di Bali aja?” “Ya engga dong,
dari letak geografis aja, gak mungkin Indonesia hanya punya satu pantai!”
ucap Dira sambil menggelengkan kepala. “Letak
geografis? Apa itu, Dir?” tanya Made dengan muka bingung. Dira
mencoba menjelaskan ke Made, “Letak geografis itu adalah posisi
keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.” “Nah
berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak disini.” lanjut Dira. Made kaget
mendengar penjelasan Dira, “Wah, dijepit dua samudera yah! Pantesan Indonesia
jadi dikelilingi oleh laut.” “Iya, makanya
Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terus, karena secara
geografis wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau, jadi
Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan.” tambah Dira
dengan bangga. Made kembali
bingung dengan ucapan Dira, “Hah? Kenapa Indonesia disebut negara maritim
dan negara kepulauan?”
Berdasarkan teks “Cerita Dira dan Made”
tersebut, pasangkanlah potensi kekayaan alam
berikut dengan ciri-ciri negara maritime dan agraris dengan benar!
Potensi dan kekayaan berupa hasil
laut yang bisa digunakan sebagai sumber pangan, tempat wisata, energi
alternatif, dan sebagainya.
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan
judul Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189, 190 Kurikulum Merdeka Uji
Pemahaman, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/02/22/kunci-jawaban-ipas-kelas-5-halaman-189-190-kurikulum-merdeka-uji-pemahaman?page=2.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti
A. O = 1
O O.
1. Negara Agraris
O. 2. Negara Maritim
O. 3. Negara Kepulauan
Potensi dan kekayaan berupa potensi
yang berhubungan dengan pertanian, perkebunan, perhutanan, dan peternakan.
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan
judul Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189, 190 Kurikulum Merdeka Uji
Pemahaman, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/02/22/kunci-jawaban-ipas-kelas-5-halaman-189-190-kurikulum-merdeka-uji-pemahaman?page=2.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti
B. O = 2
33. Perhatikan
teks berikut!
Penjajahan Bangsa
Barat Bangsa
Barat tiba di Indonesia ketika sedang melakukan penjelajahan samudra.
Mereka mulai melakukan penjelajahan samudra karena ilmu pengetahuan dan
teknologi yang berkembang pesat. Salah satu latar belakang kedatangan
bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G. Gold
adalah adanya keinginan mencari kekayaan. Kekayaan yang mereka cari
terutama adalah rempah-rempah. Di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal.
Harga rempah-rempah semahal emas. Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah
untuk industri obat-obatan dan bumbu masak. Sementara di Indonesia jumlah
rempah-rempah berlimpah. Mereka ingin menguasai rempah-rempah di Indonesia.
Gospel
adalah adanya keinginan menyebarkan agama. Selain mencari kekayaan dan
tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut
adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas
mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan dan
dipelopori oleh bangsa Portugis. Glory
adalah adanya keinginan mencari kejayaan. Di Eropa, ada suatu anggapan
bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara itu
termasuk negara yang jaya. Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa
berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.
Berdasarkan teks tersebut, pasangkan
faktor penyebab bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia sesuai istilah
yang benar adalah ….
Mencari
kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga
rempah-rempah bisa semahal dengan harga emas. Mereka sangat membutuhkan
rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan
bumbu masak Gold
A. O
= 3 O. 1
Gospel
O. 2
Keinginan mencari kejayaan. Di Eropa, ada suatu
anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara
itu termasuk negara yang jaya. Dengan adanya anggapan ini, negara-negara
Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya. Glory
O. 3
B. O = 2
Jawab: A-1, B-3
34. Pasangkanlah
penemuan alat-alat berikut dengan penemu yang mengubah dunia secara tepat!
A.
O = 2
O. 1. Alexander Graham Bell
O. 2. Thomas Alva Edison
O.
3. Cahrles Goodyear
B.
O = 3
35. Pasangkanlah
gambar icon negara dengan asal negara berikut ini!
A. O = 2
O. 1. Indonesia
O.
2. Malaysia
B.
O = 1
IV.
Soal Benar salah
36. Pengertian Sumber Daya AlamSumber daya alam (biasa
disingkatSDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat
digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya.Yang tergolong di
dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan
mikroorganisme saja, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas
alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.Berdasarkan JenisMenurut jenisnya,
sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :Sumber daya alam nonhayati
(abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang
berupa benda-benda mati.Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir
angin.Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa
makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.Sumber daya alam
mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, Pada umumnya, sumber daya alam
berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat
diperbaharui dan sumber daya alam tak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang
dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama
penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme,
sinar matahari, angin,dan air adalah beberapa contoh sumber daya alam
terbaharukan.
Setelah membaca
teks tersebut ,kita sudah bisa membedakan jenis jenis SDA
Centanglah
benar atau salah pernyataan berikut!
|
Pernyataan |
B |
S |
A |
Yang tergolong SDA biotik :hewan,tumbuhan,mikroorganisme |
V |
|
B |
yang tegolong SDA Abiotik :tanah ,air,bahan tambang,matahari |
|
V |
C |
Yang tergolong SDA hayati:manusia,hewan,angin,pegunungan,udara |
V |
|
37. Interaksi manusia dalam kehidupan ekonomi Manusia dalam
hidupnya selalu berhubungan dengan lingkungan alam (fisik) dan lingkungan
nonfisik. Lingkungan fisik terdiri atas air, tanah, udara, flora, dan fauna.
Lingkungan nonfisik terdiri atas lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya. Alam
menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga mempunyai keterbatasan Pada saat manusia
belum berkembang sebanyak seperti sekarang,
keseimbangan antara kebutuhan manusia dan tersedianya kebutuhan itu
boleh dikatakan hampir tidak masalah. Namun, pada saat mulai terjadi ledakan
penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan
segala bentuk kebutuhan manusia. Setelah membaca teks tersebut, kita dapat
membedakan jenis lingkungan fisik dan non fisik pada lingkungan di sekitar
kita. Centanglah benar atau salah pernyataan berikut!
|
Pernyataan |
B |
S |
A |
Yang termasuk lingkungan non fisik antara lain sosial,ekonomi ,budaya |
V |
|
B |
Yang termasuk lingkungan elit : sandang,pangan,papan
,pendidikan |
V |
|
C |
Yang termasuk lingkungan fisik antara lain air ,tanah,udara,flora dan fauna |
|
V |
38. Masyarakat pesisir yang hidup di daerah pantai umumnya
menggantungkan hidup pada sumber daya kelautan, baik dari sisi perikanan,
pertanian, ataupun objek wisatanya. Meskipun tidak semua penduduk pesisir
menjadi nelayan, namun kondisi alam dan iklim daerah pantai juga berkontribusi
membentuk kebudayaan masyarakat setempat. Daerah pantai, secara definitif
adalah wilayah perbatasan antara daratan dan lautan. Sementara itu, pesisir
adalah wilayah antara batas tertinggi saat air laut pasang hingga batas
terendah saat air laut surut Indonesia merupakan negara maritim dengan garis
pantai sepanjang 54.716 km. Untuk pengaturan pantainya, terdapat UU No. 27
Tahun 2007 yang menyatakan bahwa pantai adalah daratan sepanjang tepian yang
lebarnya proporsional dengan bentuk dan kondisi fisik pantai, minimal 100 meter
dari titik pasang tertinggi ke arah
Dari pernyataan di atas mayoritas penduduk pantai bekerja
sebagai :
|
Pernyataan |
B |
S |
A |
Nelayan |
V |
|
B |
Petani garam |
V |
|
C |
Pelelang |
V |
|
39. Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN
(Association of South East Asian Nations) lahir dari konferensi lima negara
Asia Tenggara pada 8 Agustus 1967. Konferensi tersebut disebut juga sebagai
Persetujuan Bangkok atau Deklarasi Bangkok. Lima negara yang menandatangani
Deklarasi Bangkok adalah Indonesia (diwakili Adam Malik), Malaysia (diwakili
Tun Abdul Razak), Singapura (diwakili S Rajaratnam), Filipina (diwakili
Narcisco Ramos), dan Thailand (diwakili Thanat Khoman). Tujuan didirikannya
ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan
Asia Tenggara. Tujuan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama dalam berbagai
bidang. Pada bidang IPTEK khususnya, apa saja bentuk kerja sama ASEAN?
a.
Mengelola
pusat penelitian ilmu pengetahuan matematika atau Regional Centre for Education
in Science and Mathematics (RECSAM) di Penang, Malaysia.
b.
Mengelola
pusat penelitian untuk biologi atau Regional Centre for Tropical Biology
(Biotrop) yang pusatnya di Bogor, Indonesia.
c.
Mengelola
pusat pendidikan bahasa Inggris atau Regional English Language Center (RELC) di
Singapura.
d.
Mengelola
lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate
Study and Research in Agricultural (SEARCA) di Los Banos, Filipina.
e.
Membentuk
pusat penelitian ASEAN COST (Committee on Science and Technology)
f.
Meningkatkan
kualitas SDM atau sumber daya manusia agar memiliki daya saing.
g.
Meningkatkan
jumlah tenaga ahli ASEAN sesuai kemampuan di bidangnya.
Dari
bacaan di atas ,centanglah pernyataan yang sesuai dengan kerja sama
ASEAN dalam bidang IPTEK
|
Pernyataan |
B |
S |
A |
Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian
atau Regional Centre of Graduate Study and Research in Agricultural (SEARCA)
di Los Banos, Filipina. |
V |
|
B |
Membentuk pusat penelitian ASEAN COST (Committee on
Science and Technology) |
V |
|
C |
Mengelola pusat penelitian ilmu pengetahuan matematika
atau Regional Centre for Education in Science and Mathematics (RECSAM) di
Penang, Malaysia. |
|
V |
40. Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN
(Association of South East Asian Nations) lahir dari konferensi lima negara
Asia Tenggara pada 8 Agustus 1967. Konferensi tersebut disebut juga sebagai
Persetujuan Bangkok atau Deklarasi Bangkok. Lima negara yang menandatangani
Deklarasi Bangkok adalah Indonesia (diwakili Adam Malik), Malaysia (diwakili
Tun Abdul Razak), Singapura (diwakili S Rajaratnam), Filipina (diwakili
Narcisco Ramos), dan Thailand (diwakili Thanat Khoman). Tujuan didirikannya
ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan
Asia Tenggara. Tujuan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama dalam berbagai
bidang. Pada bidang Ekonomi khususnya, apa saja bentuk kerja sama ASEAN?
Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi
1. Memajukan ekonomi pariwisata kawasan ASEAN
2. Kerja sama proyek industri
3. Meningkatkan pemenuhan cadangan pangan antarnegara
ASEAN
4. Meningkatkan peluang perdagangan bebas di kawasan
negara-negara ASEAN
|
Pernyataan |
B |
S |
A |
Menjaga stabilitas politik negara ASEAN |
|
V |
B |
Kerja sama proyek industri di negara kawasan ASEAN |
V |
|
C |
Memajukan ekonomi pariwisata kawasan ASEAN |
V |
|
Selamat Mengerjakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar