Kamis, 11 Mei 2023

PREDIKSI AM IPS MADRASAH IBTIDAIYAH 2023

 

 

 

ASSESMEN  MADRASAH

KKG KABUPATEN NGAWI

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran

Jenjang

Hari/Tanggal  

Waktu                        

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: Madrasah Ibtidaiyah

:

: 90 Menit

 

PETUNJUK UMUM

Berdo’alah kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal

Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah (LJUM) dengan menggunakan Bolpoint sesuai di LJUM.

 Isikan jawaban soal ke dalam LJUM sesuai petunjuk LJUM

Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan soal.

Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.

Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.

Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.

Periksalah pekerjaan Ananda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

I.            Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang benar!

 

Ø  Contoh Kerja sama di bidang ilmu pengetahuan  dan teknologi  dalam lingkup ASEAN bagi masyarakat Indonesia  di bidang ekonomi ditunjukan oleh nomor ….          

1)      Kawasan perdagangan bebas (AFTA)

2)      Perjanjian ekstradisi ASEAN

3) Pembukaan pusat promosi produksi negara anggota ASEAN

4) Perjanjian kawasan bebas nuklir

A.    1 dan 3     

B.     1 dan 4

C.     2 dan 4

D.    2 dan 3     

Ø  Masyarakat pesisir yang hidup di daerah pantai umumnya menggantungkan hidup pada sumber daya kelautan, baik dari sisi perikanan, pertanian, ataupun objek wisatanya. Meskipun tidak semua penduduk pesisir menjadi nelayan, namun kondisi alam dan iklim daerah pantai juga berkontribusi membentuk kebudayaan masyarakat setempat. Daerah pantai, secara definitif adalah wilayah perbatasan antara daratan dan lautan. Sementara itu, pesisir adalah wilayah antara batas tertinggi saat air laut pasang hingga batas terendah saat air laut surut Indonesia merupakan negara maritim dengan garis pantai sepanjang 54.716 km. Untuk pengaturan pantainya, terdapat UU No. 27 Tahun 2007 yang menyatakan bahwa pantai adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk dan kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah.

Dari pernyataan di atas  masyarakat Indonesia   hidup di negara ....

A.    Agraris

B.     Maritim

C.     Sosial

D.    Eelit

Ø  Perjanjian mengenai Kawasan Damai, Bebas, dan Netral di ASEAN adalah ….

A.    Treaty of Amity and Cooperation in South East Asia

B.     Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

C.     Komunitas Keamanan ASEAN

D.    Zone of Peace, Freedom, and Neutrality (ZOPFAN)

Ø  Perhatikan pernyataan berikut ini

1. Perundingan Linggarjati

2. Palagan Ambarawa

3. Konferensi inter-lndonesia

4. Pertempuran Surabaya

5. Perundingan RenviIle

Bentuk perjuangan diplomasi yang diIakukan Indonesia dalam upaya mempertahankan  kemerdekaan adalah....

A.    1, 2, 3

B.     1, 3, 5

C.     2, 3, 5

D.    3, 4, 5

Ø  Dari tabel di bawah ini ,jenis pekerjaan  berdasarkan kegiatan ekonomi  yang tepat untuk masyarakat Indonesia  adalah: ...

No

Kegiatan ekonomi

 

 

A

Perdagangan

:

pedagang buaah

calo

renternir

B

Perikanan

:

Budidaya rumput laut

Nelayan

Pemburu

C

Jasa

:

Tukang becak

guru

dokter

D

Perindustrian

:

Industri kimia

Pemasaran

produksi

 

Ø  Sebelum merdeka, Indonesia adalah negara yang terdiri dari kerajaan-kerajaan dengan berlatarbelakang agama dan aliran. Salah satuna Kerajaan Hindu Budha. Kerajaan Hindu Budha di Indonesia jadi salah satu yang terkuat. Jauh sebelum Indonesia merdeka, terdapat sejumlah kerajaan Hindu Buddha yang berada di wilayah Nusantara. Mempelajari kerajaan Hindu Budha di Indonesia sangat penting untuk pengetahuan sejarah masa lalu. Raja siapa saja yang berkuasa pada masa masa itu dan apa yang dihasilkan dari kekuasaannya sangat menarik untuk diketahui.arah nusantara pada zaman kerajaan Hindu Buddha berkembang karena adanya hubungan dagang di wilayah Nusantara dengan sejumlah negara luar. Diantaranya India, Tiongkok dan negara-negara di wilayah Timur Tengah. Hindu masuk ke Indonesia pada periode tarikh Masehi yang dibawa oleh para musafir dari India yang bernama Maha Resi Agastya. Sedangkan penyebaran Buddha di Indonesia dilakukan oleh bangsa Indonesia yang belajar di India dan menjadi Bikhsu. Di bawah ini nama kerajaan hindu  Budha  beserta raja yang memimpin pada masa itu  adalah...

No

Nama kerajaan

 

Nama Raja

 

 

 

 

A

Kerajaan Majapahit

:

Hayam Wuruk

B

Kerajaan singosari

:

Kendedes

C

Kerajaan  Mataram

:

Patih Gajah Mada

D

Kerjaan Kuta i

:

Ken Arok

 

 

 

Ø  Di sajikan tabel di bawah ini,yang dapat  di jadikan sumber energi listrik adalah ....

No

Sumber Daya alam

1

Minyak bumi

2

Gas alam

3

Batu bara

4

Panas bumi

5

Tenaga surya

 

A.    1 dan 2

B.     2 dan 3

C.     3 dan 4

D.    4 dan 5

Ø  Michael Faraday Si Bapak Listrik Dunia Penemuan-penemuan tentang listrik  tersebut terus berlangsung, ilmuwan listrik asal inggris bernama    Michael Faraday ini . lahir di Newington    pada 1791. Awalnya, Faraday bekerja sebagai tukang   jilid buku  dan banyak membaca catatan tentang penelitian. Atas kegigihannya di dalam  dunia kelistrikan ,maka banyak manfaat dari penemuannya sampai sekarang ini .terutama di dalam bidang sosial budaya . Di bawah ini dampak yang telah di rasakan dari penemuan    listrik dalam bidang sosial adalah ....

A.    Masyarakat mudah berinteraksi dengan yang lain

B.     Dapat meningkatkan taraf ekonomi

C.     Meningkatkan taraf pendidikan

D.    Dapat merubah perilaku ke arah yang lebih baik

9.      Di era globalisasi, budaya asing dapat dengan mudah masuk. Hal tersebut tidak hanya membawa pengaruh positif, tetapi juga pengaruh negatif. Sikap kita terhadap masuknya budaya asing adalah.…

A.    Acuh tak acuh terhadap  masuknya budaya asing

B.     Menyeleksi  budaya asing yang masuk

C.     Meneraapkan sepenuhnya tanpaa menyeleksi

D.    Mencegah masuknya budaya asing

10.  Setiap harinya manusia menyalakan lampu, menanak nasi dalam rice cooker, menyimpan makanan dalam kulkas, mencuci dengan mesin cuci, mengisi daya baterai handphone, menggunakan komputer, dan hal-hal lainnya yang menggunakan listrik. Namun tahukah kamu darimana listrik berasal? Listrik yang digunakan manusia tidak muncul begitu saja, namun harus dibangkitkan melalui generator untuk kemudian dialirkan melalui kabel listrik ke pemukiman warga. Untuk membangkitkan listrik dibutuhkan tenaga yang besar, tenaga tersebut didapatkaln dari sumber daya alam. Berikut sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik untuk memutar baling-baling yang kemudian memutar generator dan menghasilkan listrik adalah ....

A.    PLTD

B.     PLTU

C.     PLTA

D.    PLTB

11.  Teks proklamasi di susun oleh beberapa tokoh golongan tua dan muda.Tokoh-tokoh golongan tua yang ikut menyusun naskah proklamassi  adalah .....

A.    Ir sukarno,Drs Moh.Hatta,dan Sukarni

B.     Ir sukarno,Ahmad Subarjo,dan Sukarni

C.     Drs.Moh Hatta,Sayuti Melik,BM Diah

D.    Ir sukarno,Drs Moh.Hatta,dan Ahmad Subarjo

12.  Contoh bentuk kerja sama ASEAN di bidang ekonomi adalah …

A.    Pemberantasan terorisme

B.     Penyediaan cadangan pangan

C.     pelatihan militer

D.    perjanjian kawasan bebas nuklir

13. 

Objek Wisata Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.

 

 

 

 

 

 

Objek Wisata Kebun Teh Jamus

                 Kebun Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.

 

Bacalah teks deskripsi berikut ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kondisi geografis obyek wisata tersebut terletak di daerah ….

A.    pantai

B.     dataran rendah

C.     dataran tinggi

D.    sekitar sungai

14.  Perhatikan gambar bagan pembuatan baju berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Setelah mengamati bagan tersebut, proses pembuatan baju dimulai dari ….

A.    Memetik bunga kapas → Menenun→ Benang Jahit → Memintal → Kain → Membuat Pola Baju → Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.

B.     Memetik bunga kapas → Memintal → Membuat pola → Menenun → memotong Kain Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.

C.     Memetik bunga kapas → Memintal → Benang Jahit → Menenun → Kain → Membuat Pola Baju → Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.

D.    Memintal → Benang Jahit → Menenun → Kain → Membuat Pola Baju → Memotong Baju → Menjahit Baju → Baju.

           

15.  Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 


Peninggalan bersejarah dalam gambar tersebut terletak di ….

A.    Sleman, Yogjakarta

B.     Mojokerto, Jawa Timur

C.     Magelang, Jawa Tengah

D.    Klaten, Jawa Tengah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.  Perhatikan teks deskripsi berikut!

 

 

Pementasan Seni Reog

Ponorogo memiliki banyak kesenian daerah, salah satu yang terkenal adalah Reog.  Seni Reog merupakan rangkaian tarian yang terdiri dari tarian pembukaan dan tarian inti dengan penari wanita maupun pria. Setelah tarian pembukaan selesai, baru ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi di mana seni reog ditampilkan. Adegan terakhir adalah singa barong, yang mana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Namun adegan dalam seni reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keragaman budaya sesuai teks tersebut berasal dari provinsi ….

A.    Jawa Barat

B.     Jawa Tengah

C.     Jawa Timur

D.    Bali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17.  Bacalah teks narasi secara sekasama!

Cerita Dira dan Made

Di siang hari yang panas, terlihat Dira dan Made sedang duduk di taman bermain. 

“Dir, kalau panas-panas gini aku jadi kangen Bali, pengen main di pantainya deh!” kata Made dengan wajah cemberut. “Aku juga kangen, biasanya pas libur sekolah aku pergi ke pantai. Aku pernah ke pantai Kuta di Bali, pantai Senggigi di Lombok, dan pantai Parangtritis di Jogja!” ucap Dira. Made kaget mendengar ucapan Dira, “Hah? Emang Indonesia punya banyak pantai yah? Aku kira pantai cuma ada di Bali aja?” “Ya engga dong, dari letak geografis aja, gak mungkin Indonesia hanya punya satu pantai!” ucap Dira sambil menggelengkan kepala. “Letak geografis? Apa itu, Dir?” tanya Made dengan muka bingung. Dira mencoba menjelaskan ke Made, “Letak geografis itu adalah posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.”  “Nah berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak disini.” lanjut Dira.

 

Made kaget mendengar penjelasan Dira, “Wah, dijepit dua samudera yah! Pantesan Indonesia jadi dikelilingi oleh laut.”

“Iya, makanya Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terus, karena secara geografis wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau, jadi Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan.” tambah Dira dengan bangga. Made kembali bingung dengan ucapan Dira, “Hah? Kenapa Indonesia disebut negara maritim dan negara kepulauan?”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Dari teks cerita tersebut, mengapa Indonesia disebut negara Maritim? karena ….

A.    Indonesia memiliki wilayah laut yang lebih luas dibandingkan wilayah daratannya.

B.     Indonesia terdiri dari banyak pulau dari Sabang sampai Merauke

C.     Indonesia terletak diantara dua benua yaitu benua Asia dan Australia

D.    Indonesia terletak diantara samudera Hindia dan Samudera Pasifik

 

 

 

 

18.  Perhatikan tabel berikut ini!

No.

Jenis Usaha

Sumber Daya Alam yang digunakan

Hasil Usaha

1.

Pertanian

Lahan persawahan

Padi dan jagung

2.

Peternakan

Lahan luas untuk beternak

Sapi dan ayam

3.

Perikanan

Sumber daya perairan

Lobster dan nila

4.

Pertambangan

Permukaan dan bawah permukaan bumi.

Minyak bumi dan emas

Berdasar tabel tersebut kegiatan ekonomi masyarakat yang mengelola sumber daya alam non hayati adalah ….

A.    Pertanian

B.     Peternakan

C.     Perikanan

D.    Pertambangan

19.  Perhatikan teks berikut!

Penjajahan Bangsa Barat

 

 

Bangsa Barat umumnya adalah seseorang atau sekelompok besar rakyat yang mendiami sebagian benua Eropa dan benua Amerika dan yang termasuk dalam suatu kebudayaan tertentu. Bangsa Barat yang melakukan penjajahan di Indonesia adalah bangsa Eropa. Mulai akhir abad ke 15, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan teks tersebut, siapakah bangsa barat yang melakukan penjajahan pertama kali di Indonesia?

A.    Belanda

B.     Inggris

C.     Portugis

D.    Spanyol

 

20.  Perhatikan Diagram Venn berikut ini!

Persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut adalah ….

A.    keduanya memanfaatkan anggrek sebagai aroma terapi, selain itu dua negara ini memiliki bentuk negara yang sama yaitu Republik, dan menurut sejarahnya sama-sama pernah dijajah.

B.     dua negara ini memiliki bentuk negara yang sama yaitu Republik, bahasa resmi adalah bahasa Inggris, dan menurut sejarahnya, 2 negara ini sama-sama pernah dijajah.

C.     merupakan negara tropis, keduanya memanfaatkan anggrek sebagai bunga hiasan, negara ini memiliki bentuk negara yang sama yaitu Republik, dan Menurut sejarahnya negara ini sama-sama pernah dijajah.

D.    Indonesia dan singapura sama-sama merupakan negara tropis, keduanya memanfaatkan anggrek sebagai bunga hiasan, memiliki bentuk negara yang sama yaitu Republik, dan menurut sejarahnya, 2 negara ini sama-sama tidak pernah pernah dijajah.

21.  Perhatikan Jenis-jenis pekerjaan berikut ini!

1)      Penjual Koran

2)      Penjual Baju

3)      Tukang Becak

4)      Tukang Bangunan

Pekerjaan yang paling banyak mengalami kerugian akibat adanya modernisasi dan globalisasi adalah ….

A.    1 dan 3

B.     2 dan 3

C.     2 dan 4

D.    3 dan 4

22.  Perhatikan tabel berikut ini!

NO.

PERAN INDONESIA DI ASEAN

I.

Indonesia negara yang mendukung penuh Masyarakat Ekonomi ASEAN atau disebut dengan MEA, yaitu sebuah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas.

II.

Indonesia sebagai tuan rumah pembahasan (perancangan ZOPFAN) Perjanjian ASEAN mengenai kawasan damai, bebas, dan netral di ASEAN dalam KTT I ASEAN.

III.

Indonesia punya inisiatif untuk meningkatkan promosi lembaga pendidikan, pengembangan program studi, dan pengambilan gelar, sehingga kualitas pendidikan Indonesia dan negara-negara ASEAN dapat bersaing di dunia internasional

IV.

Indonesia berperan aktif menjalin kerja sama untuk melakukan pertukaran pelajar. Para pelajar dari negara-negara ASEAN lainnya bisa belajar di Indonesia, begitu juga sebaliknya para pelajar di Indonesia bisa belajar di negara-negara ASEAN.

V.

Indonesia berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Indonesia, sebagai contoh keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Culture Heritage (ACHDA) yang menyumbangkan artefak dan sejarah pada ACHDA.

Pernyataan yang menunjukkan peran Indonesia dalam bidang pendidikan di organisasi ASEAN adalah ….

A.    I dan II

B.     II dan III

C.     III dan IV

D.    IV dan V

23.  Perhatikan tabel berikut!

NO.

PERAN INDONESIA DI ASEAN

I.

Indonesia punya inisiatif untuk meningkatkan promosi lembaga pendidikan, pengembangan program studi, dan pengambilan gelar, sehingga kualitas pendidikan Indonesia dan negara-negara ASEAN dapat bersaing di dunia internasional.

II.

Indonesia sebagai tuan rumah pembahasan (perancangan ZOPFAN) Perjanjian ASEAN mengenai kawasan damai, bebas, dan netral di ASEAN dalam KTT I ASEAN.

III.

Indonesia negara yang mendukung penuh Masyarakat Ekonomi ASEAN atau disebut dengan MEA, yaitu sebuah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas.

IV.

Indonesia berperan aktif menjalin kerja sama untuk melakukan pertukaran pelajar. Para pelajar dari negara-negara ASEAN lainnya bisa belajar di Indonesia, begitu juga sebaliknya para pelajar di Indonesia bisa belajar di negara-negara ASEAN.

V.

Indonesia berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Indonesia, sebagai contoh keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Culture Heritage (ACHDA) yang menyumbangkan artefak dan sejarah pada ACHDA.

Pernyataan yang menunjukkan peran Indonesia dalam bidang politik di organisasi ASEAN adalah ….

A.    I

B.     II

C.     III

D.    IV

24.  Bacalah teks informasi berikut!

Para pemuda yang mendengar berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu lantas menginginkan kemerdekaan Indonesia diproklamasikan secepatnya hingga berujung pada peristiwa Rengasdengklok.

 

 

 

 

 

 

 


Apa alasan para pemuda mendesak Sukarno dan Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan secepatnya?

A.    Indonesia sudah terlalu lama dijajah oleh bangsa-bangsa asing.

B.     Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan dijamin dalam Atlantic Charter.

C.     Bangsa Indonesia harus merebut kesempatan dan menentukan nasib sendiri.

D.    Jepang sudah tidak mungkin menepati janji kemerdekaannya.

 

 

25.  Perhatikan gambar tokoh proklamasi berikut!

No.

Tokoh Proklamasi

No.

Peran dalam proklamasi

1

 

 

 

 

R

Menyusun teks Proklamasi dan beliau pula yang membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia

2

 

 

 

 

S

Tokoh proklamasi yang pertama   mendengar kabar   bahwa   Jepang   menyerah   tanpa   syarat   kepada Sekutu setelah pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki.

 

3

 

 

 

 

T

Merupakan konseptor yang menyumbangkan pikirannya dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan. Beliau menyumbangkan kalimat pertama yang berbunyi “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan”

 

4

 

 

 

 

 

U

Berperan mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Beliau mengetik teks proklamasi yang telah disempurnakan dari tangan Bung Karno.

 

 

Berdasarkan tabel tersebut, tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sesuai dengan perannya ditunjukkan oleh nomor ….

A.    1-R dan 2-S

B.     1-U dan 2-R

C.     2-T dan 3-U

D.    3-S dan 4-U

 

II.            Pilihlah dua untuk jawaban yang benar!

26.  Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan berikut merupakan dua kegiatan yang sesuai menunjukkan modernisasi adalah ….

adanya pembelajaran les privat yang dilakukan tatap muka di rumah guru

□ meningkatnya daya beli buku dan bertambahnya pengunjung ke perpustakaan daerah

□ adanya buku panduan e-book yang lebih praktis dan ramah lingkungan

□ Banyak bermunculan bimbingan belajar secara online

27.  Perhatikan Diagram Venn berikut ini!

Setelah mencermati diagram Venn tersebut, berikan tanda centang (√) dua karakteristik dari negara Indonesia adalah ….

Merupakan negara tropis, pemanfaatan anggrek dijadikan sebagai bunga hias.

□ Merupakan negara tropis, pemanfaatan anggrek di dijadikan sebagai aroma terapi.

□ Memiliki luas wilayah kurang lebih 1,9 juta km2, bahasa resminya bahasa Indonesia.

    Potensi wisata sangat melimpah sebab memiliki kekayaan alam dan budaya.

□ Memiliki luas wilayah kurang lebih 719 km2, bahasa resminya bahasa Inggris,

    potensi wisata unggulan.

 

28.          Perhatikan tabel pengamatan kegiatan interaksi masyarakat, pengaruh negatif yang terjadi dan

usaha untuk memperbaiki dengan lingkungan berikut ini!

Bentuk Kegiatan Interaksi

Pengaruh Budaya Yang Terjadi

Usaha Untuk Memperbaiki

Membuang sampah di sungai

Sungai menjadi kotor dan banjir saat musim penghujan tiba

Membuat bank sampah/ tempat pembuangan akhir

Membuang sampah sembarangan

Lingkungan menjadi kotor

Menyediakan tempat sampah

Penebangan dan pembakaran hutan secara liar

Hutan menjadi gundul dan daerah resapan air akan hilang yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Pembuangan limbah atau kotoran sapi ke sungai

Air sungai menjadi keruh dan menimbulkan bau tidak sedap

Dari tabel tersebut, pernyataan yang sesuai untuk melengkapi tabel yang kosong adalah …

□ melakukan penanaman kembali jenis pohon yang ditebang atau reboisasi

□ diolah menjadi pupuk kompos atau bahan dasar biogas

□ dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan secara berpindah

□ mengalirkan limbah atau kotoran sapi melalui selokan warga supaya cepat kering

 

 

 

 

29.          Perhatikan gambar berikut ini!

 

Objek Wisata Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.

 

 

 

 

 

 

Objek Wisata Kebun Teh Jamus

                 Kebun Teh Jamus merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh yang luas dan berlokasi tepat di kaki Gunung Lawu, menyuguhkan keasriannya untuk para pengunjung. Letak Kebun Teh Jamus ini, tepatnya ada di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 KM ke arah Barat Daya dari Ngawi Kota. Akses jalan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat. Sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas, banyak pohon-pohon besar dan rindang. Kebun Teh Jamus memiliki banyak fasilitas dan perbaikan wisata juga kerap dilakukan oleh pemerintah setempat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar tersebut dua kegiatan ekonomi yang sesuai dengan kondisi geografis berdasarkan letaknya adalah ….

□ masyarakat di daerah pegunungan bercocok tanam dengan sistem perkebunan

□ didirikan industri teh disekitar perkebunan

□ melakukan kegiatan perdagangan dan membangun Ritel

□ pembukaan tempat wisata, dan bumi perkemahan

 

30.          Perhatikan tabel berikut dengan teliti!

No.

Jenis Usaha

Sumber Daya Alam yang digunakan

Hasil Usaha

1.

Pertanian

Lahan persawahan

Padi dan jagung

2.

Peternakan

Lahan luas untuk beternak

Sapi dan ayam

3.

Perikanan

Sumber daya perairan

Lobster dan nila

4.

Pertambangan

Permukaan dan bawah permukaan bumi.

Minyak bumi dan emas

            Berdasarkan tabel tersebut, terdapat 2 alasan yang tepat mengapa masyarakat memiliki

            kegiatan ekonomi yang cenderung beragam?

            □ adanya perbedaan kekayaan sumber daya alam yang ada.

            □ perbedaan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing individu

            □ persaingan dan permintaan dunia usaha

            □ persamaan program dan tujuan pada suatu daerah

 

III.            Menjodohkan

 

31.  Pasangkanlah gambar peninggalan bersejarah kerajaan Hindu-Budha berikut dengan keterangan yang sesuai!

 


                       

                                                                                                           

                                                                        A.   = 3

 

O   Candi Cetho                                                                      O    1.  Candi Cetho

                       

                                                                                                           

                                                                                                            O   2.  Candi Borobudur

 


                                                                                                           

                                                                                                            O    3.  Candi Prambanan

                                                                       

                                                                        B.    =2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32.    Perhatikan teks berikut!

Cerita Dira dan Made

Di siang hari yang panas, terlihat Dira dan Made sedang duduk di taman bermain. 

“Dir, kalau panas-panas gini aku jadi kangen Bali, pengen main di pantainya deh!” kata Made dengan wajah cemberut.

“Aku juga kangen, biasanya pas libur sekolah aku pergi ke pantai. Aku pernah ke pantai Kuta di Bali, pantai Senggigi di Lombok, dan pantai Parangtritis di Jogja!” ucap Dira. Made kaget mendengar ucapan Dira, “Hah? Emang Indonesia punya banyak pantai yah? Aku kira pantai cuma ada di Bali aja?”

“Ya engga dong, dari letak geografis aja, gak mungkin Indonesia hanya punya satu pantai!” ucap Dira sambil menggelengkan kepala.

“Letak geografis? Apa itu, Dir?” tanya Made dengan muka bingung.

Dira mencoba menjelaskan ke Made, “Letak geografis itu adalah posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.” 

“Nah berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak disini.” lanjut Dira.

 

Made kaget mendengar penjelasan Dira, “Wah, dijepit dua samudera yah! Pantesan Indonesia jadi dikelilingi oleh laut.”

“Iya, makanya Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terus, karena secara geografis wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau, jadi Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan.” tambah Dira dengan bangga.

Made kembali bingung dengan ucapan Dira, “Hah? Kenapa Indonesia disebut negara maritim dan negara kepulauan?”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan teks “Cerita Dira dan Made” tersebut, pasangkanlah potensi kekayaan alam  berikut dengan ciri-ciri negara maritime dan agraris dengan benar!

 

Potensi dan kekayaan berupa hasil laut yang bisa digunakan sebagai sumber pangan, tempat wisata, energi alternatif, dan sebagainya.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189, 190 Kurikulum Merdeka Uji Pemahaman, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/02/22/kunci-jawaban-ipas-kelas-5-halaman-189-190-kurikulum-merdeka-uji-pemahaman?page=2.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti

 

 


                                                                       A. O = 1

O                                                                                                      O. 1. Negara Agraris

 

                                                                                                         O. 2. Negara Maritim  

 

                                                                                                                     O. 3. Negara Kepulauan

Potensi dan kekayaan berupa potensi yang berhubungan dengan pertanian, perkebunan, perhutanan, dan peternakan.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189, 190 Kurikulum Merdeka Uji Pemahaman, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/02/22/kunci-jawaban-ipas-kelas-5-halaman-189-190-kurikulum-merdeka-uji-pemahaman?page=2.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti

 

 


                                                                      B. O = 2

 

 

 

33.    Perhatikan teks berikut!

 

Penjajahan Bangsa Barat

                 Bangsa Barat tiba di Indonesia ketika sedang melakukan penjelajahan samudra. Mereka mulai melakukan penjelajahan samudra karena ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat. Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G.

                 Gold adalah adanya keinginan mencari kekayaan. Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas. Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak. Sementara di Indonesia jumlah rempah-rempah berlimpah. Mereka ingin menguasai rempah-rempah di Indonesia.

                 Gospel adalah adanya keinginan menyebarkan agama. Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

                 Glory adalah adanya keinginan mencari kejayaan. Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara itu termasuk negara yang jaya. Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan teks tersebut, pasangkan faktor penyebab bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia sesuai istilah yang benar adalah ….

Mencari kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah bisa semahal dengan harga emas. Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak

 

Gold

 

 


                                                                                   A. O      = 3                 O. 1

 

Gospel

 


                                                                                                                      O. 2

Keinginan mencari kejayaan. Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara itu termasuk negara yang jaya. Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

Glory

 

 


                                                                                                                      O. 3

                                                                                   B. O = 2

Jawab: A-1, B-3

 

 

 

34.    Pasangkanlah penemuan alat-alat berikut dengan penemu yang mengubah dunia secara tepat!

 


                                                            A. O = 2

                                                                                                O. 1. Alexander Graham Bell

 

 

 

                                                                                                            O. 2. Thomas Alva Edison

 


                                                                                                            O. 3. Cahrles Goodyear

 

                                                            B. O = 3

 

 

 

35.    Pasangkanlah gambar icon negara dengan asal negara berikut ini!

 

 

 


                                                 A. O = 2

 

                                                                                                            O. 1. Indonesia

 

                                                                                                            O. 2. Malaysia

                                                                                                            O. 3. Singapura

 

 

 

                                                  B. O = 1

 

IV.            Soal Benar salah

36.  Pengertian Sumber Daya AlamSumber daya alam (biasa disingkatSDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya.Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme saja, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.Berdasarkan JenisMenurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati.Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam tak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin,dan air adalah beberapa contoh sumber daya alam terbaharukan.

Setelah membaca teks tersebut ,kita sudah bisa membedakan jenis jenis SDA

Centanglah benar atau salah pernyataan berikut!

 

Pernyataan

B

S

A

Yang tergolong SDA biotik :hewan,tumbuhan,mikroorganisme

V

 

B

yang tegolong SDA Abiotik :tanah ,air,bahan tambang,matahari

 

V

C

Yang tergolong SDA hayati:manusia,hewan,angin,pegunungan,udara

V

 

 

37.  Interaksi manusia dalam kehidupan ekonomi Manusia dalam hidupnya selalu berhubungan dengan lingkungan alam (fisik) dan lingkungan nonfisik. Lingkungan fisik terdiri atas air, tanah, udara, flora, dan fauna. Lingkungan nonfisik terdiri atas lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya. Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga  mempunyai keterbatasan Pada saat manusia belum berkembang sebanyak seperti sekarang,    keseimbangan antara kebutuhan manusia dan tersedianya kebutuhan itu boleh dikatakan hampir tidak masalah. Namun, pada saat mulai terjadi ledakan penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan segala bentuk kebutuhan manusia. Setelah membaca teks tersebut, kita dapat membedakan jenis lingkungan fisik dan non fisik pada lingkungan di sekitar kita. Centanglah benar atau salah pernyataan berikut!

 

 

Pernyataan

B

S

A

Yang termasuk lingkungan non fisik antara lain  sosial,ekonomi ,budaya

V

 

B

Yang termasuk lingkungan elit : sandang,pangan,papan ,pendidikan

V

 

C

Yang termasuk lingkungan fisik antara lain  air ,tanah,udara,flora dan fauna

 

V

 

38.  Masyarakat pesisir yang hidup di daerah pantai umumnya menggantungkan hidup pada sumber daya kelautan, baik dari sisi perikanan, pertanian, ataupun objek wisatanya. Meskipun tidak semua penduduk pesisir menjadi nelayan, namun kondisi alam dan iklim daerah pantai juga berkontribusi membentuk kebudayaan masyarakat setempat. Daerah pantai, secara definitif adalah wilayah perbatasan antara daratan dan lautan. Sementara itu, pesisir adalah wilayah antara batas tertinggi saat air laut pasang hingga batas terendah saat air laut surut Indonesia merupakan negara maritim dengan garis pantai sepanjang 54.716 km. Untuk pengaturan pantainya, terdapat UU No. 27 Tahun 2007 yang menyatakan bahwa pantai adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk dan kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah

Dari pernyataan di atas mayoritas penduduk pantai bekerja sebagai :

 

Pernyataan

B

S

A

Nelayan

V

 

B

Petani garam

V

 

C

Pelelang

V

 

 

39.  Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN (Association of South East Asian Nations) lahir dari konferensi lima negara Asia Tenggara pada 8 Agustus 1967. Konferensi tersebut disebut juga sebagai Persetujuan Bangkok atau Deklarasi Bangkok. Lima negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah Indonesia (diwakili Adam Malik), Malaysia (diwakili Tun Abdul Razak), Singapura (diwakili S Rajaratnam), Filipina (diwakili Narcisco Ramos), dan Thailand (diwakili Thanat Khoman). Tujuan didirikannya ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan Asia Tenggara. Tujuan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama dalam berbagai bidang. Pada bidang IPTEK khususnya, apa saja bentuk kerja sama ASEAN?

a.       Mengelola pusat penelitian ilmu pengetahuan matematika atau Regional Centre for Education in Science and Mathematics (RECSAM) di Penang, Malaysia.

b.      Mengelola pusat penelitian untuk biologi atau Regional Centre for Tropical Biology (Biotrop) yang pusatnya di Bogor, Indonesia.

c.       Mengelola pusat pendidikan bahasa Inggris atau Regional English Language Center (RELC) di Singapura.

d.      Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate Study and Research in Agricultural (SEARCA) di Los Banos, Filipina.

e.       Membentuk pusat penelitian ASEAN COST (Committee on Science and Technology)

f.       Meningkatkan kualitas SDM atau sumber daya manusia agar memiliki daya saing.

g.      Meningkatkan jumlah tenaga ahli ASEAN sesuai kemampuan di bidangnya.

Dari bacaan di atas ,centanglah pernyataan yang sesuai dengan  kerja sama  ASEAN dalam bidang IPTEK

 

Pernyataan

B

S

A

Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate Study and Research in Agricultural (SEARCA) di Los Banos, Filipina.

V

 

B

Membentuk pusat penelitian ASEAN COST (Committee on Science and Technology)

 

V

 

C

Mengelola pusat penelitian ilmu pengetahuan matematika atau Regional Centre for Education in Science and Mathematics (RECSAM) di Penang, Malaysia.

 

V

 

40.  Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN (Association of South East Asian Nations) lahir dari konferensi lima negara Asia Tenggara pada 8 Agustus 1967. Konferensi tersebut disebut juga sebagai Persetujuan Bangkok atau Deklarasi Bangkok. Lima negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah Indonesia (diwakili Adam Malik), Malaysia (diwakili Tun Abdul Razak), Singapura (diwakili S Rajaratnam), Filipina (diwakili Narcisco Ramos), dan Thailand (diwakili Thanat Khoman). Tujuan didirikannya ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan Asia Tenggara. Tujuan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama dalam berbagai bidang. Pada bidang Ekonomi khususnya, apa saja bentuk kerja sama ASEAN?

Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

1. Memajukan ekonomi pariwisata kawasan ASEAN

2. Kerja sama proyek industri

3. Meningkatkan pemenuhan cadangan pangan antarnegara ASEAN

4. Meningkatkan peluang perdagangan bebas di kawasan negara-negara ASEAN

 

 

Pernyataan

B

S

A

Menjaga stabilitas politik negara ASEAN

 

V

B

Kerja sama proyek industri di negara  kawasan ASEAN

V

 

C

Memajukan ekonomi pariwisata kawasan ASEAN

V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat Mengerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...