UJIAN MADRASAH
MADRASAH
IBTIDAIYAH KABUPATEN NGAWI
TAHUN PELAJARAN
2021/2022
LEMBAR
SOAL |
|
Mata Pelajaran Jenjang
Hari/Tanggal
Waktu
|
: PKn : Madrasah Ibtidaiyah : ....................................... :
90 Menit |
PETUNJUK
UMUM |
1. Berdo’alah
kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal 2. Isikan
Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah dengan menggunakan pensil
2B. 3. Kerjakan
terlebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah. 4. Isikan
jawaban soal ke dalam LJUM sesuai petunjuk LJUM 5. Tersedia
waktu 120 menit untuk mengerjakan soal. 6. Jumlah
soal sebanyak 40 butir soal Pilihan Ganda dan 5 butir soal Uraian. 7. Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya. 8. Laporkan
kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak,
atau tidak lengkap. 9. Periksalah
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. |
PETUNJUK KHUSUS
I.
Berilah tanda
silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar pada lembar
jawab yang tersedia!
1.
Bunyi sila
kelima Pancasila adalah ....
A.
Keadilan sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia
B.
Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
C.
Kemanusiaan
yang adil dan beradab
D.
Ketuhanan Yang
Maha Esa
2.
Edo menunggu
Beni selesai beribadah, kemudian mereka bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan
Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke ….
A.
pertama
B.
kedua
C.
ketiga
D.
keempat
3.
Contoh kegiatan
yang sesuai dengan pengamalan Pancasila
sila ke-4 di lingkungan sekolah adalah ….
A.
menjenguk teman
yang sakit
B.
menghargai
teman yang beribadah
C.
pemilihan ketua
kelas
D.
kerja bakti
membersihkan kelas
4.
Berikut contoh
pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan sekolah, kecuali ….
A.
bermain dengan
rukun
B.
menolong teman
yang membutuhkan bantuan
C.
tidak mengejek
teman
D.
menjenguk
tetangga yang sakit
5.
Mengganggu
teman yang sedang berdoa merupakan pelanggaran Pancasila sila ….
A.
pertama
B.
kedua
C.
ketiga
D.
keempat
6.
Saat mengikuti
kegiatan musyawarah, hendaknya menerapkan sikap-sikap berikut, kecuali
….
A.
menghargai
pendapat orang lain
B.
mencemooh
usulan orang lain
C.
menerima
keputusan Bersama
D.
demokratis
7.
Berikut ini
adalah nilai-nilai perjuangan yang tidak menjiwai para pejuang kemerdekaan pada
saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara, yaitu ….
A.
keikhlasan
B.
pamrih
C.
kegigihan
D.
kebersamaan
8.
Asep dan Akmal
berasal dari suku yang berbeda. Suatu saat ada keluarga Asep yang mengalami
kecelakaan. Sikap yang sebaiknya dilakukan Akmal adalah ….
A.
menyuruh
teman-teman membantu keluarga Asep
B.
mengabaikan
musibah yang menimpa keluarga Asep
C.
bersikap acuh
terhadap musibah yang menimpa keluarga Asep
D.
membantu
keluarga Asep dengan ikhlas
9.
Perhatikan
gambar berikut ini !
Gambar di atas menunjukkan contoh kegiatan pengamalan Pancasila
sila keempat, yang dilambangkan dengan gambar ….
A.
B.
C.
D.
10.
Pada tahun 2021
di Kabupaten Jember mengalami bencana alam akibat erupsi Gunung Semeru. Banyak
rumah warga dan fasilitas umum rusak akibat banjir lahar dingin tersebut. Untuk
membantu korban bencana alam tersebut, siswa-siswi MI Salafiyah mengadakan
penggalangan dana di madrasahnya. Sikap yang dilakukan siswa-siswi MI Salafiyah
itu, merupakan pencerminan pengamalan Pancasila, sila ke ….
A.
5
B.
4
C.
3
D.
2
11.
Kewajiban utama
seorang siswa madrasah adalah ….
A.
mendapatkan
pelajaran dari guru
B.
memiliki banyak
buku dan alat tulis
C.
belajar dengan
sungguh-sungguh
D.
mendapatkan
fasilitas yang sama dalam belajar
12.
Tanggung jawab yang
harus dilaksanakan ketika mengerjakan tugas kelompok adalah ….
A.
ikut aktif
dalam kelompok
B.
mengabaikan
bagian tugas
C.
mengerjakan
sendiri
D.
diam saja dalam
kelompok
13.
Di bawah ini
yang bukan mencerminkan sikap tanggung jawab di lingkungan adalah ….
A.
Bapak dan ibu
guru dengan sepenuh hati mengajarkan materi agar anak didiknya mengerti apa
yang diajarkan.
B.
Guru membimbing
siswanya dalam mengembangkan diri melalui ekstrakurikuler di sekolah.
C.
Seorang kakak
melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga adiknya dan menjadi contoh yang
baik bagi adik-adiknya.
D.
Siswa dengan
sungguh-sungguh mengerjakan soal ulangan dengan jujur.
14.
Hak warga
negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan atau pengajaran telah diatur dalam
UUD 1945, pasal … ayat ….
A.
27 ayat 1
B.
28 ayat 1
C.
30 ayat 1
D.
31 ayat 1
15.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Patuh terhadap
orang tua.
2.
Mengerjakan
piket kelas.
3.
Bangga sebagai
bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia.
4.
Berdoa sebelum
dan sesudah belajar.
Setiap masyarakat memiliki kewajiban
untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kewajiban tersebut
menimbulkan tanggung jawab bagi masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawab
dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A.
4
B.
3
C.
2
D.
1
16.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Membayar pajak
tepat waktu
2.
Saling membantu
dan gotong royong
3.
Menjunjung
hukum dan pemerintahan
4.
Membela
pertahanan dan keamanan Negara
5.
Menjaga
kebersihan lingkungan sekitar rumah
Pernyataan
yang tepat tentang kewajiban sebagai warga Negara ditunjukkan oleh nomor ….
A.
1, 3, 4
B.
2, 3, 5
C.
1, 4, 5
D.
2, 3, 4
17.
Hak yang dimiliki anak sesuai dengan gambar di atas adalah hak
untuk mendapatkan ….
A.
pendidikan
B.
kasih sayang
C.
bermain dengan
gembira
D.
perlindungan
hukum
18.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Mengerjakan tugas
piket dengan marah-marah.
2.
Mentaati
peraturan yang berlaku di sekolah.
3.
Bertanya kepada
guru dengan sopan.
4.
Membuang sampah
pada laci bangku.
5.
Melaksanakan
petugas upacara tanpa latihan sebelumnya.
Sikap
bertanggung jawab di lingkungan sekolah ditunjukkan nomor ….
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 5
19.
Berikut
merupakan hak dan kewajiban warga negara yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 27
ayat 1 adalah ….
A.
mendapat
pekerjaan dan penghidupan yang layak
B.
ikut serta
dalam upaya bela negara
C.
mendapat
perlindungan hukum
D.
mendapatkan
pendidikan/pengajaran
20.
Pernyataan di
bawah ini yang menunjukkan perbedaan antara hak dan kewajiban adalah ….
A.
Caca memiliki
hak untuk mengikuti semua pembelajaran di sekolah dan ia juga wajib piket
sesuai jadwal
B.
Caca berhak
untuk membolos selama ia mau, karena ia punya kewajiban untuk membayar iuran
tiap bulan
C.
Caca memiliki
hak untuk ikut pelajaran PKn atau tidak, ia juga bertanggung jawab terhadap
buku yang ia pinjam di perpustakaan
D.
Caca memiliki
hak untuk memilih ekstrakurikuler, ia juga berkewajiban piket kelas sesuai
jadwal yang ditentukan
21.
Menghargai
keberagaman ekonomi di era globalisasi dapat diwujudkan dengan menerapkan sikap
….
A.
sombong
B.
toleransi
C.
pasrah
D.
tinggi hati
22.
Berikut ini
adalah faktor yang mempengaruhi tingkat
ekonomi masyarakat, kecuali ….
A.
hobi seseorang
B.
penghasilan
seseorang
C.
tingkat pendidikan
seseorang
D.
keterampilan
seseorang
23.
Berikut adalah dampak
negatif akibat adanya keberagaman budaya, kecuali ….
A.
Sebagai alat
bersatunya masyarakat walaupun berbeda agama.
B.
Menimbulkan
konflik antar elite dan golongan politik.
C.
Menimbulkan
krisis ekonomi dan moneter.
D.
Menimbulkan konflik
antar suku bangsa.
24.
Contoh
toleransi dalam keberagaman yang tepat adalah ….
A.
Memandang
rendah pekerjaan orang lain.
B.
Mengejek teman
yang berbeda suku.
C.
Menghargai pendapat
orang lain.
D.
Bergaul dengan
teman yang pandai saja.
25.
Pernyataan
berikut yang menunjukkan wujud cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
A.
Mengerjakan PR.
B.
Mengakui
kesalahan.
C.
Mencintai
produk dalam negeri.
D.
Menolong teman
yang kesusahan.
26.
Berikut cara
menghargai keberagaman ekonomi orang lain, kecuali ….
A.
Meneladani
keberhasilan orang lain.
B.
Menghormati
usaha ekonomi orang lain.
C.
Persaingan
usaha ekonomi yang sehat.
D.
Iri atas
keberhasilan orang lain.
27.
Stephen hidup
di pesisir pantai dengan hasil laut yang banyak, sedangkan Jojo hidup di
pegunungan dengan tanah yang subur. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan
keberagaman di bidang ….
A.
politik
B.
sosial
C.
ekonomi
D.
budaya
28.
Perhatikan
tabel berikut!
Nama |
Jenis
wirausaha |
Rizki |
Pembuat
batik |
Ridho |
Usaha
bengkel |
Aluna |
Peternak
ayam |
Amel |
Pembuat
tenun |
Juda |
Kerajinan
mebel |
Jenis wirausaha pada tabel di atas yang sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya bangsa ditunjukkan
oleh ….
A.
Rizki dan Ridho
B.
Aluna dan Amel
C.
Rizki dan Amel
D.
Ridho dan Juda
29.
Tarian adat pada gambar diatas berasal dari daerah ….
A.
Bali
B.
Aceh
C.
Papua
D.
Minangkabau
30. Berikut
adalah sikap yang tidak menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain adalah
.…
A. Memalsukan
karya orang lain.
B. Meneladani
prestasi orang lain.
C. Mengembangkan
karya orang lain.
D. Memberikan
dorongan agar tetap berkarya.
31.
Anak kelas VI MI Terpadu merencanakan
Wisata ke Kota Malang setelah melaksanakan PAT, dalam musyawarah ada anak yang
mengusulkan untuk membantu temannya yang tidak bisa ikut karena terkendala
biaya. Setelah disepakati ada tiga anak yang tidak mau ikut membantu sambil
mencela anak tersebut. Untuk menghindari perselisihan sikap kita seharusnya ….
A. mempertahankan
pendapat
B. beradu
argumentasi
C. berdiam
diri
D. menasehati
32.
Bangsa Indonesia menyadari bahwa
keragaman, baik suku bangsa, agama, ras, antar golongan, bukan merupakan unsur
pemecah, melainkan modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bansa Indonesia.
Hal ini sesuai dengan semboyannya yaitu ….
A. Tut
Wuri Handayani
B. Bhineka
Tunggal Ika
C. Jales
Veva Jayamahe
D. Ing
Ngarso Sung Tuladha
33.
Kegiatan di lingkungan sekolah yang
menunjukkan penerapan nilai persatuan dan kesatuan adalah ….
A. Memberi
contekan saat ujian.
B. Membantu
mengerjakan PR teman.
C. Melaksanakan
tugas piket kelas.
D. Memberi
uang kepada pengemis di depan sekolahan.
34. Manfaat
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah ….
A. Perpecahan
di dalam negara.
B. Konflik
antar suku.
C. Meningkatkan
perekonomian rakyat.
D. Negara
menjadi damai dan aman.
35. Perilaku
yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah ….
A. Mengembangkan
sikap tenggang rasa dalam hidup bermasyarakat.
B. Tidak
mengikuti kegiatan gotong royong.
C. Bersikap
acuh terhadap tetangga yang sedang sakit.
D. Menuntut
untuk diprioritaskan dalam masyarakat.
36. Berikut
upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, kecuali
….
A. Menjenguk
teman yang sakit tanpa memandang suku atau agama.
B. Membuat
kegaduhan di dekat masyarakat yang melaksanakan ibadah.
C. Mengikuti
kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan.
D. Menghargai
berbagai budaya yang ditampilkan dalam pawai budaya.
37. Dampak
yang dapat ditimbulkan dengan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan yang
terjalin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ….
A. Terciptanya
kehidupan bangsa yang aman, sentosa, dan jaya.
B. Menciptakan
eksistensi negara di mata dunia.
C. Meninmbulkan
perpecahan dalam suatu bangsa dan negara.
D. Terjalinnya
tali persaudaraan pada masyarakat Indonesia.
38. Contoh
sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah ….
A. Gotong
royong.
B. Persaingan
antar teman.
C. Kerja
sama saat ulangan.
D. Membentuk
kelompok pertemanan.
39. Landasan
konstitusional persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah ….
A. Pancasila
B. UUD
1945
C. Bhineka
Tunggal Ika
D. Burung
Garuda
40. Arti
penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa adalah ….
A. Memperkaya
khasanah budaya nusantara.
B. Menjadi
bangsa yang besar sehingga ditakuti negara-negara di dunia.
C. Mendukung
kekuatan bangsa untuk menguasai bangsa lain.
D. Mempercepat
pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini pada LJUM yang tersedia
dangan jawaban yang benar!
41. Sebutkan
tiga contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke-2!
42. Sebutkan
tiga contoh nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan musyawarah!
43. Semua
pengguna jalan wajib melaksanakan kewajiban di jalan raya. Sebutkan tiga akibat
yang terjadi jika tidak melaksanakan kewajiban tersebut!
44.
Sebutkan tiga
manfaat yang diperoleh dengan mencintai produk dalam negeri!
45.
Mengapa
menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di masyarakat sangat penting?
KUNCI JAWABAN PKn
1.
A
2.
A
3.
C
4.
D
5.
A
6.
B
7.
B
8.
D
9.
B
10.
D
11.
C
12.
A
13.
C
14.
D
15.
B
16.
A
17.
B
18.
B
19.
C
20.
D
21.
B
22.
A
23.
A
24.
C
25.
C
26.
D
27.
C
28.
C
29.
B
30.
A
31.
D
32.
B
33.
C
34.
D
35.
A
36.
B
37.
C
38.
A
39.
B
40.
D
41.
- Saling menghargai sesama teman
- Tenggang rasa sesama teman
- Tidak semena-mena terhadap orang lain
42.
- Tidak memaksakan kehendak pada orang lain
- Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah
- Musyawarah dilakukan dengan semangat kekeluargaan
43.
- Merugikan diri sendiri
- Merugikan orang lain dan sekitar
- Mendapatkan sanksi dari pihak yang berwajib
44.
- Meningkatkan pendapatan negara
- Meningkatkan kualitas produksi
- Memperkuat rasa bangga akan produk dalam negeri
45.
Karena dengan menjunjung tinggi nilai persatuan
dan kesatuan maka kehidupan masyarakat akan tentram dan damai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar