Selasa, 17 Mei 2022

LATIHAN UMBKS PKN 2022

 

 

UJIAN MADRASAH

MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN NGAWI

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran

Jenjang

Hari/Tanggal  

Waktu                        

: PKn

: Madrasah Ibtidaiyah

 : .......................................

: 90 Menit

 

PETUNJUK UMUM

1.    Berdo’alah kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal

2.    Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah dengan menggunakan pensil 2B.

3.    Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah.

4.    Isikan jawaban soal ke dalam LJUM sesuai petunjuk LJUM

5.    Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan soal.

6.    Jumlah soal sebanyak 40 butir soal Pilihan Ganda dan 5 butir soal Uraian.

7.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.

8.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.

9.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

 

PETUNJUK KHUSUS

 

I.     Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia!

 

1.    Bunyi sila kelima Pancasila adalah ....

A.    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

B.     Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

C.     Kemanusiaan yang adil dan beradab

D.    Ketuhanan Yang Maha Esa

 

                                                                                                                          

2.    Edo menunggu Beni selesai beribadah, kemudian mereka bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke  ….

A.    pertama

B.     kedua

C.     ketiga

D.    keempat

3.    Contoh kegiatan yang sesuai dengan pengamalan Pancasila  sila ke-4 di lingkungan sekolah adalah ….

A.    menjenguk teman yang sakit

B.     menghargai teman yang beribadah

C.     pemilihan ketua kelas

D.    kerja bakti membersihkan kelas

4.    Berikut contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan sekolah, kecuali ….

A.    bermain dengan rukun

B.     menolong teman yang membutuhkan bantuan

C.     tidak mengejek teman

D.    menjenguk tetangga yang sakit

5.    Mengganggu teman yang sedang berdoa merupakan pelanggaran Pancasila sila ….

A.    pertama

B.     kedua

C.     ketiga

D.    keempat

6.    Saat mengikuti kegiatan musyawarah, hendaknya menerapkan sikap-sikap berikut, kecuali ….

A.    menghargai pendapat orang lain

B.     mencemooh usulan orang lain

C.     menerima keputusan Bersama

D.    demokratis

7.    Berikut ini adalah nilai-nilai perjuangan yang tidak menjiwai para pejuang kemerdekaan pada saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara, yaitu ….

A.    keikhlasan

B.     pamrih

C.     kegigihan

D.    kebersamaan

8.    Asep dan Akmal berasal dari suku yang berbeda. Suatu saat ada keluarga Asep yang mengalami kecelakaan. Sikap yang sebaiknya dilakukan Akmal adalah ….

A.    menyuruh teman-teman membantu keluarga Asep

B.     mengabaikan musibah yang menimpa keluarga Asep

C.     bersikap acuh terhadap musibah yang menimpa keluarga Asep

D.    membantu keluarga Asep dengan ikhlas

 

9.    Perhatikan gambar berikut ini !

Gambar di atas menunjukkan contoh kegiatan pengamalan Pancasila sila keempat, yang dilambangkan dengan gambar ….



A.     

B.      

C.      

D.     

10.    Pada tahun 2021 di Kabupaten Jember mengalami bencana alam akibat erupsi Gunung Semeru. Banyak rumah warga dan fasilitas umum rusak akibat banjir lahar dingin tersebut. Untuk membantu korban bencana alam tersebut, siswa-siswi MI Salafiyah mengadakan penggalangan dana di madrasahnya. Sikap yang dilakukan siswa-siswi MI Salafiyah itu, merupakan pencerminan pengamalan Pancasila, sila ke  ….

A.    5

B.     4

C.     3

D.    2

11.    Kewajiban utama seorang siswa madrasah adalah ….

A.    mendapatkan pelajaran dari guru

B.     memiliki banyak buku dan alat tulis

C.     belajar dengan sungguh-sungguh

D.    mendapatkan fasilitas yang sama dalam belajar

 

12.    Tanggung jawab yang harus dilaksanakan ketika mengerjakan tugas kelompok adalah ….

A.    ikut aktif dalam kelompok

B.     mengabaikan bagian tugas

C.     mengerjakan sendiri

D.    diam saja dalam kelompok

13.    Di bawah ini yang bukan mencerminkan sikap tanggung jawab di lingkungan adalah ….

A.    Bapak dan ibu guru dengan sepenuh hati mengajarkan materi agar anak didiknya mengerti apa yang diajarkan.

B.     Guru membimbing siswanya dalam mengembangkan diri melalui ekstrakurikuler di sekolah.

C.     Seorang kakak melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga adiknya dan menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya.

D.    Siswa dengan sungguh-sungguh mengerjakan soal ulangan dengan jujur.

14.    Hak warga negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan atau pengajaran telah diatur dalam UUD 1945, pasal … ayat ….

A.    27 ayat 1

B.     28 ayat 1

C.     30 ayat 1

D.    31 ayat 1

15.    Perhatikan pernyataan berikut!

1.      Patuh terhadap orang tua.

2.      Mengerjakan piket kelas.

3.      Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia.

4.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Setiap masyarakat memiliki kewajiban untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kewajiban tersebut menimbulkan tanggung jawab bagi masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawab dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….

A.    4

B.     3

C.     2

D.    1

16.    Perhatikan pernyataan berikut!

1.      Membayar pajak tepat waktu

2.      Saling membantu dan gotong royong

3.      Menjunjung hukum dan pemerintahan

4.      Membela pertahanan dan keamanan Negara

5.      Menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah

Pernyataan yang tepat tentang kewajiban sebagai warga Negara ditunjukkan oleh nomor ….

A.    1, 3, 4

B.     2, 3, 5

C.     1, 4, 5

D.    2, 3, 4

17.     


Hak yang dimiliki anak sesuai dengan gambar di atas adalah hak untuk mendapatkan ….

A.    pendidikan

B.     kasih sayang

C.     bermain dengan gembira

D.    perlindungan hukum

18.    Perhatikan pernyataan berikut!

1.      Mengerjakan tugas piket dengan marah-marah.

2.      Mentaati peraturan yang berlaku di sekolah.

3.      Bertanya kepada guru dengan sopan.

4.      Membuang sampah pada laci bangku.

5.      Melaksanakan petugas upacara tanpa latihan sebelumnya.

Sikap bertanggung jawab di lingkungan sekolah ditunjukkan nomor ….

A.    1 dan 2

B.     2 dan 3

C.     3 dan 4

D.    4 dan 5

19.    Berikut merupakan hak dan kewajiban warga negara yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 1 adalah ….

A.    mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak

B.     ikut serta dalam upaya bela negara

C.     mendapat perlindungan hukum

D.    mendapatkan pendidikan/pengajaran

20.    Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan perbedaan antara hak dan kewajiban adalah ….

A.    Caca memiliki hak untuk mengikuti semua pembelajaran di sekolah dan ia juga wajib piket sesuai jadwal

B.     Caca berhak untuk membolos selama ia mau, karena ia punya kewajiban untuk membayar iuran tiap bulan

C.     Caca memiliki hak untuk ikut pelajaran PKn atau tidak, ia juga bertanggung jawab terhadap buku yang ia pinjam di perpustakaan

D.    Caca memiliki hak untuk memilih ekstrakurikuler, ia juga berkewajiban piket kelas sesuai jadwal yang ditentukan

21.    Menghargai keberagaman ekonomi di era globalisasi dapat diwujudkan dengan menerapkan sikap ….

A.    sombong

B.     toleransi

C.     pasrah

D.    tinggi hati

22.    Berikut ini adalah faktor  yang mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat, kecuali ….

A.    hobi seseorang

B.     penghasilan seseorang

C.     tingkat pendidikan seseorang

D.    keterampilan seseorang

23.    Berikut adalah dampak negatif akibat adanya keberagaman budaya, kecuali ….

A.    Sebagai alat bersatunya masyarakat walaupun berbeda agama.

B.     Menimbulkan konflik antar elite dan golongan politik.

C.     Menimbulkan krisis ekonomi dan moneter.

D.    Menimbulkan konflik antar suku bangsa.

24.    Contoh toleransi dalam keberagaman yang tepat adalah ….

A.    Memandang rendah pekerjaan orang lain.

B.     Mengejek teman yang berbeda suku.

C.     Menghargai pendapat orang lain.

D.    Bergaul dengan teman yang pandai saja.

25.    Pernyataan berikut yang menunjukkan wujud cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari  adalah ….

A.    Mengerjakan PR.

B.     Mengakui kesalahan.

C.     Mencintai produk dalam negeri.

D.    Menolong teman yang kesusahan.

26.    Berikut cara menghargai keberagaman ekonomi orang lain, kecuali ….

A.    Meneladani keberhasilan orang lain.

B.     Menghormati usaha ekonomi orang lain.

C.     Persaingan usaha ekonomi yang sehat.

D.    Iri atas keberhasilan orang lain.

27.    Stephen hidup di pesisir pantai dengan hasil laut yang banyak, sedangkan Jojo hidup di pegunungan dengan tanah yang subur. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan keberagaman di bidang ….

A.    politik

B.     sosial

C.     ekonomi

D.    budaya

28.    Perhatikan tabel berikut!

 

Nama

Jenis wirausaha

Rizki

Pembuat batik

Ridho

Usaha bengkel

Aluna

Peternak ayam

Amel

Pembuat tenun

Juda

Kerajinan mebel

Jenis wirausaha pada tabel di atas yang sekaligus sebagai  upaya melestarikan budaya bangsa ditunjukkan oleh ….

A.    Rizki dan Ridho

B.     Aluna dan Amel

C.     Rizki dan Amel

D.    Ridho dan Juda

29.     (TARI SAMAN)

Tarian adat pada gambar diatas berasal dari daerah ….

A.    Bali

B.     Aceh

C.     Papua

D.     Minangkabau

30.    Berikut adalah sikap yang tidak menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain adalah .…

A.    Memalsukan karya orang lain.

B.     Meneladani prestasi orang lain.

C.     Mengembangkan karya orang lain.

D.    Memberikan dorongan agar tetap berkarya.

31.    Anak kelas VI MI Terpadu merencanakan Wisata ke Kota Malang setelah melaksanakan PAT, dalam musyawarah ada anak yang mengusulkan untuk membantu temannya yang tidak bisa ikut karena terkendala biaya. Setelah disepakati ada tiga anak yang tidak mau ikut membantu sambil mencela anak tersebut. Untuk menghindari perselisihan sikap kita seharusnya ….

A.      mempertahankan pendapat

B.       beradu argumentasi

C.       berdiam diri

D.      menasehati

32.    Bangsa Indonesia menyadari bahwa keragaman, baik suku bangsa, agama, ras, antar golongan, bukan merupakan unsur pemecah, melainkan modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bansa Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyannya yaitu ….

A.    Tut Wuri Handayani

B.     Bhineka Tunggal Ika

C.     Jales Veva Jayamahe

D.    Ing Ngarso Sung Tuladha

33.    Kegiatan di lingkungan sekolah yang menunjukkan penerapan nilai persatuan dan kesatuan adalah ….

A.    Memberi contekan saat ujian.

B.     Membantu mengerjakan PR teman.

C.     Melaksanakan tugas piket kelas.

D.    Memberi uang kepada pengemis di depan sekolahan.

34.    Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah ….

A.    Perpecahan di dalam negara.

B.     Konflik antar suku.

C.     Meningkatkan perekonomian rakyat.

D.    Negara menjadi damai dan aman.

35.    Perilaku yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah ….

A.    Mengembangkan sikap tenggang rasa dalam hidup bermasyarakat.

B.     Tidak mengikuti kegiatan gotong royong.

C.     Bersikap acuh terhadap tetangga yang sedang sakit.

D.    Menuntut untuk diprioritaskan dalam masyarakat.

36.    Berikut upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, kecuali ….

A.    Menjenguk teman yang sakit tanpa memandang suku atau agama.

B.     Membuat kegaduhan di dekat masyarakat yang melaksanakan ibadah.

C.     Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan.

D.    Menghargai berbagai budaya yang ditampilkan dalam pawai budaya.

37.    Dampak yang dapat ditimbulkan dengan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan yang terjalin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ….

A.    Terciptanya kehidupan bangsa yang aman, sentosa, dan jaya.

B.     Menciptakan eksistensi negara di mata dunia.

C.     Meninmbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan negara.

D.    Terjalinnya tali persaudaraan pada masyarakat Indonesia.

38.    Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah ….

A.    Gotong royong.

B.     Persaingan antar teman.

C.     Kerja sama saat ulangan.

D.    Membentuk kelompok pertemanan.

39.    Landasan konstitusional persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah ….

A.    Pancasila

B.     UUD 1945

C.     Bhineka Tunggal Ika

D.    Burung Garuda

40.    Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa adalah ….

A.    Memperkaya khasanah budaya nusantara.

B.     Menjadi bangsa yang besar sehingga ditakuti negara-negara di dunia.

C.     Mendukung kekuatan bangsa untuk menguasai bangsa lain.

D.    Mempercepat pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.

 

 

 

 

II.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini pada LJUM yang tersedia dangan jawaban yang benar!

 

41.    Sebutkan tiga contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke-2!

42.    Sebutkan tiga contoh nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan musyawarah!

43.    Semua pengguna jalan wajib melaksanakan kewajiban di jalan raya. Sebutkan tiga akibat yang terjadi jika tidak melaksanakan kewajiban tersebut!

44.    Sebutkan tiga manfaat yang diperoleh dengan mencintai produk dalam negeri!

45.    Mengapa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di masyarakat sangat penting?


 KUNCI JAWABAN PKn


1.      A

2.      A

3.      C

4.      D

5.      A

6.      B

7.      B

8.      D

9.      B

10.       D

11.       C

12.       A

13.       C

14.       D

15.       B

16.       A

17.       B

18.       B

19.       C

20.       D

21.       B

22.       A

23.       A

24.       C

25.       C

26.       D

27.       C

28.       C

29.       B

30.       A

31.       D

32.       B

33.       C

34.       D

35.       A

36.       B

37.       C

38.       A

39.       B

40.       D


 

41.       - Saling menghargai sesama teman

- Tenggang rasa sesama teman

- Tidak semena-mena terhadap orang lain

42.       - Tidak memaksakan kehendak pada orang lain

- Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah

- Musyawarah dilakukan dengan semangat kekeluargaan

43.       - Merugikan diri sendiri

- Merugikan orang lain dan sekitar

- Mendapatkan sanksi dari pihak yang berwajib

44.       - Meningkatkan pendapatan negara

- Meningkatkan kualitas produksi

- Memperkuat rasa bangga akan produk dalam negeri

45.       Karena dengan menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan maka kehidupan masyarakat akan tentram dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...