Minggu, 08 Mei 2022

LATIHAN UJIAN SKI KELAS 6 TAHUN 2022

 

LATIHAN UJIAN SKI KEAS VI TAHUN 2022

1.        Perhatikan tabel di bawah ini!

No

Sebab-sebab hijrah ke Habasyah

1

Habasyah dipimpin seorang raja yang adil

2

Siksaan kaum Quraisy yang semakin meningkat

3

Makkah merupakan Negara yang aman bagi kaum muslimin

4

Penderitaan kaum muslimin karena kekerasan kaum Quraisy

5

Habasyah negeri yang kaya raya

 Sebab-sebab sahabat hijrah ke Habasyah adalah ….

A.  1, 2, dan 4

B.  1, 3, dan 5

C.  2, 4, dan 5

D.  2 dan 4

Jawaban : A

2.        Perhatikan tabel di bawah ini!

No.

Ketabahan Nabi Muhammad saw.  dan para sahabat

1.

Ketabahan atas kekurangan makanan dan tempat tinggal

2.

Ketabahan atas siksaan orang Kafir Quraisy

3.

Ketabahan atas pemboikotan yang dilakukan Bani Hasyim

4.

Ketabahan atas fitnah dari keluarga Rasulullah saw.

5.

Ketabahan atas sahabat Bilal bin Rabbah dalam mempertahankan keimanan

Contoh ketabahan Nabi Muhammad saw.  dan para sahabat ditunjukkan pada nomor ….

A.       1, 2, dan 5

B.       1, 3, dan 5

C.       2, 3, dan 4

D.       2, 3, dan 5

Jawaban : C

3.        Sikap Nabi Muhammad Saw. terhadap kaum kafir quraisy yang menyiksa yaitu ….

A.       Dendam, menyerah, dan berdoa

B.       Tabah, sabar dan tawakkal

C.       Kecewa, pasrah dan menyerah

D.       Benci, dendam dan membalasnya

Jawaban : B

4.        Dalam bertutur kata Nabi Muhammad Saw. selalu mengedepankan kefasihan dan keindahan. Tidak berbicara spontan namun penuh dengan persiapan. Nabi Muhammad Saw. dikenal sebagai orang yang fasih bahasanya, bak ucapannya dan tutur penjelasannya. Kepribadian Nabi Muhammad Saw. yang perlu diteladani adalah....

A.       Santun ketika berhadapan dengan orang yang membencinya

B.       Santun dalam pengambilan keputusan

C.       Santun dalam perbuatan

D.       Santun dalam bicara

Jawaban : D

5.        Ahmad tidak mencontek ketika mengerjakan ujian, berarti Ahmad telah meneladani sifat Rasulullah yang disebut ….

A.  Sidiq

B.Amanah

C.Tabligh

D.  Fatonah

Jawaban : A

6.        Perhatikan tabel berikut!

No

Sebab-sebab Nabi Hijrah ke Thaif

1

Pembelaan Abu Lahab terhadap Rasulullah Saw.

2

Ada Harapan saudara di Thaif yang melindungi

3

Wafat istri dan paman Nabi Muhammad Saw.

4

Tekanan kaum Quraisy semakin meningkat

 

Dari tabel di atas, yang merupakan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Thaif ditunjukkan dengan nomor ....

A.  2, 3, dan 4

B.  1, 2, dan 3

C.  1, 2, dan 4

D.  1, 3, dan 4

Jawaban : A

7.        Pada tahun ke-10 kenabian, Nabi Muhammad Saw. ditemani Zaid bin Haritsah hijrah ke Thaif . Tanggapan penduduk Thaif terhadap maksud kedatangan Nabi Muhammad Saw. adalah....

A.  Menerima dengan senang hati, bahkan banyak yang masuk Islam

B.  Menolak mentahmentah, menjawab dengan kasar bahkan sampai melempari dengan batu

C.  Tetap dipersilahkan menyampaikan dakwah, walaupun tidak menerimanya

D.  Menolak dengan halus

Jawaban : B

8.        Melihat kesedihan Nabi Muhammad Saw. sepeninggal istri tercinta dan pamannya, Malaikat Jibril mengajak nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian naik ke Sidrotul Muntaha dalam waktu satu malam. Peristiwa itu disebut....

A.  Fathul Makkah

B.  Nuzulul Qur”an          

C.  Isra’ Mikraj

D.  Baiatul Aqobah

Jawaban : C

9.        Nabi Muhammad Saw. Ketika Isra Mikraj diperlihatkan orang memiliki perut yang sangat besar. Orang itu merasa kesusahan baik duduk, berdiri ataupun berjalan. Kejadian ini menggambarkan orang yang ketika hidup di dunia sering ....

A.  Melakukan zina

B.  Menghardik anak yatim

C.  Melawan orang tua

D.  Melakukan riba

Jawaban : D

10.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1). Agama Yahudi

(2). Agama Nasrani

(3). Kepercayaan terhadap benda-benda

(4). Agama Majusi

Dari pernyataan di atas yang merupakan kepercayaan masyarakat Yatsrib sebelum Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Yatsrib ditunjukkan dengan nomor ….

A.  1, 2, dan 3

B.1, 2, dan 4

C.1, 3, dan 4

D.  2, 3, dan 4

Jawaban : A

11.    Perhatikan tabel berikut!

No

Kondisi ekonomi masyarakat Yatsrib

1

Yatsrib berada di tempat tidak strategis jalur perdagangan

2

Yatsrib merupakan daerah yang subur

3

Perkebunan kurma merupakan mata pencaharian di Yatsrib

4

Di Yatsrib banyak terdapat pasar untuk berjual beli

Dari tabel di atas yang merupakan kondisi ekonomi masyarakat Yatsrib sebelum Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Yatsrib ditunjukkan nomor ....

A.  1, 2, dan 3

B.  1, 3, dan 4

C.  1, 2, dan 4

D.  2, 3, dan 4

Jawaban : D

12.    Cermati tabel berikut!

No

Sebab-sebab Hijrah Nabi Muhammad Saw. Ke Yatsrib

1

Perintah Allah Swt. Untuk berhijrah ke Yatsrib

2

Tekanan kaum Quraisy

3

Adanya jaminan keamanan dari penduduk Yatsrib

4

Yatsrib merupakan jalur stategis dalam perdagangan

 

Dari tabel di atas yang merupakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. Ke Yatsrib ditunjukkan dengan nomor ....

A.  2, 3, dan 4

B.  1, 3, dan 4

C.  1, 2, dan 4

D.  1, 2, dan 3

Jawaban : D

13.    Setelah hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad Saw. segera melakukan upaya pembinaan masyarakat Madinah, baik di bidang agama, sosial, ekonomi maupun pertahanan kota. Upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. Di bidang sosial untuk membina kerukunan masyarakat Madinah adalah....

A.  Mempersaudarakan kaum Yahudi dan kaum muslimin

B.  Mempersaudarakan kaum muhajirin dan anshor

C.  Mengusir kaum Yahudi karena mereka memiliki sifat sombong

D.  Membentuk lembaga yang bertugas melindungi masyarakat Madinah

Jawaban : B

14.    Pondasi ekonomi kaum muslimin di Madinah sangat kuat karena Rasulullah Saw. mengajarkan....

A.  Berdagang dengan jujur, rajin zakat dan infaq, bekerja keras, dan melakukan monopoli dagang

B.  Berdagang di pasar, rajin zakat dan infaq, bekerja keras, dan anti monopoli dagang

C.  Berdagang dengan jujur, rajin zakat dan infaq, bekerja keras, dan anti monopoli dagang

D.  Berdagang di pasar, rajin zakat dan infaq, bekerja keras, dan melakukan monopoli dagang

Jawaban : C

15.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1). Nabi Muhammad adalah pemimpin seluruh penduduk Madinah dan menyelesaikan masalah yang timbul antar kelompok

(2). Gencatan senjata selama 10 tahun

(3). Bila salah satu kelompok diserang musuh, maka kelompok lain wajib untuk membelanya

(4). Apabila seorang kafir Quraisy masuk agama Islam tanpa seizin walinya, maka segera dikembalikan kapada kafir Quraisy. Sebaliknya, bila seorang muslim kembali kepada kafir Quraisy tidak dapat dikembalikan kepada Rasulullah

Dari pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan isi dari piagam Madinah ditunjukkan pada nomor ....

A.  1 dan  2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 3

D.  2 dan 4

Jawaban : D

16.    Salah satu isi perjanjian antara kaum muslimin dengan kaum yahudi adalah ….

A.  Tidak membedakan status sosial

B.Bila terjadi perselisihan harus diserahkan kepada Allah swt. dan Rasulullah

C.Tidak boleh saling mengganggu

D.  Perlindungan penduduk Madinah hanya berlaku untuk penduduk yang tinggal di Madinah saja

Jawaban : B

17.    Fathul Makkah artinya kemenangan kota Makkah terjadi pada tahu 8 H. Penyebab terjadinya Fathul Makkah adalah....

A.  Kaum muslimin ingin membalas dendam atas kekalahan mereka pada Perang Uhud

B.  Adanya undangan dari para penguasa Makkah pada kaum muslimin untuk mlaksanakan haji di Makkah

C.  Pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah oleh kaum kafir Quraisy

D.  Orang-orang Makkah banyak yang pindah ke kota-kota lain di sekitar Makkah

Jawaban : C

18.    Salah satu cara Rasulullah dalam menjaga perdamaian adalah dengan ….

A.  Menghancurkan ka’bah

B.Membenci kaum Kafir Quraisy

C.Memaafkan kesalahan kaum Kafir Quraisy

D.  Membalas dendam kepada orang Kafir Quraisy

Jawaban : C

19.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1). Siapa yang masuk masjid maka dia aman

(2). Siapa yang masuk rumah Abu Sofyan maka dia aman

(3). Kaum Anshor siap menghunus pedang menghadapi kaum Quraisy

(4). Siapa yang masuk rumah dan menutup pintunya maka dia aman

(5). Siapa yang masuk rumah Abu Jahal maka dia aman

Pesan Rasulullah Saw. untuk menghindari pertumpahan darah pada peristiwa Fathul Makkah ditunjukkan oleh nomor....

A.  1, 2, dan 3

B.  1, 2, dan 5

C.  1, 2, dan 4

D.  2, 3, dan 5

Jawaban : C

20.    Sebelum Rasulullah Saw. wafat, beliau berpesan agar umat Islam berpegang teguh kepada al-Qur’an dan hadis. Bagi siswa-siswi madrasah, cara berpegang teguh kepada al-Qur’an dan hadis adalah ....

A.  Rajin mengaji, belajar, dan tidak segan-segan bertanya kepada guru, kyai tentang isi kandungan al-Qur’an dan hadis

B.  Rajin belajar tajwid agar lancar membaca al-Qur’an

C.  Membeli banyak buku tafsir al-Qur’an dan buku hadis agar nantinya bisa belajar sendiri

D.  Membaca terjemah al-Qur’an dan hadis serta langsung mengamalkan isi kandungannya secara mandiri.

Jawaban : A

21.    Perhatikan tabel berikut!

No

Jasa-jasa kholifah Abu Bakar As siddiq

1

Menertibkan kaum murtad dan orang yang tidak mau membayar zakat

2

Menentukan kalender hijriyah

3

Membukukan Al Qur’an

4

Mendirikan baitul mal

 

Jasa-jasa khalifah Abu Bakar Ash siddiq ditunjukan pada nomor ....

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 4

D.  3 dan 4

Jawaban : B

22.    Berikut yang bukan sifat-sifat Abu Bakar As-Siddiq yang patut dijadikan tauladan adalah....

A.  Sahabat Rasulullah Saw. yang sangat setia

B.  Mencintai diri sendiri melebihi apapun

C.  Mencintai Rasulullah melebihi dirinya sendiri

D.  Mengorbankan harta dan jiwanya untuk agama Allah

Jawaban : B

23.    Khalifah Umar bin Khattab merupakan khalifah yang terkenal sangat tegas memegang janji, disiplin, sangat sederhana, dan mempunyai keberanian yang luar biasa dalam membela kebenaran dan menumpas kebatilan. Karena itu, beliau dijuluki al- Faruq yang artinya ....

A.  Memiliki dua cahaya

B.  Membenarkan

C.  Gerbang ilmu

D.  Pembeda kebenaran dan kebatilan

Jawaban : D

24.    Sahabat Ustman bin Affan adalah salah satu sahabat Rasulullah Saw. Yang kaya raya. Ia masuk Islam pada saat berusia 34 tahun, atas ajakan Sahabat Abu Bakar as Shiddiq. Setelah masuk Islam Beliau banyak mendermakan harta kekayaannya untuk menopang perjuangan dakwah Rasulullah Saw. Berikut adalah contoh sikap yang meneladani kedermawanan sahabat Ustman bin Affan, kecuali ....

A.  Mewakafkan harta untuk madrasah

B.  Memberikan beasiswa kepada siswa madrasah

C.  Bersedekah saat sudah kaya raya

D.  Memberikan sedekah kepada fakir miskin dan yatim piatu

Jawaban : C

25.    Khalifah Ali bin abi Thalib terkenal sangat tegas, bijaksana, dan peduli kepada rakyat. Karenanya saat diangkat khalifah, sahabat Ali mengambil kebijakan yang menguntungkan masyarakat luas. Kebijakan tersebut adalah ....

A.  Menghapus jabatan gubernur dan mengembalikan harta dari sekelompok orang ke Baitul mal

B.  Mengganti gubernur dan mengelola Baitulmal secara langsung

C.  Mengganti gubernur dan mengembalikan harta dari sekelompok orang ke Baitulmal

D.  Mengganti gubernur dan meningkatkan perolehan zakat

Jawaban : C

26.    Sunan Maulana Malik Ibrahim berasal dari Kashan, Persia. Ia dikenal dengan nama kakek Bantal. Silsilah keturunannya tersambung dengan Nabi Muhammad Saw. melalui Fatimah Az-Azahra r.a dan Ali bin Abi Thalib dari jalur Husain bin Ali r.a. Sunan Maulana Malik Ibrahim memulai dakwahnya di masyarakat dengan ... .

A. Membeli tanah penduduk

B. Menikah dengan penduduk setempat

C. Berdagang kebutuhan pokok dengan harga murah

D. Memberikan sumbangan ke warga

Jawaban : C

27.    Dalam melakukan dakwah di daerah Gresik dan sekitarnya, Maulana Malik Ibrahim mempunyai peran penting dalam mengembangkan agama islam.Berikut yang bukan peran penting dari dakwah Maulana Malik Ibrahim adalah ….

A.  Menyebarkan agama Islam melalui perdagangan

B.  Menyebarkan agama melalui pertunjukan wayang

C.  Berdakwah dikalangan keluarga kerajaan

D.  Mendirikan masjid dan pondok pesantren

Jawaban : B

28.    Sunan Ampel, dikenal dengan Raden Rahmat adalah putra dari Syekh Ibrahim As-Samarqandi, seorang ulama asal Samarkand, Asia Tengah. Silsilah keturunan Raden Rahmat atau Sunan Ampel bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui jalur ... .

A.  Husein bin Fatimah binti Rasulullah

B.  Hasan bin Fatimah binti Rasulullah

C.  Abbas bin Abdul Mutalib

D.  Usman bin Affan

Jawaban : A

29.    Berbagai permainan diciptakan oleh Sunan Giri sebagai upaya dakwah di kalangan anak-anak. Permainan tersebut antara lain … .

A.  Jelungan dan Jamuran

B.  Main gansing dan pletokan

C.  Main gundu dan tuk tuk ubi

D.  Main lompat tali

Jawaban : A

30.    Kesenian adalah salah satu cara mengembangkan Islam di lingkungan masyarakat pada waktu itu. Melalui dakwah dalam pertunjukan ini, Sunan Giri dan wali songo lainnya  mengambil alih seni pertunjukan dan mengembangkannya kesenian wayang yang merupakan pertunjukan yang digemari masyarakat era Majapahit, karena itu Wali Songo melakukan perubahan-perubahan seperti di bawah ini, kecuali ….

A.  Menyelaraskan isi cerita dengan ajaran tauhid

B.  Pangelaran dengan cara-cara baik dan sopan

C.  Cerita wayang diisi pesan ahlak mulia

D.   Melarang upacara ritual sebelum pertunjukan

Jawaban : D

31.    Dalam usaha menyebarkan dan mengembangkan dakwah Islam di Indonesia, SunanBonang patut menjadi teladan dalam sikap positif yang ditunjukkan. Berikut ini adalah sikap keteladanan yang bisa di contoh dari Sunan Bonang adalah ….

A.  Mengembangkan dakwah dengan memaksa

B.Seniman kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media dakwah

C.Penyebar agama Islam yang mudah menyerah

D.  Selalu menggunakan tembang Jawa dalam berdakwah

Jawaban : B

32.    Sunan Drajat adalah putra bungsu Sunan Ampel dan Nyi Ageng Manila. Nama asli Sunan Drajat adalah ...

A.  Raden Ali Rahmatullah

B.  Raden Mahdum Ibrahim

C.  Raden Paku

D.  Raden Qasim

Jawaban : B

33.    Dalam menyampaikan dakwah, masyarakat mengenal pepali pitu (tujuh dasar ajaran). Dari isi pesannya menggambarkan teladannya dalam sikap hidup, kecuali ….

A.  Peduli terhadap masyarakat

B.   Merakyat dan membaur dengan masyarakat.

C.   Hanya bergaul dengan kalangan istana

D.  Pandai berkomunikasi dengan segala kalangan.

Jawaban : C

34.    Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

1. Membangun masjid menara kudus

2. Berdakwah dengan kesenian wayang kulit

3. Menciptakan tembang lir-ilir

4. Menciptakan permainan Jalungan dan Jamuran

 

Peranan penting yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga yang tepat adalah … .

A.  1 dan 2

B.   2 dan 3

C.   3 dan 4

D.  1 dan 4

Jawaban : D

35.    Tembang “Ilir-ilir dan gundul-gundul pacul hasil karya ….

A.    Sunan Kalijaga

B.     Sunan Drajat

C.     Sunan muria

D.    Sunan Giri

Jawaban : A

36.    Beliau bernama asli Raden Umar Said. Beliau berdakwah dengan cara yang lembut. Karya ciptaannya adalah tembang sinom dan kinanti. Sasaran dakwahnya, para pedagangng, nelayan, pelaut dan rakyat jelata. Walisongo yang dimaksud adalah ….

A.    Sunan Ampel

B.     Sunan Kudus

C.     Sunan Giri

D.    Sunan Muria

Jawaban : D

37.    Upacara yang dilakukan Sunan Kudus dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kegiatan ini  dilaksanakan dengan memukul bedug saat memasuki hari pertama bulan Ramadhan. Tradisi tersebut dikenal dengan ....

A. Baritan

B. Sekaten

C. Grebeg Maulud

D. Bedug dandangan

Jawaban : D

38.    Cara Sunan Kudus mendekati masyarakat Kudus adalah dengan memanfaatkan simbol-simbol Hindu dan Budha. Peninggalan beliau yang terkenal di Kudus yakni ….

A.    Masjid kudus

B.     Gapura kudus

C.     Balai pertemuan

D.    Rumah sunan Kudus

Jawaban : A

39.    Selain sebagai ulama yang menguasai ilmu syariat dan tasawuf, Sunan Gunung Jati juga sebagai waliyyul amri atau penguasa. Peran penting Sunan Gunung Jati dalam penyebaran Islam di Indonesia  adalah ....

A.  Menyebarkan Islam di Cirebon, Banten, dan Pasundan

B.  Mengirim da’i ke berbagai daerah

C.  Melakukan kerja sama dengan penguasa lain

D.  Mengatur perjalanan haji

Jawaban : B

40.    Bangunan bersejarah yang terdapat dalam kesepuhan Cirebon, membuktikan sikap Sunan Gunung Jati dalam perkembangan budaya bersifat ….

A.  Tidak menerima budaya luar

B.  Melakukan akulturasi budaya lokal dan luar

C.  Menyalahkan budaya lain

D.  Mempertahankan budaya lokal

Jawaban : C

 

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini pada LJUM yang tersedia dangan jawaban yang benar!

41.    Rasulullah Saw. banyak memberi contoh kepada umatnya agar cinta dan melestarikan alam sekitar. Mengapa Nabi Muhammad Saw. disebut rahmatan lil alamin? Jelaskan! 

Jawaban : ARTINYA AJARAN YANG DIBAWA NABI MUHAMMAD ADALAH AJARAN YANG MENGANDUNG NILAI RAHMAT DAN KASIH SAYANG ALLOH KEPADA SELURUH MAKHLUKNYA

42.    Rasulullah Saw. Membina masyarakat Madinah dengan nilai-nilai positif seperti saling menghargai, peduli sesama, dan persaudaraan. Sebutkan contoh sikap peduli sesama yang kamu lakukan!

Jawaban : CONTOH:

1.         Membantu orang yang kesusahan

2.         Menjenguk teman yang sedang sakit

3.         Memberi sumbangan untuk teman yang dirawat di rumah sakit

4.         Mengumpulkan dana santunan yatim

5.         Mengadakan donasi sumbangan bencana alam

43.    Sebutkan siapa saja yang termasuk Khulafaur rasyidin!

Jawaban : 1. ABU BAKAR AS SIDDIQ

      2. UMAR BIN KHATTAB

      3. USTMAN BIN AFFAN

             4. ALI BIN ABI THALIB 

44.    Mengapa dakwah Wali sanga dapat diterima baik oleh penduduk pribumi!

Jawaban : WALI SANGA TIDAK MENYEBARKAN AGAMA DENGAN PAKSA, TIDAK MENGHAPUS BUDAYA, TIDAK BERPERANG, TIDAK MENGKAFIRKAN ORANG, DAN MASUK MELALUI BUDAYA YANG DILAKONI SEHARI-HARI

45.    Perhatikan tabel berikut!

Nama Wali

Nama Asli

1. Sunan Giri

a. Raden Sahid

2. Sunan Gunung Jati

b. Syarif Hidayatullah

3. Sunan Ampel

c. Maulana malik Ibrahim

4. Sunan Gresik

d. Raden Rahmat

5. Sunan Kalijaga

e. Raden Paku

Dari tabel di atas jodohkan nama wali dengan nama aslinya!

Jawaban : 45.

NAMA WALI

NAMA ASLI

1. SUNAN GIRI

E. RADEN PAKU

2. SUNAN GUNUNG JATI

B. SYARIF HIDAYATULLAH

3. SUNAN AMPEL

D. RADEN RAHMAT

4. SUNAN GRESIK

C. MAULANA MALIK IBRAHIM

5. SUNAN KALIJAGA

A. RADEN SAHID

            

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...