Rabu, 28 Juli 2021

MATERI MATEMATIKA SEMESTER GANJIL

 Rangkuman pelajaran Matematika kelas 6 SD dibawah ditulis berdasarkan buku paket pedoman belajar pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman pelajaran Matematika kelas 6 SD selengkapnya.Rangkuman Pelajaran Matematika Kelas 6 SD


Rangkuman Pelajaran Matematika Kelas 6 SD

Bab 1 Bilangan Bulat

Operasi hitung bilangan bulat

Operasi hitung campuran

Aturan pengerjaannya adalah perkalian atau pembagian dikerjakan terlebih dahulu, kemudian mengerjakan penjumlahan atau pengurangan. Misalnya:

(-50) + (-5) × 25 – (-75) : 25 = (-50) + (-125) – (-3)

= (-175) – (-3)

= (-172)

Menentukan FPB dan KPK dengan faktorisasi prima

Misalnya: FPB dan KPK dari 360, 180, dan 450 = . . . .

Faktorisasi prima dari 360 = 23 × 32 × 5

Faktorisasi prima dari 180 = 22 × 33 × 5

Faktorisasi prima dari 450 = 2 × 32 x 52

FPB dari 360, 180, dan 450 = 22 × 32 × 5 = 180

KPK dari 360, 180, dan 450 = 23 × 33 × 52 = 5.400

Bilangan pangkat tiga dan akar pangkat tiga

Bilangan pangkat tiga

Bilangan pangkat tiga adalah bilangan hasil pemangkatan tiga, misalnya 8, 27, dan 64.

Penarikan akar pangkat tiga

Misalnya: sqrt[3]{64} = . . . .Penarikan akar pangkat tiga

Operasi hitung bilangan pangkat tiga

Misalnya:

1) 103 +253 =1000 + 15625 =16625

2) 453 – 53 =91125 – 125 = 91000

3) 203 x 83 = 8000 x 512 = 4096000

1603 =4096000

4) 803 : 203 = 512000 : 8000 = 64

43 = 64

Operasi hitung bilangan akar pangkat tiga

Misalnya:

1) sqrt[3]{27} + sqrt[3]{125} = 3+5 =8

2) sqrt[3]{343} - sqrt[3]{216} = 7-6 =1

3) sqrt[3]{1000} times sqrt[3]{729} = 10times9 =90

4) sqrt[3]{4096} : sqrt[3]{8} = 16:2=8

Bab 2 Debit

Debit adalah volume zat cair yang mengalir tiap satu satuan waktu.

Debit dapat ditentukan dengan persamaan berikut.

Debit = frac{volume}{waktu}


Bab 3 Luas dan Volume

Luas bangun datarLuas bangun datar

Volume bangun ruangVolume bangun ruang

Bab 4 Data

Membaca data dan diagram

Data adalah keterangan yang benar dan nyata yang dapat dijadikan dasar suatu kesimpulan.

Membaca diagram

Misalnya:

Dari diagram berikut, dapat diketahui bahwa mata pelajaran yang banyak disukai siswa kelas VI adalah pelajaran Matematika dan Olahraga.Membaca data dan diagram

Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel Misalnya, data nilai ulangan Matematika kelas VI adalah sebagai berikut.

8 9 9 5 1 6 7

5 9 7 8 10 5 5 8

Data di atas diurutkan dari terkecil menjadi:

5 5 5 5 6

7 7 8 8 8

9 9 9 10 10

Data yang telah diurutkan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi berikut.Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

Menafsirkan data

Pemilik sebuah taman bermain akan menutup taman bermainnya sekali seminggu. Berikut ini merupakan data jumlah pengunjung sebuah taman bermain.Menafsirkan data

Berdasarkan data di atas, pemilik taman bermain memutuskan menutup taman bermainnya pada hari Senin. Karena jumlah pengunjung pada hari Senin paling sedikit.

Bab 5 Pecahan

Menyederhanakan pecahan

Bentuk paling sederhana dari suatu pecahan adalah pecahan yang senilai dengan pecahan tersebut tetapi sudah tidak dapat lagi dibagi oleh bilangan bulat kecuali 1.

Misalnya, bentuk paling sederhana dari adalah

Mengurutkan pecahan

Misalnya:

frac{1}{2},frac{1}{5},frac{1}{4},frac{1}{10}

Diurutkan dari yang paling kecil:frac{1}{10},frac{1}{5},frac{1}{4},frac{1}{2}

0,2; 0,13; 0,215; 0,07

Diurutkan dari yang paling kecil: 0,07; 0,13; 0,2; 0,215.

Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal

Misalnya:

frac{3}{4}=0,75

3frac{4}{5}=3,8

50 % = 0,5

Nilai pecahan suatu bilangan

Misalnya:

frac{3}{4} dari 20 = frac{3}{4} x 20 = 15

35% dari 170 = 59,5

Operasi hitung pecahan

Cara mengerjakan operasi hitung campuran pada pecahan sama dengan cara mengerjakan operasi hitung campuran pada bilangan cacah dan bilangan bulat. Perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, kemudian penjumlahan atau pengurangan. Misalnya:

frac{1}{5}times frac{9}{4}:0,5+1,25-frac{1}{4}=frac{9}{20}:0,5+1,25-frac{1}{4}

=frac{18}{20}+1,25-frac{1}{4}

=frac{18}{20}+frac{25}{20}-frac{5}{20}

=frac{38}{20}

=frac{19}{16}

Perbandingan

Perbandingan selalu ditulis dalam bentuk pecahan paling sederhana.

Skala

Skala=frac{Ukuran Gambar}{Ukuran Sebenarnya}


Bab 6 Bidang Koordinat

Membuat denah

Gambar-gambar yang dicantumkan pada denah tempat adalah tempat-tempat yang penting saja.

Hal-hal yang perlu dicantumkan pada denah antara lain:

a. arah mata angin dan

b. keterangan gambar

Menentukan letak tempat pada denah atau peta

Misalnya, letak kota Surakarta pada peta Jawa Tengah adalah 110o BT – 111o BT, 7o LS – 8o LS.

Letak titik pada koordinat kartesius

Koordinat kartesius digunakan untuk menentukan letak titik pada bidang datar. Letak titik pada bidang datar ditentukan berdasarkan sumbu X dan Y dan ditulis (x, y).

Bab 7 Penyajian dan Pengolahan Data

Menyajikan data

Suatu data dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk. Misalnya, data tentang warna kesukaan siswa kelas VI dapat disajikan dalam bentukbentuk berikut.

Tabel frekuensi

Tabel frekuensi

Tabel Warna Kesukaan Murid Kelas VI

Diagram gambarDiagram gambar

Diagram batangDiagram batang

Diagram lingkaranDiagram lingkaran

Pengolahan data

Misalnya, nilai ulangan Larasati adalah sebagai berikut.

8 9 7 1 0 9 9 1 0 8 9 1 0

Nilai tertinggi = 10

Nilai terendah = 5

Modus = 9, karena nilai 9 yang paling sering muncul.

Rata-rata hitung = frac{8+9+7+10+9+9+10+8+9+10}{10}=frac{89}{10}=8,9

Menafsirkan pengolahan data

Misalnya, terdapat dua kelompok belajar. Untuk mengetahui kelompok mana yang lebih pintar, kita gunakan hasil pengolahan data. Berikut ini merupakan data nilai kedua kelompok.Menafsirkan pengolahan data

Berdasarkan tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa kelompok A memiliki nilai yang lebih beragam. Sedangkan kelompok B memiliki nilai yang hampir sama. Meskipun demikian, nilai rata-rata kedua kelompok adalah sama, yaitu 7. Dengan demikian, dapat kita katakan bahwa kedua kelompok sama-sama pintar.

Kami harap dengan dibuatnya rangkuman pelajaran Matematika kelas 6 SD seperti diatas dapat mempermudah proses belajar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...