PREDIKSI
SOAL
UJIAN
MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
LEMBAR SOAL |
|
Mata Pelajaran
Jenjang
Hari/Tanggal
Waktu
|
: PPKn :
Madrasah Ibtidaiyah :
.............................................. :
90 Menit |
PETUNJUK UMUM |
1.
Berdo’alah
kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal 2.
Isikan
Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Madrasah (LJUM) dengan
menggunakan Bolpoint sesuai di LJUM. 3.
Isikan jawaban soal ke dalam LJUM sesuai
petunjuk LJUM 4.
Tersedia
waktu 90 menit untuk mengerjakan soal. 5.
Jumlah
soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan
jawaban. 6.
Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya. 7.
Laporkan
kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak,
atau tidak lengkap. 8.
Periksalah
pekerjaan Ananda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. |
PETUNJUK KHUSUS
I.
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar pada lembar jawab yang
tersedia!
1.
Perhatikangambar di bawah!
A. cahaya
kerohanian bagi setiap manusia
B. hubungan
manusia satu sama lain yang saling membantu
C. menyelesaika
masalah dengan musyawarah
D.
pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat
Indonesia
2.
Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan hak anak di sekolah
adalah....
A. anak-anak
mengerjakan soal ulangan di sekolah pada waktu ujian
B. anak-anak
membersihkan lingkungan sekolah pada kegiatan Jumat Bersih
C. anak-anak
mendapatkan pembelajaran sesuai dengan jadwal pelajaran
D.
anak-anak mentaati semua tata tertib sekolah
3.
Salah satu sikap yang tidak mau menghargai keragaman Bangsa
Indonsia di bawah ini adalah ....
A.
Harun
selalu mengajak Made yang beragama Hindu untuk bermain Gobak Sodor
B.
Topik
tidak mau bermain badminton jika berpasangan dengan Boas Salosa yang berkulit
hitam
C.
Esti
suka membuatkan hiasan bintang untuk pohon natal tetangganya
D.
Koko merasa sedih mendengar temannya yang dari Manado sakit di
rumah sakit
A.
hak untuk memilih wakil rakyat
B.
hak untuk menjadi mendapatkan kehidupan yang layak
|
D.
hak untuk mendapatkan pekerjaan
5.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
2.
Menjaga suasana agar tetap damai, tenteram, dan aman
3.
Mentatati tata tertib sekolah
4.
Saling menghormati dan menghargai tetangga rumah kita
5.
Saling membantu dan bergotong royong
Pernyataan yang tepat tentang kewajiban yang berada di lingkungan
masyarakat adalah ....
A. 1, 2, 3, 4
B. 2, 3, 4, 5
C. 1, 3, 4, 5
D. 1, 2, 4, 5
6.
Di Kampung Kurusetra memiliki ribuan warga. Para warganya sebagian
berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, di Kampung
Kurusetra ini penduduknya berasal dari Sabang sampai Merauke. Akibatnya,
budaya, kebiasaan, karakteristik, dan agama mereka sangat beragam. Namun,
keberagaman tersebut tidak menghalangi mereka untuk selalu bekerja sama dalam
memajukan Kampung Kurusetra.
Kegiatan di bawah ini merupakan bentuk kerja sama dalam keberagaman
Kampung Kurusetra, kecuali ....
A.
saling membantu membersihkan tempat ibadah
B.
bergantian menggunakan tempat ibadah
C.
bergotong royong membersihkan lingkungan kampung
D.
saling membantu warga yang kekurangan atau kesulitan
7.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Asep adalah anak yang baru pindah dari Bandung. Di tempat baru ini
Asep memiliki teman baru Nyoman dari Bali, Mashudi dari Solo, Cut Keke dari
Aceh, dan Martinus dari Ambon. Keempat teman Asep tersebut memiliki sifat,
kebiasan, makanan, warna kulit, dan agama yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut
tidak akan mempengaruhi pertemanan mereka jika ....
A.
saling menghargai perbedaan yang ada, dan menganggap perbedaan
sebagai kekayaan bangsa
B.
Asep lebih berteman dekat dengan Cut Keke karena Cut Keke adalah
teman yang paling kaya
C.
Asep lebih berteman dekat dengan Mashudi karena sama-sama dari
Pulau Jawa
D.
saling membanggakan diri dengan budaya dari masing-masing daerah
asal
8. Sebagai makhluk sosial, manusia bekerja
sama dengan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Salah satu manfaat bekerja
sama adalah ....
A. kerjasama
tidak dapat memupuk rasa sosial dan menciptakan ketidakpedulian terhadap sesama
B. kerjasama
dapat menimbulkan sifat egois atau mementingkan diri sendiri
C. kerjasama
dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan dan cepat
D.
kerjasama dapat menumbuhkan rasa persaingan
dan permusuhan
9.
Perilaku yang tepat yang mencerminkan nilai Pancasila sila keempat
di lingkungan madrasah adalah ....
A.
menjaga kebersihan madrasah
B.
mengerjakan piket bersama
C.
melakukan musyawarah dalam memilih ketua kelas
10. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Koko adalah siswa kelas VI disebuah madrasah di Desa Semangka.
Kemarin, Desa Semangka tempat Koko tinggal dilanda banjir bandang. Banyak warga
yang kehilangan harta benda mereka, termasuk Koko. Semua buku, pakaian, dan
persediaan makan Koko habis dibawa banjir. Eko yang merupakan teman dekat Koko
berusaha membantu Koko dengan sekuat tenaga. Ia memberitahu
kawan-kawanya di kelas VI untuk mengumpulkan sumbangan bagi Koko yang menjadi
korban banjir.
Sikap
Eko merupakan pencerminan nilai Pancasila, khususnya sila ke- ....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
11.
Berdasarkan
gambar di samping, sikap yang tepat sebagai warga masyarakat adalah....
A.
melihat-lihat sambil mendokumentasikan
B.
pura-pura tidak tahu
C.
berpartisipasi dalam kegiatan
D.
sembunyi di dalam rumah
12.
Warga Desa Kampung Tombro sedang mengadakan kerja bakti
dengan menanam tanaman peneduh pinggir jalan. Mereka melakukannya dengan penuh
kegemberiaan dan rasa tanggung jawab.
Hak yang akan diperoleh oleh warga Desa Kampung Tombro adalah
....
A.
lingkungan menjadi aman
B.
warga dapat menghirup udara segar dan lingkungan yang bersih
C.
lingkungan menjadi tidak layak ditempati
D.
kenyamanan lingkungan akan terganggu
13.
Lilik sangat suka piknik di daerah pegunungan. Udara di pegunungan memang
dingin, sejuk, dan bersih. Lingkungan pegunungan yang bersih dari sampah,
menambah asrinya pemandangan. Hal itu membuat badan menjadi segar, fikiran
menjadi fress, segala kepenatan akan hilang, dan semangat akan kembali
berkobar setelah pulang dari piknik. Agar lingkungan seperti ilustrasi di atas
tetap terjaga, maka kewajiban yang harus
kita lakukan adalah ...
A.
memahami peraturan yang berlaku di masyarakat
B.
menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan tersebut
C.
memanfaatkan lingkungan sebagai sarana olah raga
D.
mengolah sampah menjadi benda-benda kerajinan yang bermanfaat
14.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Membuang sampah pada tempatnya
2.
Menaati peraturan yang berlaku
3.
Mendapatkan penghargaan atas prestasi yng diraih
4.
Menjaga kebersihan lingkungan
5.
Menikmati lingkungan yang bersih dan sehat
6.
Mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekitar
Berdasarkan
pernyataan di atas, sikap yang mencerminkan penggunaan hak dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A.
1, 2, dan 3
B.
2, 4, dan 5
C.
1, 3, dan 4
D.
3, 5, dan 6
A.
dapat memainkan berbagai irama musik
B.
dapat bermain dengan berbagai gaya
C.
dapat melatih kerjasama dan kekompakan
D.
dapat berlari dengan kencang
16.
Nyoman dari Bali, Doel dari Betawi, Mateus dari Maluku, Lalu
dari Lombok menjadi Duta Budaya mewakili Negara Indonesia di perhelatan Pameran
Budaya Internasional di kota Delf Negara Belanda. Keempatnya tidak menampilkan
tarian tradisional daerah mereka masing-masing. Tetapi, keempatnya menampilkan
Tari Kipas dari Gowa Sulawesi Selatan. Tampilan mereka mendapatkan aplaus
yang luar biasa dari para peserta dan penonton.
Berdasarkan
pernyataan di atas, manfaatyang dapat diambil dari keragaman budaya Indonesia adalah
....
A.
menjadi identitas bangsa dan negara Indonesia di mata dunia
B.
melunturkan nilai budaya daerah
C.
merengangkan persatuan dan kesatuan bangsa
D.
menumbuhkan sikap egoisme tiap-tiap daerah
17.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah lain
2.
Hanya menghargai dan menghormati kebudayaan sendiri
3.
Ikut serta dalam berbagai event kebudayaan
4.
Tidak mengajarkan budaya saerah kepada orang lain
5.
Mendukung upaya pelestarian tari daerah
Berdasar pernyataan di atas, manakah yang merupakan upaya pelestarian
budaya Indonesia?
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 3, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D.
3, 4, dan 5
18.
Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari berbagai
macam suku bangsa, agama, kebudayaan, adat istiadat, dan posisi geografis.
Semua bersatu padu menjaga persatuan dan kesatuan dalam semboyan Bhineka
Tunggal Ika.
Siapakah
yang wajib menjaga persatuan dan kesatuang Bangsa Indonesia?
A.
Presiden Joko Widodo
B.
DPR dan MPR
C.
seluruh warga negara Indonesia
D.
seluruh Gubernur dan Bupati se-Indonesia
19.
Manakah gambar di bawah ini yang merupakan pencerminan
perilaku menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
B.
C.
20.
Perhatikan tabel di bawah ini!
No |
Contoh
Perbuatan |
1 |
Revo dan Mio berangkat ke sekolah
bersama - sama |
2 |
Citra menyalinkan catatannya untuk
temannya yang sedang sakit |
3 |
Nuri dan teman – temannya mengumpulkan
bantuan untuk korban banjir |
4 |
Ketut mempersilahkan temannya untuk
beribadah sebelum belajar bersama |
5 |
Elsa membersihkan rumah bersama ibu
ayah dan kakaknya |
Tindakan
tolong menolong mengandung nilai persatuan ditunjukkan oleh nomor ….
A.
1,2,dan
3
B.
1,2,dan
4
C.
2,3,dan
5
D.
3,4,dan
5
21.
Perhatikan table di bawah ini!
No |
Lambang |
Option |
Penerapan nilai – nilai Pancasila |
1 |
Sila
1 |
A |
Tidak
membeda - bedakan teman yang berbeda ras, suku, golongan |
2 |
Sila
2 |
B |
Menjaga
toleransi dan saling menghormati antar umat beragama |
3 |
Sila
3 |
C |
Mengembangkan
sikap adil terhadap sesama. |
4 |
Sila
4 |
D |
Membantu
teman yang sedang terkena musibah |
5 |
Sila
5 |
E |
Melakukan
musyawarah jika terjadi perbedaan pendapat |
Pasangan yang
tepat penerapan nilai – nilai Pancasila sesuai dengan sila Pancasila adalah ….
A. (1 – A),
(2 – D), (3 – B), (4 – E), dan (5 –A)
B. (1 – B),
(2 – E), (3 – A), (4 – D), dan (5 –A)
C. (1 – B),
(2 – D), (3 – A), (4 – E), dan (5 –A)
D. (1 – E),
(2 – D), (3 – A), (4 – B), dan (5 –A)
22. Semua
tokoh pendahulu merupakan orang –orang yang berinisiatif dan menjunjung
kebersamaan.
Dengan isiatif dan kebersamaan tokoh pendiri bangsa, negara Indonesia merdeka
dengan dasar negara Pancasila. Hal ini yang sesuai
pengamalan nilai – nilai Pancasila adalah ….
A.
mewujudkan kehidupan yang harmonis
B.
memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
C.
mengutamakan pendapat pribadi
D. menciptakan kesenjangan sosial
23. Semboyan di bawah ini, manakah yang sesuai dengan sila ke-3
dari Pancasila?
A.
Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah
B.
Rawe-rawe rantas, malang-malang putung
C.
Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing
D. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
24. Siapakah yang disebut sebagai Bapak Proklamator kita?
A.
Soeharto – Susilo Bambang Yudhoyono
B.
Soekarno – Hatta
C.
Megawati Sukarno Putri – Jokowi
D. Joko Widodo – Habibie
25. Perhatiakan tabel di bawah!
No |
Pernyataan |
1 |
Menambah rasa kekeluargaan dan keakraban |
2 |
Hubungan antara guru dan siswa/siswi menjadi kurang nyaman |
3 |
Menjalin persahabatan dan rasa tolong menolong |
4 |
Memperlemah jati diri kedaerahan |
5 |
Menjaga rasa kemanusiaan dan sikap toleransi |
Dari pernyataan
di dalam tabel di atas, yang merupakan manfaat persatuan dan kesatuan adalah
....
A.
1, 3, dan 5
B.
1, 2, dan 3
C.
2, 4, dan 5
D. 3, 4, dan 5
26. Berikut contoh kewajiban sebagai warga sekolah, kecuali
....
A.
selalu terlambat datang ke sekolah
B.
mengikuti seluruh kegiatan sekolah
C.
mengikuti upacara bendera
D. memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah
27. Tugas seoarang pelajar adalah belajar, mengerjakan tugas yang
diberikan guru, manjaga ketertiban sekolah, dll. Bagaimanakah sikap seorang
pelajar apabila mendapatkan tugas dari gurunya?
A.
Dikerjakan bersama orang tua atau teman-teman
B.
Dikerjakan nanti-nanti saja
C.
Dikerjakan sesegera mungkin dengan sungguh-sungguh
D. Dikerjakan dengan sesantai mungkin
28. Sikap yang sebaiknya dilakukan kepada tetangga kita yang
lebih miskin adalah ....
A.
Dibiarkan saja karena tetangga kita malas bekerja
B.
Tidak perlu ditemui bila tetangga kita bertamu
C.
Tidak perlu bergaul dengan mereka
D.
Membantu dengan penuh keikhlasan
29. Perhatikan tabel di bawah ini!
No |
Jenis Pekerjaan |
1 |
Petani Garam |
2 |
Petani sayur |
3 |
Pekebun |
4 |
Peternak Bandeng |
5 |
Nelayan |
Jenis pekerjaan
yang cocok untuk daerah pantai adalah ....
A.
petani garam, petani sayur, dan pekebun
B.
petani garam, peternak bandeg, dan nelayan
C.
petani sayur, pekebun, dan peternak bandeng
D. petani sayur, peternak sayur, dan nelayan
Tanggung jawab yang tepat sebagai warga masyarakat
berdasarkan gambar di samping adalah .…
A.
menonton
B.
mengabaikan
C.
melestarikan
D. tidak perlu memikirkan
31. Contoh sikap yang baik kepada teman yang sedang berwirausaha
adalah ....
A.
berusaha menghalangi karena masih anak-anak
B.
mengajak orang lain agar tidak mendukung usaha tersebut
C.
mendukung usaha tersebut dengan membantu sebisanya
D. pura-pura tidak tahu saja
32. Salah satu sikap siswa yang tidak bertanggung jawab di sekolah
adalah ....
A.
menggambar di meja belajar dengan tip ex
B.
mengepel lantai yang tersiram air minum kawannya
C.
meminjamkan pensil kepada kawan yang tidak punya
D. membagi tugas piket kelas
33. “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan” adalah bunyi
UUD 1945 pasal ....
A.
31 ayat 1
B.
31 ayat 2
C.
31 ayat 3
D. 31 ayat 4
A.
Sila ke-1
B.
Sila ke-2
C.
Sila ke-3
D. Sila ke-4
35. Sikap yang merupakan salah satu kewajiban warga di masyarakat
adalah ....
A.
Memanfaatkan lingkungan sebagai tempat bermain dan berekreasi
B.
Menghirup udara yang segar dan bersih bebas dari polusi
C.
Mengolah bahan limbah menjadi komoditas yang bermanfaat
D. Mematuhi peraturan yang berlaku di masyarakat
36. Apabila kita meihat lingkungan di sekitar kita yang tidak
sehat, kotor, penuh sampah, bau yang tidak sedap dan sangat menyangat, banyak
lalat, air limbah menggenang, maka sikap
kita sebagai warga masyarakat sebaiknya ....
A.
Menghindari dengan tidak lewat jalan yang tidak sehat
B.
Mengajak warga secara bergotong royong untuk membersihkan lingkungan yang
tidak sehat tersebut
C.
Mendokumentasikan dan menguploadnya di media sosial
D. Membiarkanya saja, biar oarng lain yang membersihkan
37. Berdasarkan hasil musyawarah, Pak Mahfud dengan penuh rasa
tanggung jawab mengikuti kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak. Tak
ketinggalan pula, warga yang lain juga ikut bersama-sama mengerjakannya
hingga selesai. Dampak dari kegiatan tersebut adalah ....
A.
perbaikan jalan cepat selesai
B.
terbengkalainya pekerjaan
C.
terjadi kesenjangan antar warga
D. tumbuhnya sifat
individualisme
38. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Membuang sampah pada tempatnya
2.
Tidak merokok di fasilitas umum
3.
Mumbuang bungkus makanan di selokan
4.
Menanam pohon buah-buahan di sekitar rumah
5.
Membendung air selokan supaya tidak dapat mengalir
Pernyataan di atas, yang merupakan sikap menjaga lingkungan adalah ....
A.
1, 2, dan 4
B.
1, 2, dan 3
C.
1, 2, dan 5
D. 3, 4, dan 5
39. Di Desa Bhineka penduduknya terdiri dari banyak suku dan
agama. Imam dari Solo beragama Islam. Yosef dari Manado beragama Kristen. Kadek
dari Bali beragama Hindu. Min Min yang keturunan Mongolia beragama Budha. Di
bawah ini manakah yang merupakan siakp yang baik dalam menjaga persatuan dan
kesatuan bangsa?
A.
Min Min tidak mau bergaul dengan Imam, Yosef, dan Kadek dengan alasan bermata
sipit
B.
Yosef tidak mau berteman dengan Min Min
karena Min Min beragama Budha
C.
Kadek tidak mau mengajak bermain Yosef karena berbeda suku
D.
Imam selalu mengajak Yosef, Kadek, dan Min Min ketika bermain
40. Dampak dari sikap yang tidak menjaga persatuan dan kesatuan
bangsa adalah ....
A.
Persatuan menjadi kuat
B.
Hidup akan lebih mudah
C.
Kemakmuran akan cepat tercapai
D. Tidak ada perdamaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar