PAT BAHASA
INDONESIA KELAS 6 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
1. Siswa kelas VI MI Al Qashash sedang melakukan pentas drama. Fatih
sebagai tokoh antagonis.
Makna antagonis tersebut
adalah....
a.
tokoh yang
menimbulkan konflik
b.
tokoh utama
dalam suatu cerita
c.
tokoh penengah
d.
peran
pembantu
2. Air sungai menjadi keruh akibat banjir.
Sinonim kata keruh dalam
kalimat tersebut adalah....
a.
jernih
b.
bersih
c.
kotor
d.
suci
3. Gagasan utama
adalah….
a.
kalimat pertama dalam paragraf
b.
kata kunci pada judul
c.
kalimat penjelas pada paragraf
d.
topik yang dibahas
4. Jeruk merupakan buah yang mempunyai
beberapa manfaat. Buah tersebut mempunyai kandungan zat besi untuk mencegah
kekurangan nutrisi. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk menurunkan kolestrol. Selain itu,
jeruk dapat dimanfaatkan untuk pewarna alami.
Kalimat utama paragraf
tersebut adalah....
a.
Jeruk
merupakan buah yang mempunyai beberapa manfaat.
b.
Buah tersebut
mempunyai kandungan zat besi untuk mencegah kekurangan nutrisi.
c.
Kandungan
vitamin C
pada jeruk bermanfaat untuk menurunkan kolestrol.
d.
Selain itu,
jeruk dapat dimanfaatkan untuk pewarna alami.
5. Berikut cara
menemukan gagasan utama adalah….
a.
langsung dipilih kalimat pertama
b.
temukan terlebih dahulu kalimat penjelas
c.
membaca di paragraf pertama
d.
temukan terlebih dahulu pokok utama
6. Perpustakaan MI Nurul Iman dipenuhi siswa. Para siswa berkunjung ke
perpustakaan saat jam istirahat. Beberapa siswa meminjam buku. Sebagian siswa
memilih buku di rak. Beberapa siswa mengembalikan buku. Petugas perpustakaan
mencatat siswa yang meminjam maupun
mengembalikan buku.
Pernyataan yang sesuai
dengan isi paragraf tersebut adalah....
a.
Semua siswa
MI Nurul Iman berkunjung ke perpustakaan.
b.
Saat jam
istirahat, para siswa berkunjung ke perpustakaan.
c.
Sebagian besar
siswa mengembalikan buku di perpustakaan.
d.
Petugas
mencatat siswa yang meminjam buku saja.
7. Ruang kelas VI sangat bersih. Sampah tidak ada yang beserakan. Meja dan
kursi tidak ada yang berdebu. Sarang laba-laba tidak ditemukan di dinding kelas.
Paragraf tersebut termasuk
jenis paragraf ....
a.
narasi
b.
persuasi
c.
deskripsi
d.
argumentasi
8. Perhatikan teks
berikut!
Teks 1
Kesehatan sangat penting
bagi manusia. Sebagian warga menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga. Olahraga
dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Berolahraga, membuat tubuh
menjadi sehat.
Teks 2
Sayur dan buah sangat
bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, siswa dianjurkan
mengonsumsi sayur dan buah. Siswa mengomsumsi sayur dan buah di rumah atau di
sekolah.
Persamaan kedua teks
tersebut adalah....
a.
melakukan
olahraga
b.
tempat
kegiatan
c.
menjaga
kesehatan tubuh
d.
macam-macam
kegiatan
9. Sesuatu yang ingin
disampaikan dari sebuah bacaan adalah….
a.
perintah
b.
informasi
c.
larangan
d.
berita
Bacaan berikut untuk menjawab
soal nomor 10 dan 11!
Gora menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman-temannya.
Setelah matahari terbenam, Gora baru pulang bermain. Badannya kotor penuh
lumpur. Ia langsung menuju ke kamarnya, kemudian tidur. Sesaat kemudian, Gora
merasakan gatal-gatal diseluruh tubuhnya. Gora bermaksud mengambil minyak
gosok. Gora justru mengambil minyak goreng, karena tergesa-gesa. Ia mengoleskan
minyak tersebut ke seluruh tubuhnya. Akibatnya, ia merasakan kulitnya sangat
lengket.
10. Latar waktu cerita tersebut adalah…hari.
a.
pagi
b.
siang
c.
sore
d.
malam
11. Watak tokoh gora pada cerita tersebut adalah....
a.
pintar
b.
pemarah
c.
dengki
d.
ceroboh
12. Ketika teman
Ahsan bertengkar, Ahsan mampu meredakan kemarahan mereka.
Ahsan bagaikan air bagi teman-temannya.
Makna kiasan kata air dalam
cerita tersebut adalah....
a.
penyejuk
b.
pemanas
c.
pemarah
d.
biang kerok
13. Kepala tulisan dalam
bacaan disebut....
a.
synopsis
b.
amanat
c.
judul
d.
glosarium
14. Berikut yang
bukan termasuk manfaat membaca adalah....
a.
menambah wawasan
b.
meningkatkan konsentrasi
c.
menambah pusing
d.
menambah kosa kata
15. Amanat adalah....
a.
pesan yang disampaikan dari penulis kepada pembaca
b.
kritik terhadap cerita
c.
saran terhadap cerita
d.
tempat terjadinya peristiwa
16. Pak Budi membasmi hama yang tumbuh di sekitar tanamannya dengan....
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah...
a.
fungisida
b.
pestisida
c.
herbisida
d.
insektisida
17. Fahri selalu memperhatikan pelajaran dengan baik. Jika ada hal yang
belum jelas, dia bertanya. Tak heran, jika dia menjadi juara kelas pada semester
ini. Fahri memang seperti...
Peribahasan yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a.
air tenang
menghanyutkan
b.
air beriak
tanda tak dalam
c.
air dengan
minyak
d.
air di daun
talas
18. (1) Basahi rambut terlebih dahulu.
(2) ....
(3) Usap pada rambut
kepala hingga berbusa
(4) Bilas dengan air
bersih
Kalimat yang tepat untuk
mengisi nomor dua adalah....
a.
Sobek kemasan
sampo.
b.
Tuang sampo
ke telapak tangan secukupnya.
c.
Pijat-pijat
ranbut yang sudah diberi sampo.
d.
Tuang sampo
ke dalamnya.
19. Saat membaca teks
yang pertama kali dibaca adalah….
a.
penutup
b.
isi bacaan
c.
judul
d.
daftar pustaka
20. Untuk memperoleh
informasi dalam bacaan kita harus menemukan….
a.
tanda baca
b.
paragraf
c.
kata kunci
d.
judul
21. Dalam membuat teks pidato, sebaiknya menggunakan bahasa....
a.
tidak baku
dan efektif
b.
tidak baku
dan tidak efektif
c.
baku dan
tidak efektif
d.
baku dan
efektif
22. Perawatan dan gizi yang baik dapat ... anak secara optimal
Kata bentukan yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a.
menumbuh
kembangkan
b.
menumbuhkembangkan
c.
bertubuh
kembang
d.
bertumbuhkembang
23. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cerita ini isinya bagus
2) Cerita ini mudah
dipahami
Gabungan kedua kalimat
tersebut yang tepat adalah....
a.
Cerita ini
isinya bagus, sehingga mudah dipahami.
b.
Cerita ini
isinya bagus, dan mudah dipahami.
c.
Cerita ini
isinya bagus, namun mudah dipahami.
d.
Cerita ini
isinya bagus, atau mudah dipahami.
Bacalah informasi berikut untuk menjawab soal nomor 24
dan 25!
Gaya grafitasi matahari
menarik bumi ke pusatnya sedangkan buni tetap mempertahankan posisinya dengan
gravitasinya sehingga terjadilah rotasi dan revolusi yang diakibatkan oleh gaya
sentrifugal bumi untuk menciptakan keseimbangan.
24. Terjadinya rotasi dan revolusi karena gaya....
a.
magnet
b.
gravitasi
c.
sentripetal
d.
listrik
25. Dari teks diatas dapat diambil pengertian gravitasi bumi adalah....
a.
tarikan atau
dorongan yang dihasilkan benda
b.
gaya benda
bergerak melingkar
c.
daya tarik
menarik yang berasal dari bumi
d.
perputaran
26. Pemerintah harus berhasil mengelola sampah dengan baik. Sinonim dari
berhasil adalah....
a.
sukses
b.
gagal
c.
payah
d.
tidak mampu
27. Teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal
yang benar-benar terjadi disebut teks....
a.
fiksi
b.
nonfiksi
c.
dongeng
d.
hikayat
28. Pokok pembicaraan dalam suatu teks nonfiksi terkandung pada....
a.
ide pokok
b.
kalimat
penjelas
c.
kalimat kedua
d.
kalimat utama
29. Anita membeli pempek palembang dan pisang ambon.
Penggunaan huruf capital yang tepat adalah….
a.
Anita membeli pempek Palembang dan pisang Ambon
b.
Anita membeli pempek palembang dan pisang ambon
c.
Anita membeli Pempek Palembang dan Pisang Ambon
d.
Anita membeli pempek Palembang dan pisang ambon
30. Pada hari minggu
yang lalu, kami sekeluarga melancong ke kota Bandung. Kami mengendarai kereta
api dari Yogyakarta. Setelah sampai di stasiun tujuan, Ayah membawa adik
yang tertidur. Ibu menenteng tanganku dengan erat.
Perbaikan
kata mengendarai, membawa, menenteng pada paragraf tersebut adalah.…
a.
menumpang, menggendong, menggandeng
b.
menaiki, mengangkat, menggenggam
c.
menumpang, memanggul, menggandeng
d.
menaiki, menggendong, menggenggam
31. Masyarakat desa biasa melakukan kegiatan gotong royong pada musim panen padi. Mereka
bekerja dengan giat dan cepat meskipun tidak diberi upah. Biaya yang
dikeluarkan oleh pemilik lahan pun dapat dihemat. Pemilik lahan hanya perlu
menyediakan makanan dan minuman.
Ide pokok paragraf
tersebut adalah....
a.
suasana musim
panen padi
b.
gotong royong
musim panen
c.
kegiatan
membantu masyarakat
d.
penyediaan
makanan dan minuman
32. Surat merupakan bentuk komunikasi tertulis. Salah satu jenisnya
adalah surat pribadi. Surat pribadi
merupakan bentuk komunikasi yang tidak resmi. Siswa dapat menggunakan surat
pribadi untuk berkomunikasi. Saat ini, siswa jarang berkomunikasi dengan surat.
Hal yang terjadi jika
sebagian besar siswa tetap berkomunikasi melalui surat sesuai paragraf tersebut
adalah....
a.
budaya
menulis surat semakin berkembang.
b.
semua siswa
pandai menyusun surat pribadi.
c.
komunikasi
melalui sosial tidak diminati.
d.
meningkatnya kemampuan
komunikasi secara langsung.
33. Bacalah teks wawancara berikut!
Pewawancara : “Kira-kira sudah berapa lama menjadi
dokter gigi?”
Narasumber : “Saya sudah menekuni pekerjaan ini
dari tahun 1993.”
Pewawancara : “Mengapa dokter memilih membuka
praktek di perkampungan ini?”
Narasumber : “Saya merasa prihatin, banyak
warga yang ingin memeriksa giginya tapi harus jauh-jauh ke kota dengan ongkos
yang tidak sedikit.”
Pewawancara : “Apa risiko yang pernah dialami dalam menangani
pasien?”
Narasumber :”Setiap pekerjaan pasti ada
risikonya. Saya pernah menangani pasien yang pada saat itu mengalami kelelahan,
namun ia tetap mencabut gigi. Saat saya ingin suntik tiba-tiba pingsan.”
Topik
dari teks wawancara diatas adalah….
a.
risiko
menjadi dokter gigi
b.
menangani
pasien sakit gigi
c.
menekuni
pekerjaan dokter gigi
d.
pengalaman seorang
dokter gigi
34. Koperasi Amanah menyediakan berbagai alat tulis. Alat-alat tulis itu
antara lain: buku, pensil, penggaris, penghapus, dan rautan. Penghapus berharga
Rp1.000,00. Harga pensil dua kali harga penghapus. Buku berharga Rp3000,00
Harga penggaris Rp.1500,00. Rautan berharga Rp2.500,00.
Berdasarkan teks tersebut harga pensil adalah….
a.
Rp3.000,00
b.
Rp1.000,00
c.
Rp2000,00
d.
Rp3.000,00
35. Perhatikan urutan penggunaan blender berikut!
(1) Tekan tombol satu
hingga empat untuk mengatur kecepatan blender.
(2) Siapkan bahan yang
akan dihaluskan.
(3) Tancapkan steker pada
stop kontak
(4) Bahan yang disiapkan
potong kecil-kecil untuk mempercepat proses penghalusan.
(5) Matikan tombol dengan
menekan off ketika selesai menggunakan.
Urutan penggunaan blender
yang tepat adalah ....
a.
(1) - (3) -
(2) - (5) – (4)
b.
(2) - (4) -
(3) - (1) – (5)
c.
(3) - (2) -
(4) - (5) – (1)
d.
(4) - (5) -
(3) - (1) – (2)
KUNCI
JAWABAN
1.
A
2.
C
3.
D
4.
A
5.
D
6.
B
7.
C
8.
C
9.
B
10. D
11. D
12. A
13. C
14. C
15. A
16. D
17. A
18. B
19. C
20. C
21. D
22. B
23. B
24. B
25. C
26. A
27. B
28. D
29. B
30. A
31. B
32. A
33. D
34. B
35. B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar