Minggu, 14 Desember 2025

Contoh Deskripsi Berdasarkan Tema


 

Banyak guru masih bingung saat harus menulis deskripsi nilai kokurikuler di Rapor Digital Madrasah (RDM). Bagian ini terlihat sederhana, tapi perlu ketelitian karena deskripsi akan muncul langsung di rapor siswa. Agar lebih mudah, berikut panduan ringkas yang bisa Anda ikuti.

Sertifikasi Guru RDM

Apa yang Harus Ada dalam Deskripsi Kokurikuler?

Berdasarkan Panduan Kokurikuler RA–MA Kemenag, deskripsi yang ditulis harus:

  • Menjelaskan pencapaian Dimensi Profil Lulusan (DPL) dan Panca Cinta.
  • Menggambarkan hasil belajar dengan bahasa positif.
  • Ditulis ringkas, jelas, dan sesuai proses kegiatan.

Dalam satu semester, guru wajib memilih minimal 1 DPL dan 1 Panca Cinta, lalu menuliskan deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran dan aspek yang dinilai.


Contoh Deskripsi Berdasarkan Tema

Berikut contoh yang bisa menjadi inspirasi. Silakan sesuaikan dengan kegiatan kokurikuler di madrasah Anda.

E-Learning Madrasah


1. Tema: Peduli Lingkungan

DPL/PC: Penalaran Kritis, Komunikasi, Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya

Contoh deskripsi:

  • Penalaran Kritis: menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan dampaknya pada keseimbangan lingkungan.
  • Komunikasi: menyusun gagasan solusi dari masalah lingkungan yang ditemukan.
  • Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya: menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk syukur dan tanggung jawab sebagai makhluk Allah.

2. Tema: Hidup Sehat dengan Rutin Berolahraga

DPL/PC: Penalaran Kritis, Kesehatan, Cinta Diri dan Sesama

Aplikasi Rapor Madrasah

Contoh deskripsi:

  • Penalaran Kritis: memahami manfaat olahraga rutin bagi tubuh.
  • Kesehatan: membiasakan diri berolahraga setiap hari.
  • Cinta diri dan sesama: menunjukkan kebiasaan menjaga kesehatan sebagai bentuk perhatian pada diri sendiri.

3. Tema: Lingkungan Bersih, Hidup Lebih Sehat

DPL/PC: Penalaran Kritis, Kolaborasi, Cinta Lingkungan

Contoh deskripsi:

  • Penalaran Kritis: mengidentifikasi masalah kebersihan di sekitar sekolah.
  • Kolaborasi: bekerja sama merancang kampanye ajakan hidup bersih.
  • Cinta Lingkungan: melakukan aksi nyata menjaga kebersihan di area sekolah.

4. Tema: Mengatur Waktu agar Lebih Tanggung Jawab

DPL/PC: Komunikasi, Kemandirian, Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya

Modul Pembelajaran Interaktif

Contoh deskripsi:

  • Komunikasi: menceritakan jadwal harian dan cara mengatur waktu.
  • Kemandirian: mengatur jadwal tidur dan bangun pagi secara konsisten.
  • Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya: membiasakan bangun pagi dan menjalankan salat Subuh setiap hari.

5. Tema: Aku di Masa Depan

DPL/PC: Kolaborasi, Komunikasi, Cinta Diri dan Sesama

Contoh deskripsi:

  • Kolaborasi: bekerja dalam kelompok untuk mengolah data berbagai profesi.
  • Komunikasi: menyampaikan informasi tentang keberagaman profesi di sekitar.
  • Cinta diri dan sesama: membuat peta potensi diri untuk mengenali bakat pribadi.

Kesimpulan

Deskripsi nilai kokurikuler di RDM tidak perlu panjang. Yang penting:

Sertifikasi Guru RDM

  1. Tulis sesuai DPL dan Panca Cinta yang dipilih.
  2. Hubungkan dengan tujuan pembelajaran.
  3. Gunakan kalimat sederhana dan positif.

Dengan pola yang sama, guru bisa menyesuaikan deskripsi untuk berbagai kegiatan kokurikuler di madrasah.

Daftar Referensi

  1. Direktorat KSKK Madrasah, Kementerian Agama RI.
    Panduan Kokurikuler RA, MI, MTs, MA, dan MAK. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2025.
  2. Kementerian Agama RI.
    KMA Nomor 1503 Tahun 2025 tentang Kurikulum RA dan Madrasah.
  3. Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM).
    Dokumentasi dan Petunjuk Teknis Pengisian Nilai Kokurikuler, 2025.
  4. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
    Inspirasi Pelaksanaan Kokurikuler sampai Pelaporan (Lampiran Panduan Kokurikuler) halaman 64–67, 2025.
  5. Ayo Madrasah.
    Artikel “Contoh Penulisan Deskripsi Nilai Kokurikuler di RDM”, dipublikasikan pada 8 Desember 2025.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

Contoh Deskripsi Berdasarkan Tema

  Banyak guru masih bingung saat harus menulis deskripsi nilai kokurikuler di Rapor Digital Madrasah (RDM). Bagian ini terlihat sederhana, t...