Latihan Soal Materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah-Implementasi Kurikulum Madrasah (IKM)
Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Madrasah
Istilah pembelajaran paradigma baru pada Kurikulum Merdeka bukan berarti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Oleh sebab itu pada Kurikulum Merdeka, pendidik memiliki keleluasaan untuk merumuskan tujuan pembelajaran serta rancangan pembelajaran dan assesmen yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, sehingga proses pembelajaran akan menjadi proses pembelajaran yang terbuka dan dinamis. Dengan begitu diharapkan peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan terhadap proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik, baik kepada diri sendiri, peserta didik lainnya serta kepada pendidik.
Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang bergerak, berawal dari pemetaan kompetensi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta pelaksanaan assesmen yang hasilnya dimanfaatkan untuk memperbaiki pembelajaran agar dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.
1 dari 10 soal
Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada semua pihak. Kemerdekaan tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai berikut...
A. Kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase
B. Adanya asesmen awal yang berfungsi melihat kemampuan peserta didik
C. Kebebasan guru dalam menentukan capaian pembelajaran
D. Sistem implementasi yang mewajibkan antar guru saling berkolaborasi
2 dari 10 soal
Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah...
A. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan
B. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik
C. Mengikuti perkembangan tantangan zaman
D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat
3 dari 10 soal
Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis, maka pendidikan di madrasah perlu mengembangkan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...
A. Aktivitas dunia dan akhirat adalah terpisah tidak bisa saling diintegrasikan
B. Semua aktivitas pembelajaran di madrasah tidak ada kaitannya dengan ibadah
C. Peserta didik dibekali ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam
D. Aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi bernilai ibadah
4 dari 10 soal
Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah..
A. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum
B. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif
C. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peseta didik
D. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi
Latihan Soal Materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah-Implementasi Kurikulum Madrasah (IKM)
Soal Latihan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi-Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)
Soal Latihan Materi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka-Diklat IKM PINTAR
Soal Latihan Materi Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)-IKM PINTAR
Latihan Soal Materi Teknik Coaching dan Mentoring-IKM PINTAR
CONTOH LAPORAN PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH PINTAR
5 dari 10 soal
Praktik pembelajaran berdiferensiasi disiapkan dalam Kurikulum Merdeka disarankan untuk menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin diperbaiki adalah...
A. Proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik supaya terjadi adanya keadilan/objektivitas untuk mereka
B. Memperlakukan peserta didik dalam pembelajaran tanpa memperhatikan tingkat kemampuan, minat, dan kecenderungan peserta didik
C. Praktik pembelajaran dengan perlakuan yang adil dengan guru memberikan tugas yang sama kepada semua peserta didik
D. Praktik kurikulum yang menyamaratakan semua kemampuan peserta didik dalam capaian pembelajaran
6 dari 10 soal
Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar sangat diwajibkan sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...
A. Peserta didik memilih konsentrasi pada mata pelajaran IPS karena pada saatnya akan dapat mengantarkan sukses
B. Hanya pembelajaran yang terkait mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang mengandung nilai ibadah
C. Peserta didik yang memilih peminatan IPA tidak terkait ibadah, jika tidak mau mempelajari ilmu agama
D. Peserta didik yang memilih peminatan IPA bernilai ibadah karena sedang menyiapkan diri menjalanan fardlu kifayah untuk memerankan profesi tertentu
7 dari 10 soal
Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pendidikan peserta didik. Agar memiliki berdimensi ukhrawi dan bernilai ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh niat yang baik dan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah...
A. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban agama yang berkonsekuensi surga dan neraka saja
B. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban untuk menjalankan perintah agama sekaligus kewajiban karena adat/peraturan
C. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban karena dasar adat/peraturan yang tidak ada konsekuensi surga-neraka
D. Menjalankan tugas dan fungsi guru merupakan kewajiban sebagai hamba yang beragama dan tidak terkait dengan dunia
8 dari 10 soal
Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu...
A. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran
B. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdifferensiasi
C. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar
D. Memperhatikan karakteristik peserta didik
9 dari 10 soal
Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah...
A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah
B. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target
C. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah
D. Semua aktivitas prkatik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT
10 dari 10 soal
Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan guru dengan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional. Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti pernyataan berikut...
A. Ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik ada rasa saling kasih sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla Allah SWT.
B. Layanan yang diberikan oleh guru sangat tergantung dan dapat diukur dengan seberapa imbalan yang diterima
C. Hanya dengan ikatan hubungan mahabbah fillah ini antara guru dengan peserta didik saling memengaruhi/menolong sesuai dengan tugas dan fungsi
D. Guru mengajar sangat ditentukan oleh kondisi peserta didik. Jika mereka bersikap baik maka guru akan mudah memberikan pembelajaran
Nilai 100 = https://www.hanapibani.com/2024/02/kunci-4-5-perubahan-paradigma-pendidikan-madrasah-ikm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar