Senin, 28 Agustus 2023

IPS BAB 1 SATU SISTEM ADMINISTRASI INDONESIA

Rangkuman IPS Kelas 6 Kurikulum 2013

Rangkuman pelajaran IPS kelas 6 juga sesuai dengan kurikulum tahun 2013 yang berlaku. Sehingga menggunakan sumber rujukan yang resmi dan terpercaya. Berikut ini rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 yang akan bermanfaat bagi para siswa dan guru IPS di sekolah.


1.Perihal Sistem Administrasi Indonesia

Negara Indonesia menjadi sebuah negara merdeka yang memilih bentuk negara kesatuan. Dalam arti, penyerangan terhadap satu wilayah di Indonesia berarti menyerang negara Indonesia secara keseluruhan. Berdirinya negara Indonesia melalui sejarah sangat panjang.


Ini dimulai dari ditemukannya sebuah pulau di daerah Jawa oleh George Earl. Pada mulanya pulau Jawa ini disebut pulau India yang kemudian disebut Indonesia yang memiliki penghuninya dengan budaya dan peradabannya tersendiri.


Dari sini menjadi jelas bahwa semua buku referensi mencantumkan materi rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 yang membahas profil Indonesia dalam soal sejarah dan asal muasalnya. Pelajaran IPS selanjutnya berusaha memperkenalkan profil Indonesia kepada setiap siswa. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengenalkannya pada kondisi dan letak Indonesia yang berlokasi diantara dua benua yakni benua Australia dan Asia.


2.Lokasi dan Kondisi Indonesia

Untuk rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 selanjutnya adalah tentang lokasi dan kondisi Indonesia. Kondisi iklim Indonesia bersifat tropis yang berada dalam garis khatulistiwa sehingga dianugerahi tanah yang subur. Indonesia berada di daerah yang sangat strategis yakni berada diantara Samudera Pasifik dan samudera Hindia.


Indonesia mempunyai beberapa danau dan pegunungan. Untuk pegunungan tertigggi berada di Puncak Jaya Papua. Pada rangkuman pelajaran IPS kelas 6 ini juga dijelaskan Danau Toba yang berada di Sumatera sebagai danau terluas di Indonesia. Adapun sungai yang sangat besar di Indonesia kebanyakan berada di daerah Kalimantan yakni sungai Barito, Mahakam dan sungai Kapuas.



rangkuman ips kelas 6 kurikulum 2013


Gejala alam yang ditemui di Indonesia adalah letusan gunung berapi dan gempa tektonik yang bisa berpeluang tsunami. Karena Indonesia berada di lempengan bumi dan mempunyai beberapa gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini.


Selain itu, Indonesia mudah sekali terjadi gempa bumi dan longsor. Sehingga setiap penduduk Indonesia mesti waspada terhadap gejala alam yang bisa terjadi di Indonesia ini. Seperti gempa bumi, tsunami, longsor, dan gunung meletus.


Selain mempunyai tanah yang subur dengan hasil pertanian, perkebunan dan hutan yang melimpah, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang sangat kaya dengan barang tambang seperti emas, gas, batubara, bauksit, perak,tembaga, besi, nikel, dan barang tambang lainnya.


Indonesia juga dikenal sebagai negara kaya akan sumber daya hayati kedua setelah Brazil. Hutan-hutan di Indonesia masih alami dan termasuk paru-paru dunia.Pada materi kedua dilanjutkan dengan macam-macam hasil pertanian di Indonesia. Yang dibahas juga mengenai masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia.


Baca juga Sejarah Revolusi Indonesia dan Latar Belakangnya


Masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia adalah angka pengangguran dan kemiskinan yang sangat tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Tapi sampai sekarang belum berhasil dengan baik.


Demikianlah materi rangkuman pelajaran IPS kelas 6 yang akan berguna bagi guru dan siswa dalam mempelajari IPS dengan lebih mudah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI

PENGHITUNGAN JAM KURIKULUM MERDEKA

  https://nihayatulamal.sch.id/berita-struktur-kurikulum-merdeka-tingkat-madrasah-ibtidaiyah-mi.html Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madr...